Kunjungan KOIN di SATUNAMA

Sebarkan:Tweet about this on TwitterShare on Facebook0Share on Google+0Share on Tumblr0Email this to someone

Satunama.org – Kelompok Studi Mahasiswa Kajian Organisasi Internasional (KOIN) Jurusan Hubungan Internasional Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta berjumlah dua puluh orang mengadakan kunjungan kerja di kantor SATUNAMA 4 April 2014.

Kunjungan ini bertujuan untuk mengenalkan mahasiswa terhadap seluk beluk kerja LSM dan mendapatkan gambaran langsung tentang kerjasama SATUNAMA dengan organisasi internasional dalam pemberdayaan masyarakat.

Dimitriya Ariestya, ketua KOIN menjelaskan kelompok studi mahasiswa ini memfokuskan pembahasan kajian-kajian kinerja organisasi internasional, khususnya organisasi internasional yang ada di Indonesia.

Kegiatan yang mereka lakukan antara lain mengadakan diskusi-diskusi yang terkait dengan organisasi internasional dan melakukan kunjungan langsung ke beberapa organisasi internasional yang memiliki perwakilan di Indonesia.

Kegiatan diawali dengan mengenal lingkungan kerja di SATUNAMA. Setelah selesai berkeliling komplek kantor, Direktur SATUNAMA, Budi Susilo mengucapkan selamat datang dan selamat berproses, dilanjutkan dengan presentasi mengenai kerja-kerja SATUNAMA dibawakan oleh Stella Paramita, Kepala Unit Pengembangan Program (PP).

Stella menjelaskan sejarah berdirinya SATUNAMA sampai pada kerjasama-kerjasama yang pernah di lakukan SATUNAMA dengan NGO internasional dan kerjasama yang masih berjalan sampai saat ini. Misereor, UNDEF, KAS-Jerman, dan USAID merupakan beberapa contoh kerjasama SATUNAMA dengan NGO internasional.

Pertanyaan yang muncul lebih banyak mengenai kinerja dan kebijakan-kebijakan yang diterapkan dalam kerjasama SATUNAMA dengan NGO internasional, sampai cerita mengenai keberadaan relawan asing maupun relawan dari Indonesia di SATUNAMA. Mahasiswa juga menanyakan peluang menjadi relawan di SATUNAMA untuk menambah pengalaman. Untuk hal ini, mereka dipersilakan langsung menghubungi bagian Personalia SATUNAMA. (YR)

(Visited 113 times, 1 visits today)
Sebarkan:Tweet about this on TwitterShare on Facebook0Share on Google+0Share on Tumblr0Email this to someone

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*