Melbourne University Goes to Muncar

Sebarkan:Tweet about this on TwitterShare on Facebook0Share on Google+0Share on Tumblr0Email this to someone

Satunama.org – Paska mengikuti sesi orientasi di SATUNAMA, kelompok mahasiswa dari Universitas Melbourne mengunjungi sekaligus tinggal di daerah dampingan SATUNAMA di Muncar, Banyuwangi. Muncar merupakan salah satu kecamatan di kabupaten Banyuwangi, propinsi Jawa Timur. Muncar dikenal sebagai bandar ikan laut terbesar kedua di Indonesia. Sebagian besar mata pencaharian masyarakat adalah nelayan. Industri pengolahan hasil laut berkembang di Muncar. Persoalan-persoalan yang muncul di daerah tersebut terkait dengan industri dan pencemaran laut.

Teman-teman mahasiswa ini merasa beruntung bisa berada di Muncar, selama 6 hari keberadaannya di sana, mereka berinteraksi dengan masyarakat secara langsung melalui berbagai macam kegiatan. Kegiatan ini difasilitasi oleh komunitas SATUHATI.

SATUHATI merupakan komunitas dampingan SATUNAMA. Kegiatan yang mereka lakukan mulai dari melakukan wawancara langsung, diskusi bersama komunitas-komunitas masyarakat setempat sampai pada melakukan kunjungan ke pihak aparat pemerintah Muncar.

Semua kegiatan ini dilakukan dalam rangka untuk lebih memahami kerja-kerja development di tingkat basis (ditingkat masyarakat). Keberadaan komunitas SATUHATI sangat membantu mereka untuk menyelami lebih dalam tentang karakteristik masyarakat di Muncar dan menggali informasi yang penting mengenai situasi teraktual yang terjadi di Muncar. Dalam setiap FGD yang mereka lakukan setiap hari bersama teman-teman SATUHATI, mereka bisa saling berbagi pengalaman dan ilmu mengenai cara-cara kerja komunitas SATUHATI di dalam masyarakat.

Waktu yang singkat di Muncar tetap memberikan kesan mendalam bagi teman-teman mahasiswa ini dan juga bagi masyarakat Muncar. Kehadiran mereka ternyata memotivasi warga untuk semakin memperkuat SATUHATI dan konsolidasi warga masyarakat sendiri, sekaligus mendukung SATUNAMA hadir secara langsung di tengah-tengah warga. Rekomendasi dan sharing pengalaman disampaikan dalam diskusi dengan tim pendamping SATUNAMA dan perwakilan utusan kelompok dampingan sekembalinya mereka dari Muncar.

———

  1. Australian Volunteers International dan SATUNAMA
  2. Mengisi Amunisi Sebelum Terjun Ke Lapangan
  3. Melbourne University Goes to Muncar
  4. Belajar Tanaman Obat di Gunung Kelir
  5. Salam Perpisahan
(Visited 158 times, 1 visits today)
Sebarkan:Tweet about this on TwitterShare on Facebook0Share on Google+0Share on Tumblr0Email this to someone

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*