Sekolah Politisi Muda SATUNAMA: Mengukir Masa Depan Demokrasi Inklusif

Satunama.org.- Yayasan SATUNAMA Yogyakarta kembali menghelat Sekolah Politisi Muda (SPM) Angkatan VII Level 2 yang berlangsung dari tanggal 13 hingga 18 Juli 2023. Acara yang berlangsung dengan penuh semangat dan antusiasme di Balai Pelatihan Yayasan Satunama Yogyakarta tersebut melibatkan narasumber-narasumber yang ahli di bidangnya.

Kegiatan ini menghadirkan materi-materi yang mendalam, berfokus pada Politik Inklusi, Hak Asasi Manusia dan Penguatan Citizenship, Jaringan Pemenangan Pemilu, Rencana Aksi Politik Strategis, Komunikasi Politik-Marketing Politik dan Political Public Relation, Publikasi Media Konvensional, Pengelolaan Media Publik, hingga Strategi Pemenangan Kandidat. Peserta yang berjumlah 23 orang, merupakan para lulusan dari SPM Angkatan VII level 1 sebelumnya, yang berasal dari berbagai penjuru Indonesia.

Menghadirkan para narasumber terbaik di bidangnya, seperti Dr. Sandra Moniaga, seorang pakar hak asasi manusia dan tokoh pemerhati perempuan, yang menekankan pentingnya penguatan warga negara dalam memahami hak-hak dan kewajibannya, Dr. Gun Gun Heryanto, seorang pakar  komunikasi politik yang memberikan wawasan tentang strategi komunikasi politik yang efektif untuk menjangkau pemilih muda, G.M Totok Hedi Sentosa, yang menggali strategi pemenangan pemilu berdasarkan pengalaman dalam berpolitik, Dr. Fajar Nursaid, yang berbicara tentang strategi untuk memenangkan kandidat dengan mengedepankan nilai-nilai keadilan dan partisipasi masyarakat.

Insan Kamil, M.A., yang memberikan pandangan tentang penguatan hak asasi manusia sebagai landasan dalam politik inklusif, Utuh Taedini, M.IP., yang berbicara tentang jaringan pemenangan pemilu yang berbasis survei dan data, Meth Kusumahadi, yang berbicara tentang pentingnya rencana strategi politik terhadap partai politik dan politisi muda, William E. Apipidely, M.A., yang memberikan wawasan tentang publikasi media konvensional serta pemanfaatan teknologi dalam politik, dan Ariwan Perdana, yang memberikan pengetahuan mengelola media publik sebagai sarana merespon aspirasi masyarakat.

Acara ini menjadi wadah pembelajaran yang sangat berharga bagi para peserta. Mereka dibekali dengan pengetahuan, keterampilan, dan perspektif yang luas untuk berkontribusi dalam dunia politik yang semakin kompleks dan dinamis. Setiap sesi penuh dengan diskusi, tanya jawab, dan kolaborasi, yang membuka wawasan baru bagi para peserta.

Himawan Pambudi, Kepala Sekolah SPM, menyampaikan sambutan dengan bangga menyaksikan perkembangan para peserta dari level 1 hingga mencapai level 2. Ia mengapresiasi semangat dan dedikasi yang ditunjukkan oleh peserta dalam menyerap materi-materi yang diajarkan. “Melalui SPM ini, akan lahir para pemimpin muda yang bertanggung jawab, berwawasan luas, dan mampu mengemban amanah untuk kepentingan rakyat.” Demikian Himawan.

Sambutan lainnya datang dari Direktur Eksekutif Yayasan Satunama Yogyakarta, William E. Apipidely, M.A. Dengan tulus, ia menyampaikan harapannya agar peserta SPM Angkatan VII Level 2 dapat menjadi agen perubahan yang berkomitmen untuk memperjuangkan politik inklusif. “SPM berupaya memberikan bekal penghormatan kepada hak asasi manusia, dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya peran warga negara dalam proses demokrasi.” Kata William sembari menekankan pentingnya kolaborasi antara pemuda dan pemangku kepentingan lainnya untuk mewujudkan perubahan yang berarti bagi negeri ini.

Acara berakhir dengan sukses dan meninggalkan kesan mendalam bagi semua peserta. Semangat mereka dalam merajut masa depan demokrasi yang inklusif dan berkualitas memberikan harapan besar untuk negeri ini. Terlahirnya para politisi muda yang berintegritas dan berkomitmen menjadikan Indonesia yang lebih maju dan adil merupakan salah satu capaian gemilang dari Sekolah Politisi Muda Angkatan VII Level 2.

Dengan semangat yang berkobar, para peserta membawa misi besar untuk menyebarkan nilai-nilai keadilan, kesetaraan, dan keberagaman di masyarakat. Semoga, apa yang telah dipelajari dan dialami di SPM Angkatan VII Level 2 ini akan menjadi pondasi kuat dalam menatap masa depan penuh harapan bagi negeri tercinta. Selanjutnya sebagai rangkaian terakhir dari SPM Angkatan VII, akan segera diumumkan waktu pelaksanaan Level 3 di Yogyakarta. [Berita : Muh. Taufiq Firdaus/Penyunting : A.K. Perdana/Foto : Muh Taufiq Firdaus]

Tinggalkan komentar