Pengembangan Sektor Pengetahuan & Media

Sebarkan:Tweet about this on TwitterShare on Facebook0Share on Google+0Share on Tumblr0Email this to someone

Unit Pengembangan Sektor Pengetahuan dan Media (KSDM) 

Unit ini lahir sebagai upaya untuk memperkuat organisasi dari sisi internal dan lebih ofensif di luar. Kerja-kerja unit ini bisa di lihat dalam dua ranah. Dua ranah tersebut adalah kerja ke dalam dan kerja ke luar. Kerja ke dalam, dimaksudkan untuk membangun, mendokumentasikan dan mensistematisasikan kerja-kerja kelembagaan, sebagaimana yang dilakukan di Pengelolaan dan Pengembangan Pengetahuan, juga mempubliksikan wacana dan kerja SATUNAMA melalui laman lembaga. Sementara kerja ke luar dilakukan oleh media.

Berdasar namanya unit ini memiliki dua lokus kerja:

Pertama, Pengelolaan dan pengembangan pengetahuan. Bagian ini bertugas mengelola pengetahuan lembaga, data lembaga berguna dalam proses pengambilan kebijakan terkait arah strategis ke depan. Mengelola hasil-hasil kerja departemen juga didorong untuk menumbuhkan metode-metode pendekatan baru dalam upaya penguatan masyarakat dan mendorong lahirnya kebijakan nasional dari pengalaman kelembagaan SATUNAMA. Pengelolaan dan pengembangan tersebut juga mesti didorong untuk melahirkan wacara dan rumusan teori baru dari basis khasanah pengetahuan dan kearifan lokal masyarakat indonesia. Produksi buku dan pengelolaan Sistem Informasi Satunama (SIS) berada di wilayah bagian ini.

Kedua, Media. Media bergerak keluar untuk menjalin relasi-relasi yang berguna untuk menginformasikan pengalaman dan kerja-kerja lembaga. Selain itu kerja ke luar juga dimaksudkan mewadahi berbagai program yang diampu oleh donor.

Dalam konteks ini, unit yang sebelumnya merupakan Departemen Pengelolaan Pengetahuan Jaringan dan Media ini pernah bekerja dalam pengembangan kapasitas mitra Misereor, menjadi lembaga TA untuk kerja-kerja penguatan organisasi mitra dalam kerangka kerja SUM II –Usaid, juga Kerja-kerja terkait AVI (Australian Volunteer Internasional). Rentang kerja ini yang membutuhkan “nafas panjang” untuk keberlanjutan kerja-kerja di unit KSDM. Juga dibutuhkan kesadaran kelembagaan untuk terus-menerus mengakumulasi pengetahuan, jaringan, dan kerja-kerja pewacanaan dan informasi di media.

Personil Unit pengembangan Sektor Pengetahuan dan Media

P1800037

Bima Sakti
Dipercayai bertugas sebagai koordinator media, mengelola media komunikasi lembaga baik secara teknis maupun nonteknis untuk menjalankan fungsi dokumentasi dan publikasi seluruh kerja-kerja lembaga. Media cetak, media daring serta juga multi-media digunakan untuk menjalankan fungsi dokumentasi dan publikasi pengalaman kerja lembaga secara efektif dan efisien. Tertarik pada seluk beluk IT dan suka nonton sepakbola.

Self1

Ariwan K Perdana
Bekerja untuk pengelolaan media dan laman SATUNAMA, bertanggungjawab atas massalisasi informasi dan gagasan SATUNAMA kepada khalayak luas dengan berpegang pada fungsi-fungsi utama media, yaitu saluran informasi, edukasi, kontrol sosial dan hiburan. Berminat pada isu budaya populer dan media. Pemusik kala senggang yang pernah menjadi jurnalis media di Jakarta dan menulis beberapa opini di media cetak.

P1350111

Edy Purwaka
Saat ini menjabat sebagai staf pengelola pengetahuan.  Pengalaman  telah menunjukkan bahwa kehilangan orang kunci berpotensi menimbulkan permasalah di organisasi masyarakat sipil, untuk itu  organisasi perlu secara sadar  membangun sistem pengelolaan pengetahuan yang baik. Bekerjasama dengan seluruh unit dan departement  yang ada dalam organisasi, Edy Purwaka bertanggung jawab  mengembangkan model pengelola  pengetahuan  yang menjawab kebutuhan pengetahuan di lembaga.

 

P1350185

Tatik Sulistyaningsih
Tatik bertanggungjawab mengelola buku-buku koleksi yang ada di perpustakaan SATUNAMA. Ribuan buku koleksi perpustakaan (kategori umum dan anak-anak) digunakan untuk mendukung  berbagai kegiatan yang dilakukan oleh Yayasan SATUNAMA di berbagai daerah dampingan, dalam rangka penyebaran nilai-nilai keadilan, kesetaraan  Gender ,good governance, dan demokrasi serta pemenuhan hak anak dalam bidang informasi.

Artikel terkait Unit Pengembangan Sektor Pengetahuan dan Media

Teknologi Komunikasi, Informasi dan Peradaban

Mengkonsumsi informasi adalah kecenderungan wajar manusia. Orang berkecenderungan menyandarkan hidupnya pada informasi. Menjadikan informasi sebagai rujukan dalam mengambil keputusan. Karena pikiran dan tindakan manusia terhadap sesuatu ditentukan oleh kadar pengetahuannya tentang hal tersebut. Tanggung jawabnya terletak pada bagaimana menyikapi keterbatasan pengetahuan yang dimilikinya. Namun gejala yang muncul di tengah masyarakat saat...Baca Selengkapnya »

Edisi Tematik April 2017

Selamat datang di Edisi Tematik Satunama.org April 2017. Bulan ini tema yang diangkat adalah Teknologi Komunikasi dan Informasi. Masyarakat supermodern sangat mengandalkan informasi dalam bentuk yang ringkas sekaligus mudah dan cepat didapatkan. Sarana untuk memenuhi kondisi itu terpenuhi lewat kemajuan teknologi komunikasi kontemporer yang serba digital. Informasi pun mengalir deras...Baca Selengkapnya »

Hoax dan Kematian Pikiran

Hoax dan Kematian Pikiran Tragedi Sesat Informasi dan Kedangkalan Rasionalitas Manusia Ryan Sugiarto Kita takut kepada momok karena kata Kita cinta kepada bumi karena kata Kita percaya kepada Tuhan karena kata Nasib terperangkap dalam kata (Kata, Subagyo Sastrowardoyo) Seperti diungkapkan dalam sebuah sajak Subagio Sastrowardojo[1], saya tak yakin—seraya mengasah pena dan menulis, menggunakan bahasa-dengan sendirinya kita melakukan...Baca Selengkapnya »

Literasi Informasi Anak

Kemajuan teknologi komunikasi telah menciptakan dimensi baru dalam hal ketersediaan informasi. Banjir informasi pun tak terelakkan saat ini. Media saling berkompetisi dalam menggelontorkan informasi dengan gaya dan ideologinya masing-masing. Platform untuk mewadahi kebutuhan meredakan dahaga informasi juga semakin berkembang menyesuaikan dengan karakter manusia supermodern yang segalanya harus serba mudah dan...Baca Selengkapnya »

Media Digital untuk Pengelolaan Pengetahuan OMS

Media digital maju pesat seiring dengan pertumbuhan infrastruktur komunikasi yang semakin baik dan meningkatnya kebutuhan masyarakat  terhadap sarana komunikasi yang mudah, murah, tidak dibatasi oleh jarak dan waktu. Kemajuan yang ditandai dengan konektivitas internet yang semakin luas dan perbaikan berbagai infrastruktur transportasi memungkinkan orang dapat bepergian ke tempat-tempat yang belum pernah...Baca Selengkapnya »

Older Entries »
Print Friendly, PDF & Email
Sebarkan:Tweet about this on TwitterShare on Facebook0Share on Google+0Share on Tumblr0Email this to someone