Training & Konsultansi

Satunama.org – SATUNAMA sebagai lembaga swadaya masyarakat mempunyai sejarah yang cukup panjang. Sejarah yang panjang itu bermuatan perkembagan lembaga sesuai dengan dinamika internal lembaga maupun dalam menanggapi perkembangan masyarakat yang dilayaninya. Maka wajar kalau SATUNAMA mempunyai modal yang memadai dalam bentuk pengetahuan dan praktek yang bisa di-share ke banyak pihak melalui pelatihan dan konsultasi.

Pelatihan dan Konsultasi yang dijalankan oleh SATUNAMA sudah berjalan selama 2 (dua) dekade dengan perkembangan dan dinamikanya sendiri. Pada awalnya layanan SATUNAMA berada dalam kerangka pembangunan yang langsung berkaitan dengan pengentasan dari kemiskinan. Pelatihan-pelatihan yang diberikan banyak menyangkut hal-hal praktis, seperti akupuntur, ekonomi rumah tangga, dan sebagainya.

Dalam perkembangan selanjutnya disadari bahwa kemiskinan bukanlah suatu substansi yang terlepas dari konteksnya yang lebih luas dalam bentuk sistem ekonomi, politik, sosial, budaya, dst. Maka pelatihan pun berkembang ke pemberdayaan masyarakat, termasuk LSM, melalui pelatihan manajemen organisasi dan manajemen program, mulai dari perencanaan hingga evaluasi. Di samping itu pemberdayaan masyarakat juga menyangkut politik dalam arti luas melalui civic education (pendidikan kewargaan) untuk LSM (CEFIL), pemimpin pedesaan baik formal maupun informal (CEFRUL), pemimpin agama (CEFREL), PKK (Strecew), politisi lokal (CELOP), dst. Bersama dengan munculnya era Reformasi, pelatihan-pelatihan terkait civic education yang di atas semakin dipertegas demi berkembangnya demokrasi yang sehat.

Perhatian terhadap perkembangan demokrasi dan politik mendapat tempat khusus di dalam pelatihan Sekolah Politisi Muda (SPM) dan PCB (Politik Cerdas Berintegritas). Dalam perkembangan terakhir, seiring dengan mendesaknya revolusi mental yang dicanangkan oleh Presiden ke-7 Republik Indonesia, Unit Training dan Konsultasi SATUNAMA merintis SEKOLAH FILSAFAT, yang mengajak peserta untuk berefleksi secara kritis atas tanggung jawab terhadap pekerjaan, makna pekerjaan bagi diri sendiri dan pihak lain, serta pemaknaan diri, yang dilengkapi dengan muatan-muatan Etika. Diupayakan agar pelatihan ini mampu menyapa semua pihak, mulai dari para pejabat pemerintah, pemimpin agama dan kepercayaan, perusahaan (terutama CSR), pimpinan LSM, dst.

Dengan begitu menjadi jelas bahwa SATUNAMA melalui Unit Training dan Konsultasi ingin menyumbangkan seoptimal mungkin kepada semua pihak apa yang dimiliki serta apa yang menjadi pusat keprihatinannya. Menjadi jelas bahwa SATUNAMA merupakan bagian integral dari perkembangan Bangsa Indonesia yang bergerak maju dalam semangat saling mendukung, menguatkan, dan menyumbangkan yang dimilikinya.

Personil Training dan Konsultansi
P. Hardono Hadi – hardono@satunama.org
Rosa Risbika Putri – risbukaputri@satunama.org
Debora Ratri – training@satunama.org


Artikel terkait Unit Training & Konsultansi

Merumuskan Arah dan Program Organisasi

Sebuah organisasi atau perusahaan akan tumbuh dan berkembang jika memiliki arah dan program yang jelas. Kedua hal ini harus dirumuskan, dirancang, dan dibangun secara matang oleh semua pihak yang bertanggung jawab terhadap keberlangsungan organisasi. Jika tidak, perjalanan organisasi atau perusahaan akan menjadi tidak jelas. Berangkat dari kebutuhan tersebut, PT Danarta Anugrah...Baca Selengkapnya »

Memuliakan Pengetahuan Kolektif dalam Pelatihan

Ada begitu banyak lembaga yang bekerja untuk dan bersama masyarakat. Lembaga-lembaga ini memiliki staf yang bertugas pada bagian pemberdayaan masyarakat atau sering disebut Community Development Officer atau Community Organizer. Mereka sering dijuluki sebagai petugas lapangan, field officer, fasilitator masyarakat, pendamping atau fasilitator lapangan. Intinya mereka bekerja untuk memfasilitasi kegiatan-kegiatan yang sudah...Baca Selengkapnya »

Belajar Inklusivitas Difabel dalam Pembangunan

Bekerja dalam isu difabilitas merupakan sebuah tantangan menarik. Butuh basis pengetahuan dan keterampilan yang mumpuni bagi pihak-pihak yang berkecimpung di dalam isu ini. Termasuk juga para pekerja di lembaga-lembaga sosial di mana saja. Berangkat dari kebutuhan tersebut PLAN International yang memiliki wilayah kerja di Timor Leste mengirimkan beberapa stafnya untuk mengikuti...Baca Selengkapnya »

Mengelola Laporan dan Pengetahuan Program

Lokalatih Penulisan Laporan dengan Pendekatan Pengelolaan Pengetahuan diadakan di Balai Latihan SATUNAMA, Selasa-Jumat, 3-5 September 2019. Lokalatih didesain dengan pendekatan andragogy yang mengutamakan dialog, diskusi dan menggali pengetahuan dan pengalaman bersama. Satunama.org – Keterampilan menulis laporan program sangatlah penting. Keberhasilan program dapat terdokumentasi dengan baik apabila laporannya dibuat secara sistemastis, lengkap,...Baca Selengkapnya »

Pengetahuan Transformatif Berbasiskan Pembelajaran Program

Satunama.org – Membuat sebuah laporan dari program yang telah dilaksanakan menjadi hal wajib. Para pekerja LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat) tentunya memilki banyak pengalaman dalam membuat laporan program. Selain menjadi kewajiban, laporan pun bermanfaat untuk pengembangan organisasi ke depan. Pencapaian, hambatan, dan kegagalan menjadi referensi penting dalam pelaksanaan program baru. Namun ada...Baca Selengkapnya »

Older Entries »
Translate »