Mengisi Amunisi Sebelum Terjun Ke Lapangan

Sebarkan:Tweet about this on TwitterShare on Facebook0Share on Google+0Share on Tumblr0Email this to someone

Satunama.org – Delapan orang mahasiswa dari Universitas Melbourne belajar dan sharing pengalaman mengenai kerja-kerja pemberdayaan masyarakat. Mahasiswa terlebih dahulu dibekali dengan gambaran umum kondisi di Indonesia dan mengenalkan tentang SATUNAMA.

Beberapa konsep yang diperkenalkan adalah 3R’s (Right-Respects- Resiliency) dan KLMTD (Kecil, Lemah, Miskin, Tertinggal dan Difable), yang merupakan spirit dan nilai-nilai yang dianut SATUNAMA dalam kegiatan pendampingan. Hal ini penting agar dalam keterlibatannya di masyarakat melalui kegiatan fieldtrip mereka berpegang pada spirit dan nilai-nilai SATUNAMA, dengan tetap memperhatikan disiplin ilmu mereka dalam mengupayakan kontribusi pemikiran mereka bagi masyarakat dampingan.

Dalam orientation meetings mereka mulai membahas mengenai elemen-elemen apa saja yang akan diamati ketika mereka akan melakukan fieldtrip nanti. Sebelum diskusi ini terjadi mereka terlebih dahulu mendapat gamabaran umum mengenai kondisi masyarakat Muncar dan Gunung Kelir (lokasi fieldtrip) dari para pendamping SATUNAMA, berdasarkan informasi tersebut mereka mulai melakukan brainstorming, mengadakan pemetaan kondisi dan analisa awal, dengan melihat dari faktor geografis, latar belakang pendidikan, sektor mata pencarian, aktifitas keseharian masyarakat, sampai ke isu-isu permasalahan lingkungan yang terjadi di kawasan tersebut.

Dari pemetaan kondisi tersebut di atas mereka mulai merencakanan apa yang akan menjadi obyek pengamatan dan data-data pendukung apa yang harus mereka dapatkan selama kegiatan fieldtrip. Fieldtrip ini dilakukan di 2 (dua) daerah dampingan SATUNAMA, yaitu di Kabupaten Muncar, Jawa Timur dan desa Gunung Kelir, Kabupaten Kulon progo, DIY.

Hasil observasi yang dilakukan langsung di daerah dampingan ini diharapkan melahirkan rekomendasi-rekomendasi yang bermanfaat dan memberikan kontribusi pemikiran yang menjadi solusi bagi permasalahan-permasalahan yang mereka temukan di daerah dampingan dan diharapkan kehadiran mahasiswa ini dapat memotivasi komunitas dampingan dan juga memperkaya gagasan untuk pendampingan lapangan dan pengembangan program SATUNAMA.

———

  1. Australian Volunteers International dan SATUNAMA
  2. Mengisi Amunisi Sebelum Terjun Ke Lapangan
  3. Melbourne University Goes to Muncar
  4. Belajar Tanaman Obat di Gunung Kelir
  5. Salam Perpisahan
Print Friendly, PDF & Email
(Visited 98 times, 1 visits today)
Sebarkan:Tweet about this on TwitterShare on Facebook0Share on Google+0Share on Tumblr0Email this to someone

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*