Keuangan

Sepenuhnya diposisikan untuk pengelolaan keuangan lembaga secara keseluruhan yang menjadi salah satu elemen penting dalam mendukung pencapaian organisasi. Kelancaran seluruh kegiatan dan keberlanjutan organisasi sungguh menjadi dasar pijakan penting departemen ini untuk melakukan pengelolaan sumber daya keuangan lembaga secara maksimal. Untuk mengelola sumber-sumber daya  keuangan  organisasi, departemen keuangan bersama dengan departemen yang lain bersama-sama menyusun rencana anggaran untuk semua program dengan efektif efisien dengan berpegang pada prinsip keuangan yang transparan dan akuntabel.

Setiap anggaran program dipastikan mendapat audit keuangan oleh auditor independen, baik audit keuangan program donor maupun audit keuangan organisasi sebagai pertanggungjawaban kepada publik. Selain itu, departemen keuangan juga bertanggung jawab untuk menyusun dan mendistribusikan laporan keuangan program secara periodik kepada stakeholder utama.

Dalam mencapai realisai anggaran yang efektif efisien, departemen keuangan melakukan sosialisasi dan edukasi secara terus menerus tentang sistem dan mekanisme yang berlaku di departemen keuangan. Walaupun belum maksimal, namun upaya-upaya akan terus dilakukan oleh bagian keuangan agar bisa memberikan pelayanan terbaik untuk semua penerima manfaat.

Departemen keuangan juga membuka kesempatan bagi organisasi lain atau individu yang ingin mengembangkan diri di bidang keuangan organisasi nirlaba melalui magang, on the job training, pelatihan.

Departemen ini adalah bagian yang mengelola keuangan. Mengelola dalam arti : melakukan tugas-tugas administrasi keuangan untuk menjamin mutu kualitas akuntabilitas dan transparansi. Melakukan kontrol –audit agar segala sesuatu yang dilakukan memenuhi  nilai kejujuran, anti korupsi, sesuai prosedur yang berlaku dan tak mencederai rasa keadilan.  Memberikan analisa secara berkala kepada lembaga, memberikan laporan posisi keuangan secara berkala baik kepada internal lembaga maupun kepada publik karena SATUNAMA adalah lembaga publik yang juga menghormati asas keterbukaan informasi publik. Hal lain yang tak kalah pentingnya adalah selalu mencoba membagun sistem keuangan yang handal, bisa digunakan, dan layak dibagikan sebagai usaha untuk memperkuat organisasi masyarakat sipil lain agar menjadi semakin kokoh dalam sistem pengelolaan internal dan semakin transparan dan akuntabel manakala harus mempertanggungjawabkan kepada publik atau pemberi mandat.

Personil Departemen Keuangan
Laurentia Widiati
Wijaryani
Cecilia Lucky Arini
Fitriyati

Translate »