Mendorong Partisipasi Perempuan Dalam Proses Mengembangkan Demokrasi

Sebarkan:Tweet about this on TwitterShare on Facebook0Share on Google+0Share on Tumblr0Email this to someone

KONSOLIDASI CSO/NGO LOKAL UNTUK MENDORONG PARTISIPASI PEREMPUAN DALAM PROSES MENGEMBANGKAN DEMOKRASI DI KABUPATEN KUBU RAYA

Dari sisi perkembangan projek, networking meeting adalah salah satu tahapan di projek ini unutk memperkuat konsolidasi CSO/LSM di area projek Kubu Raya, Kalimntan Barat Indonesia. Dalam kegiatan ini tujuan yang ingin dicapai yakni pemahaman aktivis CSO/LSM tentang peran dan partisipasi perempuan dalam Musrenbang dan upaya konsolidasi CSO dalam mendorong praktek demokrasi di Kubu Raya, Kalimantan.

Kegiatan yang dilakukan pada 23-24 Agustus 2013 di kantor Swandiri Institute Pontianak, diikuti oleh beberapa organisasi masyarakat sipil seperti: Lembaga Gemawan, PPSW Borneo, SAMPAN, JARI BORNEO Barat, Pemberdayaan Perempuan Kepala Keluarga (PEKKA), Serikat PEKKA, SPBK, Jurnalis PerempuanKhatulistiwa (JPK), Mahasiswa Kabupaten Kubu Raya, Anggota DPRD Kabupaten Kubu Raya dan Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Kabupaten Kubu Raya.

Di kegiatan networking meeting ini beberapa hasil dicapai berupa: kesadaran CSO, khususnya aktivis perempuan, untuk lebih terlibat aktif dalam kegiatan musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) di setiap level birokrasi, dari tingkat desa ke tingkat kabupaten. Ada pula kesadaran  dari CSO untuk melibatkan peran media massa dalam semua kegiatan pembangunan demokrasi di Kubu Raya. Pada kegiatan ini juga, ada media local yakni Tribun Kalbar yang memuat kegiatan ini di kolom Citizen jornalisme yang ditulis oleh salah satu peserta networking meeting.

Dari hasil-hasil itu, ada beberapa agenda ke depan/ tindak lanjut yang disepakati seperti:

  1. Pembentukan aliansi aktivis perempuan Kubu Raya untuk demokrasi
  2. Seluruh kegiatan aliansi ini di koordinasi oleh Lembaga Gemawan  dengan memilih Syahdani Pratama (coordinator regional UNDEF) sebagai coordinator aliansi
  3. Seluruh proses-proses konsolidasi masyarakat sipil dapat dilakukan melalaui aliansi ini
  4. Ada pertemuan berkala untuk mendiskusikan problem-problem demokrasi di Kubu Raya. (WEA)

Print Friendly, PDF & Email
(Visited 166 times, 1 visits today)
Sebarkan:Tweet about this on TwitterShare on Facebook0Share on Google+0Share on Tumblr0Email this to someone

1 Trackback / Pingback

  1. Dari Dapur Media SATUNAMA : SATUNAMA

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*