Politik Demokrasi dan KBBIS

Departemen Politik Demokrasi dan Kebebasan Beragama Berkeyakinan – Inklusi Sosial

Depertemen ini dibentuk sebagai respon terhadap pembangunan suprastruktur, wilayah kebijakan di Indonesia. PD, sebagaimana namanya, bergerak di isu Politik dan Demokrasi. Untuk menggarap lokus isu tersebut PDD membagi kerjanya dalam tiga bidang.

Pertama, Bidang Politik dan Demokrasi. Kerja-kerja dalam bidang ini dilakukan dengan mengadakan pendidikan politik dan demokrasi bagi aktivis gerakan masyarakat sipil dan politisi muda lintas partai politik. Terdapat empat partai politik yang bekerjasama dengan SATUNAMA dan tergabung dalam Program CPID yaitu; Partai Demokrat, Partai NasDem, Partai GERINDRA dan PDIP di Sulawesi Selatan, Jawa Timur, Jawa Barat dan Lampung.

Kedua, Bidang Kebebasan Beragama/Berkepercayaan dan Inklusi Sosial (KBBIS). Program Keadilan dan Inklusi Sosial bagi Kelompok Marjinal (KISKM) yang mendapat dukungan dari The Asia Foundation memungkinkan SATUNAMA menjalin kerjasama dengan beberapa Partner Lokal antara lain Aliansi Sumut Bersatu (ASB) Sumatera Utara di Kabupaten Deli Serdang dan Kota Medan, SOMASI di Kabupaten Lombok Utara Nusa Tenggara Barat,  YASALTI di Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur, Yayasan Donders di Sumba Barat dan Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur, LKiS di Kulonprogo, DI Yogyakarta dan eLSA di Kabupaten Kudus dan Brebes, Jawa Tengah.

Ketiga, Bidang Perempuan dan Politik. Bidang ini mengkaji secara ilmiah bagaimana peran perempuan dalam ranah politik, lokal maupun nasional. Desk Perempuan dan Politik yang dibentuk sejak April 2015 memiliki tujuan umum mengembangkan kehidupan demokrasi berbasis pada pemenuhan hak perempuan . Ada 7 fokus untuk mencapai tujuan tersebut: (1) Meningkatkan kesadaran hak perempuan sebagai warga negara; (2) Memperkuat kapasitas politik perempuan di level desa, dan politisi perempuan di level kabupaten/kota; (3) Mendorong perempuan aktif dalam pengambilan keputusan yang menyangkut kehidupan bersama/publik; (4) Mendorong perempuan menduduki posisi penting dalam struktur masyarakat dan pemerintahan di level desa; (5) Mendorong politisi muda perempuan dalam legislatif di tingkat kabupaten/kota; (6) Mendorong berbagai kebijakan yang berperspektif demokrasi dan pemenuhan hak perempuan; (7) Menjadikan SATUNAMA sebagai resouce center atau pusat sumber daya pengetahuan perempuan dan politik, melalui penelitian perempuan dan politik yang relevan sebagai upaya pengelolaan pengetahuan.

Personil Departemen Politik dan Demokrasi
Makrus Ali – makrus.ali@satunama.org
Valerianus Beatae Jehanu – valeribj@satunama.org
Agustine Dwi Kurniawati – agustine.dwi@satunama.org
Ersad Ade Irawan – irsad.irawan@satunama.org
Muhammad Zuhdan – zuhdan@satunama.org


Artikel terkait Departemen Politik dan Demokrasi

[posts-for-page cat_slug=’politik-demokrasi’ hide_images=’false’ num=’5′ read_more=’Read More »’ show_full_posts=’false’ use_wp_excerpt=’false’ strip_html=’true’ hide_post_content=’false’ show_meta=’true’]

English EN Bahasa Indonesia ID