Salam Perpisahan

Sebarkan:Tweet about this on TwitterShare on Facebook0Share on Google+0Share on Tumblr0Email this to someone

Satunama.org – Tiba waktunya kerjasama antara Australian Volunteer International (AVI) dengan SATUNAMA yang dimulai pada tanggal 7 Januari 2014 berakhir. Berbagai kegiatan yang sudah dijalankan dan banyaknya pengalaman menarik yang didapat selama project ini berjalan membuat teman-teman mahasiswa ini tak merasakan cepatnya waktu berlalu.

Project ini ditutup dengan diadakannya presentasi akhir, yang turut dihadiri juga oleh Rachel Berman, perwakilan dari AVI Melbourne dan Jonathan Hunter, perwakilan dari AVI Indonesia. Topik utama presentasi ini secara umum adalah most signifikcant change (msc). Setiap mahasiswa menyampaikan pengalamannya masing-masing dari setiap kegiatan yang telah mereka jalankan. Dari pengalaman tersebut kemudian disaring untuk dicari ‘nilai-nilai kehidupan’ apa saja yang mereka dapatkan dari pengalaman itu.

Banyak kesan tak telupakan yang mereka rasakan ketika mengikuti project ini, hal-hal baru yang mereka jumpai ketika ikut tinggal bersama dengan komunitas dampingan SATUNAMA merupakan salah satunya. Tantangan yang mereka hadapi masih berkisar persoalan komunikasi bahasa dan bagaimana menjaga sikap sesuai ‘tata krama’ dan ‘adat istiadat’ yang berlaku di masyarakat setempat, itu pun dapat mereka atasi dengan baik, dengan proses adaptasi kilat.

Banyak hal yang mereka pelajari selama 6 minggu di Indonesia, pengalaman fieldtrip ke Muncar dan Gunung kelir banyak memberikan pengalaman baru bagi mereka, khususnya tentang bagaimana melakukan pendampingan bagi masyarakat. SATUNAMA berharap “oleh-oleh” ilmu yang mereka bawa dari Indonesia dapat mereka tularkan kepada masyarakat di negara mereka, Australia, sehingga mereka bisa menjadi agen-agen pembawa perubahan bagi dunia.

———

  1. Australian Volunteers International dan SATUNAMA
  2. Mengisi Amunisi Sebelum Terjun Ke Lapangan
  3. Melbourne University Goes to Muncar
  4. Belajar Tanaman Obat di Gunung Kelir
  5. Salam Perpisahan

 

Print Friendly, PDF & Email
(Visited 111 times, 1 visits today)
Sebarkan:Tweet about this on TwitterShare on Facebook0Share on Google+0Share on Tumblr0Email this to someone

1 Trackback / Pingback

  1. Belajar Tanaman Obat di Gunung Kelir | SATUNAMA

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*