Unit Training & Konsultansi

Sebarkan:Tweet about this on TwitterShare on Facebook0Share on Google+0Share on Tumblr0Email this to someone

Unit Pelatihan & Konsultansi

Unit ini didesain senada dengan Departemen PAK, didorong untuk segera menjadi mandiri, memberi kontribusi kepada SATUNAMA sebagai value creator. Tujuannya juga sama yaitu memberi kontribusi ke SATUNAMA mencari keuntungan. Pada waktunya nanti SATUNAMA hanya akan meminta bagi keuntungan atau biaya program kepada PAK maupun Training dan Konsultansi. Pembiasaan berfikir ekaspansif dan menghasilkan memang harus dilatih terus menerus dan latihan-latihan itu akan menumbuhkan orang dan cara kerja baru di SATUNAMA.
Training selalu berlandaskan ‘pengalaman’, ekspertisi juga berangkat dari pengalaman yang selalu direfleksikan dan dikerangkai bersama dengan dinamika akademis. Proses-proses training juga didokumentasikan untuk menyusun format dan metode pelatihan yang baru yang memungkinkan pelaksanaan training menjadi lebih variatif. Sementara itu proses-proses dan materi juga dikelola untuk membantu menyusun materi-materi yang baru dan mudah diajarkan.

Training dan Konsultasi. Sebagai upaya rintisan unit baru ini menunjukkan tanda-tanda baik, utamanya jika ditilik dari sisi potensi untuk menjadi mandiri dan potensi untuk menjadi sumber pendanaan baru bagi program. Training-training reguler belum berjalan maksimal, namun training-training ‘taylor made’ dan konsultansi – fasilitasi berjalan cukup baik dan prospektif. Associate konsultan SATUNAMA telah dimulai sebagai kekuatan dan posisi tawar layanan konsultansi. Ekspertisi berlandaskan pengalaman menjadi salah satu keunggulan yag dimiliki dan membedakan dengan model-model kerja sejenis.

SATUNAMA melayani konsultasi mengenai penguatan dan pengembangan organisasi masyarakat sipil dengan tujuan membagikan pengetahuan dari pengalaman selama bertahun-tahun. Materi pelayanan konsultasi antara lain: manajemen organisasi, merancang program pembangunan, sistem pembukuan, monitoring dan evaluasi program-program pemberdayaan masyarakat, serta berbagai pelatihan dalam bidang manajemen, resolusi konflik, serta pendidikan nilai-nilai universal, pendidikan, jurnalisme dan lainnya. Hampir semua lembaga internasional yang bekerja di Indonesia termasuk program-program bilateral dan multilateral (seperti USAID, CIDA, GTZ/BMZ, AUSAID, UNDP, UNICEF, dan lain-lain) pernah memanfaatkan layanan konsultasi dari SATUNAMA.

Menuju pada standar kualitas SATUNAMA, merupakan upaya yang harus ditempuh unit ini untuk menyongsong masa yang semakin hari semakin menuntut pelayanan yang lebih profesional dan berstandar. Mengembangkan mekanisme kontrol yang didahului dengan menyusun dan mengaplikasikan format standar dimanfaatkan sebagai bekal analisis dan mendudukkan ukuran standar di setiap pelayanan Unit.

Personil Unit Pelatihan & Konsultansi

IMGP9367Kantri Sekar Wandansari
Menjadi bagian dari Unit Pelatihan dan Konsultansi sejak bulan Februari 2015. Berdinamika di dalam unit untuk melayani kebutuhan kawan-kawan penerima layanan Pelatihan dan Konsultansi. Di sela waktu melayani, masih menyempatkan untuk merencanakan, mengembangkan dan mengawal unit yang semakin kuat hingga SATUNAMA semakin dapat berbagi pengalaman dengan berbagai tema dan jenis pelayanan pelatihan dan konsultansi.

IMGP9053

Yulita Rossy Hastaria
Memulai belajar di SATUNAMA sebagai tenaga Volunteer di Departemen Pengembangan Program dan pernah mengampu project #1157 kerjasama SATUNAMA dengan Misereor. Awal ketugasannya di SATUNAMA adalah menangani permintaan konsultansi, bertugas membina relasi dengan mitra yang membutuhkan fasilitator dari SATUNAMA hingga memastikan kegiatan fasilitasi berjalan dengan baik dan mendapat umpan balik yang baik dari mitra. Ketugasan Konsultansi itu masih tetap dilakukan namun kini lebih spesifik berada di bawah Unit Training and Consultancy.

Banu Badrika

Print Friendly, PDF & Email
Sebarkan:Tweet about this on TwitterShare on Facebook0Share on Google+0Share on Tumblr0Email this to someone