Edisi Tematik April 2017

Dari Dapur Media SATUNAMA
Sebarkan:Tweet about this on TwitterShare on Facebook0Share on Google+0Share on Tumblr0Email this to someone

Selamat datang di Edisi Tematik Satunama.org April 2017. Bulan ini tema yang diangkat adalah Teknologi Komunikasi dan Informasi. Masyarakat supermodern sangat mengandalkan informasi dalam bentuk yang ringkas sekaligus mudah dan cepat didapatkan. Sarana untuk memenuhi kondisi itu terpenuhi lewat kemajuan teknologi komunikasi kontemporer yang serba digital. Informasi pun mengalir deras memenuhi ruang-ruang publik hingga ruang-ruang keluarga di rumah-rumah.

Meski demikian, banyaknya informasi yang mengitari kehidupan kita juga bukan sesuatu yang begitu saja harus diterima. Karena informasi tidak memiliki kuasa untuk membentuk dirinya sendiri. Ia senantiasa dibentuk lewat berbagai perspektif, kemungkinan-kemungkinan dan bahkan kepentingan. Oleh karenanya kesadaran dan kapasitas konsumen informasi menjadi penting untuk ditingkatkan.  Atas dasar itulah Satunama.org mengangkat tema Komodifikasi dan Konsumsi Informasi pada Edisi Tematik bulan ini.

Beberapa tulisan menarik disuguhkan dalam edisi kali ini antara lain artikel utama bertajuk Hoax dan Kematian Berpikir. Terdapat pula dua buah opini yang menuturkan soal literasi informasi dan pengelolaan pengetahuan. Rubrik wawancara dan profil menampilkan sosok praktisi informasi dan media yang berkompeten di bidangnya. Tak ketinggalan ada juga resensi pustaka yang juga membahas tema yang sama.

Tema yang diketengahkan bulan ini dimaksudkan sebagai bagian dari usaha SATUNAMA untuk melakukan salah satu fungsi utama dari media, yaitu melakukan pendidikan. Secara spesifik, dalam edisi kali ini yang dimaksud adalah pendidikan berinformasi.

Selamat membaca Edisi Tematik April 2017 dan semoga bermanfaat.

Penjaga Dapur Media SATUNAMA

Print Friendly, PDF & Email
(Visited 46 times, 1 visits today)
Sebarkan:Tweet about this on TwitterShare on Facebook0Share on Google+0Share on Tumblr0Email this to someone

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*