Training & Konsultansi

Satunama.org – SATUNAMA sebagai lembaga swadaya masyarakat mempunyai sejarah yang cukup panjang. Sejarah yang panjang itu bermuatan perkembagan lembaga sesuai dengan dinamika internal lembaga maupun dalam menanggapi perkembangan masyarakat yang dilayaninya. Maka wajar kalau SATUNAMA mempunyai modal yang memadai dalam bentuk pengetahuan dan praktek yang bisa di-share ke banyak pihak melalui pelatihan dan konsultasi.

Pelatihan dan Konsultasi yang dijalankan oleh SATUNAMA sudah berjalan selama 2 (dua) dekade dengan perkembangan dan dinamikanya sendiri. Pada awalnya layanan SATUNAMA berada dalam kerangka pembangunan yang langsung berkaitan dengan pengentasan dari kemiskinan. Pelatihan-pelatihan yang diberikan banyak menyangkut hal-hal praktis, seperti akupuntur, ekonomi rumah tangga, dan sebagainya.

Dalam perkembangan selanjutnya disadari bahwa kemiskinan bukanlah suatu substansi yang terlepas dari konteksnya yang lebih luas dalam bentuk sistem ekonomi, politik, sosial, budaya, dst. Maka pelatihan pun berkembang ke pemberdayaan masyarakat, termasuk LSM, melalui pelatihan manajemen organisasi dan manajemen program, mulai dari perencanaan hingga evaluasi. Di samping itu pemberdayaan masyarakat juga menyangkut politik dalam arti luas melalui civic education (pendidikan kewargaan) untuk LSM (CEFIL), pemimpin pedesaan baik formal maupun informal (CEFRUL), pemimpin agama (CEFREL), PKK (Strecew), politisi lokal (CELOP), dst. Bersama dengan munculnya era Reformasi, pelatihan-pelatihan terkait civic education yang di atas semakin dipertegas demi berkembangnya demokrasi yang sehat.

Perhatian terhadap perkembangan demokrasi dan politik mendapat tempat khusus di dalam pelatihan Sekolah Politisi Muda (SPM) dan PCB (Politik Cerdas Berintegritas). Dalam perkembangan terakhir, seiring dengan mendesaknya revolusi mental yang dicanangkan oleh Presiden ke-7 Republik Indonesia, Unit Training dan Konsultasi SATUNAMA merintis SEKOLAH FILSAFAT, yang mengajak peserta untuk berefleksi secara kritis atas tanggung jawab terhadap pekerjaan, makna pekerjaan bagi diri sendiri dan pihak lain, serta pemaknaan diri, yang dilengkapi dengan muatan-muatan Etika. Diupayakan agar pelatihan ini mampu menyapa semua pihak, mulai dari para pejabat pemerintah, pemimpin agama dan kepercayaan, perusahaan (terutama CSR), pimpinan LSM, dst.

Dengan begitu menjadi jelas bahwa SATUNAMA melalui Unit Training dan Konsultasi ingin menyumbangkan seoptimal mungkin kepada semua pihak apa yang dimiliki serta apa yang menjadi pusat keprihatinannya. Menjadi jelas bahwa SATUNAMA merupakan bagian integral dari perkembangan Bangsa Indonesia yang bergerak maju dalam semangat saling mendukung, menguatkan, dan menyumbangkan yang dimilikinya.

Personil Training dan Konsultansi
P. Hardono Hadi – hardono@satunama.org
Rosa Risbika Putri – risbukaputri@satunama.org
Debora Ratri – training@satunama.org


Artikel terkait Unit Training & Konsultansi

Pelatihan Fundraising Operasi Senyap

Satunama.org – Pelatihan ini berisikan tentang strategi-strategi rahasia dalam melakukan fundraising, sehingga disebut Fundraising “Operasi Senyap”. Betapa pun indahnya visi organisasi serta mantapnya strategi yang mau diterapkan, tetapi tanpa ketersediaan dana yang memadai, organisasi itu tidak akan mampu seutuhnya memenuhi visi dan strateginya. Maka kegiatan fundraising untuk memenuhi dana yang...Baca Selengkapnya »

Pelatihan Pembuatan Media dan Alat Peraga Belajar

Satunama.org – Belajar menuntut peran aktif siswa (pembelajar), maka guru memiliki kewajiban menarik perhatian siswa dengan mendesain media dan alat peraga pembelajaran untuk menyederhanakan konsep, menjelaskan sesuatu yang abstrak dan membuat siswa tertarik akan konsep yang dibicarakan. Dengan menggunakan media dalam pembelajaran, diharapkan kegiatan belajar mengajar terjadi secara dua arah...Baca Selengkapnya »

Pelatihan Fasilitator Masyarakat Yang Kreatif dan Menyenangkan

Satunama.org – Petugas Lapangan atau Fasilitator Masyarakat diharapkan mampu menjadi fasilitator yang handal di lapangan dalam melakukan analisis masalah, mendorong masyarakat mempresentasikan situasi yang mereka hadapi, mengerjakan apa yang menjadi rencana bersama dan menilai sendiri atas apa yang sudah dikerjakan. Fasilitator harus bisa mendorong masyarakat dalam melakukan perubahan struktur sosial. Berdasarkan...Baca Selengkapnya »

Pelatihan Kesehatan Jiwa Berbasis Masyarakat

Masalah kesehatan jiwa digambarkan sebagai fenomena gunung es. Permasalahan kesehatan jiwa menyebabkan penderitaan yang berkepanjangan, tidak hanya bagi penderita gangguan jiwa atau Orang Dengan Masalah Kejiwaan (ODMK) saja namun juga berdampak bagi keluarga dan masyarakat. Selama ini, penanganan ODMK biasanya dilakukan di Rumah Sakit Jiwa dalam rangka untuk memaksimalkan tindakan medis...Baca Selengkapnya »

Pelatihan Manajemen Organisasi

Manajemen adalah ilmu dan seni melakukan tindakan untuk mencapai tujuan. Manajemen menyangkut cara mengatur segala hal terkait dengan tindakan yang akan dilakukan, baik itu terkait dengan tujuan, pendekatan, metode, dan penataannya. Berdasar hal itu, merupakan kewajaran kalau muncul macam-macam model organisasi, sesuai dengan karakter organisasi terkait. Semua organisasi di luar pemerintah,...Baca Selengkapnya »

Older Entries »
English EN Bahasa Indonesia ID