Tingkatkan Kapasitas CSO, SATUNAMA akan Gelar Pelatihan Mobilisasi Dukungan Change the Game Academy

Mobilizing support atau Mobilisasi Dukungan merujuk pada upaya untuk mengumpulkan, mengorganisir, dan menggerakkan berbagai pihak untuk mendukung tujuan, agenda, atau inisiatif bersama. Ini dapat dilakukan dalam berbagai konteks, termasuk sosial, atau kampanye advokasi. Mobilizing support adalah proses penting bagi CSO/CBO dan kelompok swadaya masyarakat (self-help group) untuk mencapai tujuan bersama. Dengan menggerakkan dukungan, maka publik, pemerintah, dan pemangku kepentingan lainnya dapat mendukung isu-isu yang diperjuangkan. Semakin luas dukungan akan semakin memberikan pengaruh politik dan memperkuat argumen dalam meraih perubahan positif.

Membangun Mobilisasi Dukungan juga memungkinkan CSO/CBO dan self-help group untuk mengumpulkan individu atau kelompok yang memiliki minat, atau tujuan yang sama, meningkatkan visibilitas, akses ke sumber daya, dan kekuatan tawar dalam mencapai tujuan bersama. Hal lain adalah dapat mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam upaya yang dilakukan oleh CSO/CBO dan self-help group. Dengan melibatkan masyarakat secara langsung, maka partisipasi, kepemilikan, dan kesadaran akan isu-isu yang diadvokasi juga akan menguat.

Menciptakan perubahan sosial juga bukan hanya sekadar mimpi melalui Mobilisasi Dukungan yang bersifat kolektif. Melalui kampanye, advokasi, dan kegiatan pemberdayaan, CSO/CBO dan self-help group dapat membentuk opini publik, mengubah persepsi, dan mendorong tindakan yang mendukung perubahan yang diinginkan. Mobilisasi Dukungan yang solid juga berperan memperkuat keberlanjutan organisasi dan memungkinkan mereka untuk terus berkontribusi dalam masyarakat.

Menjadi logis jika Mobilizing support atau Mobilisasi Dukungan Bersama tidak hanya mempengaruhi pencapaian tujuan organisasi, tetapi juga memperkuat keberlanjutan, relevansi, dan dampak dari kerja yang dilakukan CSO/CBO dan self-help group. Dengan menggerakkan dukungan, maka jangkauan dan pengaruh dalam menciptakan perubahan positif dan memberdayakan masyarakat akan semakin berdampak.

Selama lebih dari dua dekade, Yayasan SATUNAMA Yogyakarta telah menjadi sebuah organisasi nirlaba yang bergerak di bidang pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan pendampingan, advokasi, dan pelatihan untuk mempromosikan pengembangan sumber daya manusia di Indonesia sekaligus memperkuat dan mengembangkan kapasitas CSO/CBO lokal untuk melayani masyarakat dengan lebih baik dan menciptakan perubahan yang berkelanjutan di Indonesia.

Saat ini, SATUNAMA semakin menguatkan kolaborasi kerjanya dengan menjadi Organisasi Mitra Nasional (NPO) Wilde Ganzen Foundation dalam Program Change the Game Academy (CtGA). Wilde Ganzen Foundation bersama dengan beberapa organisasi di Asia, Afrika, dan Amerika Latin menginisiasi program Change the Game Academy pada tahun 2014. Pada tahun 2022, SATUNAMA bergabung sebagai mitra nasional untuk wilayah Indonesia serta menjadi anggota Change the Game Academy Global Alliance untuk memberikan dampak kemanfaatan positif yang lebih baik, tidak hanya di Indonesia, namun juga bersama mitra internasional berkontribusi pada pengembangan CSO/CBO secara global.

Pelatihan Mobilizing Support CtGA adalah Investasi Berharga.

Sebagai mitra nasional Program Change the Game Academy (CtGA) di Indonesia, Yayasan SATUNAMA Yogyakarta berupaya membantu meningkatkan kemampuan dan kapasitas organisasi-organisasi masyarakat sipil, organisasi komunitas berbasis masyarakat, dan kelompok swadaya dalam hal Mobilizing Support (MS). Program dalam pelatihan akan diselenggarakan secara menyeluruh dengan fokus pada meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap melalui metode pelatihan partisipatif-adaptif yang didukung oleh teknologi. Khusus untuk pelatihan Mobilizing support, program pelatihan akan mencakup langkah-langkah trajectory sebagai berikut:

  • Pertemuan Pengantar/Kepemimpinan.
  • Pertemuan ini merupakan kesempatan bagi para pimpinan organisasi untuk memberikan dukungan dan motivasi kepada anggota tim yang akan terlibat dalam pelatihan.
  • Pertemuan ini memastikan bahwa organisasi siap sepenuhnya untuk mengikuti pelatihan dan membahas strategi serta rencana tindak lanjut.
  • Seluruh anggota tim memahami tujuan dan manfaat dari pelatihan tersebut.
  • Pelatihan Tatap Muka.
  • Tahap I pelatihan Mobilizing Support akan dimulai dengan pelatihan tatap muka selama 8 hari untuk memberikan pengetahuan yang diperlukan dalam bidang Mobilizing Support.
  • Pelatihan ini melengkapi peserta dengan pengetahuan dan keterampilan fundamental dan strategis dalam Mobilizing Support.
  • Tindak Lanjut Coaching.
  • Setelah pelatihan tatap muka, peserta akan melakukan kegiatan/proyek Mobilizing Support selama 3 bulan.
  • Peserta akan mendapatkan coaching secara online dari fasilitator dan mengikuti pelatihan lanjutan selama 2 hari yang terkait dengan pembangunan pola pikir sebagai “Game Changer”.
  • Tahap ini bertujuan untuk membantu peserta pelatihan memperoleh pemahaman yang lebih mendalam, membangun sikap yang tepat, dan mengembangkan pola pikir terkait Mobilizing Support.

Keseluruhan trajectory berlangsung selama 4-6 bulan disesuaikan dengan dinamika dan kemajuan yang didapatkan, dimulai sejak Pertemuan Pengantar dilakukan. Trajectory ini dimaksudkan untuk memberikan secara penuh, tidak hanya materi pelatihan namun juga memberikan keterampilan serta membangun mindset terkait yang dapat mendukung keberlanjutan kerja-kerja organisasi CBO, CSO dan Kelompok Swadaya.

Tujuan kegiatan pelatihan

  1. Peserta/Organisasi memahami konsep Mobilisasi Dukungan dalam mencapai tujuan dan  agenda bersama.
  2. Peserta mendapatkan keterampilan, strategi dan teknik yang efektif untuk mengumpulkan, mengorganisir, dan menggerakkan berbagai pihak dalam mendukung isu-isu yang diperjuangkan.
  3. Meningkatkan kemampuan peserta/organisasi dalam membangun aliansi dan jaringan dengan individu, kelompok, atau organisasi lain yang memiliki tujuan serupa.

Kriteria Organisasi Peserta Pelatihan.

Pelatihan Mobilizing supportini diperuntukkan bagi organisasi seperti NGO, CSO, CBO hingga Kelompok Swadaya dengan kriteria :

  1. Memiliki legalitas sebagai sebuah organisasi.
  2. Berbasis di Indonesia.
  3. Memiliki program atau project kerja pemberdayaan/pembangunan.

Kriteria Individual Peserta Pelatihan

Pelatihan Mobilizing support ini terbuka bagi individu anggota organisasi CSO/CBO dan self-help group yang legal, berbasis di Indonesia dan memiliki program atau project kerja. Setiap organisasi harus mengirimkan 2 (dua) orang pekarya untuk ikut dalam pelatihan ini. Ketentuan individual peserta untuk mengikuti pelatihan ini adalah :

  1. Pelatihan ini harus dihadiri oleh 2 (dua) pekarya organisasi yaitu; Pekarya yang memiliki kewenangan pengambilan keputusan/kebijakan organisasi dan pekarya yang memiliki kewenangan pengelolaan project/program.
  2. Peserta harus berkomitmen mengikuti seluruh rangkaian trajectory pelatihan hingga tuntas selama sekitar 4-6 bulan.
  3. Peserta memiliki keterampilan komunikasi partisipatif (mendengar dan berpendapat).
  4. Peserta memiliki minat dan keterampilan dalam bidang advokasi sosial.
  5. Disarankan untuk mempertimbangkan kesetaraan gender (jika memungkinkan)
  6. Disarankan untuk mengikutsertakan peserta disabilitas (jika memungkinkan)

Tempat dan Tanggal Pelaksanaan.

Pelatihan Mobilizing supportBatch I akan dilaksanakan dengan jadwal sebagai berikut:

  1. 1 -31 Juli 2023: Pendaftaran peserta pelatihan (dilakukan secara daring)
  2. 3 Agustus 2023: Pertemuan pengantar I bagi organisasi peserta pelatihan. (daring)
  3. 10 Agustus 2023: Pertemuan pengantar II bagi organisasi peserta pelatihan. (daring)
  4. 21-29 Agustus 2023: Pelatihan Mobilizing support, bertempat di Yogyakarta.
  5. 30 Agustus 26 November 2023: Implementasi project/kegiatan Mobilizing support oleh organisasi peserta pelatihan dengan coaching secara online.
  6. 27-28 November 2023 : Pelatihan Game Changer Mobilizing support secara tatap muka. Tempat pelatihan masih dalam konfirmasi.

Fasilitator Pelatihan.

Pelatihan Mobilizing supportChange the Game Academy Indonesia akan dipandu oleh fasilitator ahli dan bersertifikat di setiap tahap pelatihan. SATUNAMA menyediakan fasilitator yang terlatih dan berpengalaman dalam melakukan pengorganisasian dan pemberdayaan masyarakat di seluruh Indonesia.

Fasilitas Pelatihan dan Pembiayaan Bersama.

Pelatihan Mobilizing supportChange the Game Academy Indonesia dijalankan bersama-sama oleh SATUNAMA dan lembaga-lembaga yang ikut serta dalam program pelatihan. Setiap organisasi WAJIB mengirimkan 2 (dua) peserta pelatihan dengan kontribusi Rp. 4.000.000/organisasi untuk seluruh proses trajectory pelatihan. Dengan kontribusi tersebut, peserta mendapatkan fasilitas berupa:

  1. Dukungan transportasi untuk berangkat dan pulang.
  2. Konsumsi selama kegiatan pelatihan berlangsung.
  3. Akomodasi selama kegiatan pelatihan berlangsung.
  4. Training kits dan merchandise Change the Game Academy.
  5. Sertifikat Pelatihan di akhir trajectory.

Tautan Pendaftaran.

Klik tautan ini untuk pendaftaran Pelatihan Mobilizing supportChange the Game Academy 2023.

Informasi Lain dan Narahubung

Pelatihan Mobilizing supportini akan terus diselenggarakan oleh SATUNAMA setiap tahun mulai tahun 2023. Kegiatan pelatihan Change the Game Academy juga terbuka untuk semua golongan dan mempertimbangkan keseimbangan gender serta mendorong keikutsertaan inklusif bagi difabel. Untuk mendapatkan informasi lebih detil tentang pelatihan-pelatihan Change the Game Academy, silakan menghubungi :

  1. Agustine Dwi Kurniawati – 085868261514
  2. Mediya Juniandari – 087710417589

Tinggalkan komentar