Belajar Tanaman Obat di Gunung Kelir

Sebarkan:Tweet about this on TwitterShare on Facebook0Share on Google+0Share on Tumblr0Email this to someone

Satunama.org – Paska kegiatan orientasi dan live in di Muncar, Banyuwangi, mereka mengunjungi kelompok masyarakat lain yang didampingi oleh SATUNAMA yang berlokasi di Gunung Kelir, Kulon Progo. Gunung kelir merupakan sebuah desa yang letakkanya masih dalam kawasan pengunungan Menoreh, lokasinya di sisi barat Kabupaten Kulon Progo berbatasan dengan Kabupaten Purworejo. Letaknya di wilayah dataran tinggi dan sebagian matapencaharian masyarakatnya adalah petani. Di balik kesederhanaan masyarakatnya, ada potensi besar yang dapat dikembangkan di Gunung Kelir, yaitu mengenai tanaman obat. Di Gunung Kelir ditemukan berbagai macam jenis-jenis tanaman obat yang tidak akan ditemukan di wilayah lainnya, dan itu sangatlah potensial untuk bisa dikembangkan dan dikelola menjadi pertanian tanaman obat, maka terbentuklah Paguyuban Petani Tanaman Obat (PPTO) di Gunung Kelir.

Di Gunung Kelir, teman-teman mahasiswa ini diajak untuk berinteraksi langsung dan tinggal bersama masyarakat Gunung Kelir. Mereka belajar dan mengenal tentang tanaman obat, berdiskusi dengan para anggota PPTO mengenai sejarah terbentuknya PPTO, perkembangannya sampai saat ini dan kendala-kendala yang mereka hadapi dalam mengembangkan pertanian tanaman obat. Mereka juga di ajak untuk langsung mempraktekkan cara penanaman tanaman obat di kebun masyarakat. Melalui berbagai kegiatan yang dilakukan, mahasiswa ini semakin memahami kerja-kerja development di tingkat basis (di tingkat masyarakat).

Berada di Gunung Kelir merupakan pengalaman tak terlupakan bagi teman-teman mahasiswa Melbourne University. Bersama PPTO mereka saling bertukar ilmu satu sama lain dan berharap kehadiran mereka memberi motivasi kepada seluruh warga Gunung kelir agar semakin memperkuat eksistensi PPTO, selain juga mendukung kehadiran SATUNAMA ditengah-tengah warga masyarakat Gunung Kelir. Rekomendasi dan sharing terkait pengalaman di Gunung Kelir telah disampaikan dalam diskusi dengan tim pendampingan SATUNAMA dan perwakilan utusan kelompok dampingan sekembalinya mereka dari Gunung Kelir.

———

  1. Australian Volunteers International dan SATUNAMA
  2. Mengisi Amunisi Sebelum Terjun Ke Lapangan
  3. Melbourne University Goes to Muncar
  4. Belajar Tanaman Obat di Gunung Kelir
  5. Salam Perpisahan
(Visited 111 times, 1 visits today)
Sebarkan:Tweet about this on TwitterShare on Facebook0Share on Google+0Share on Tumblr0Email this to someone

1 Comment

1 Trackback / Pingback

  1. Salam Perpisahan : SATUNAMA

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*