Australian Volunteers International dan SATUNAMA

Sebarkan:Tweet about this on TwitterShare on Facebook0Share on Google+0Share on Tumblr0Email this to someone

Satunama.org – Australian Volunteers International (AVI) merupakan sebuah lembaga yang menghubungkan orang-orang dan organisasi-organisasi internasional untuk saling belajar mencapai tujuan bersama melalui kegiatan kerelawanan yang berpusat pada program ataupun project pembangunan di berbagai negara.

Salah satu program yang sedang dijalankan oleh AVI adalah Community Volunteering Internship for Change-Global. Ini adalah pilot project yang diadakan di Indonesia. Untuk memfasilitasi pelaksanaan program mereka , AVI bekerjasama dengan SATUNAMA, sebagai mitra program.

SATUNAMA dianggap telah memiliki pengalaman dalam mengembangkan, mengelola dan melaksanakan program relawan baik lokal maupun internasional dan SATUNAMA juga memiliki sejumlah program yang beragam yang akan memungkinkan siswa untuk mengalami dan belajar dari berbagai kegiatan dan pendekatan tentang pembangunan di Indonesia.

Program ini dimulai tanggal 7 Januari 2014 dan akan berakhir pada tanggal 14 Februari 2014. Diikuti oleh 8 (delapan) orang mahasiswa dari Melbourne University dan seorang pendamping. Mahasiswa yang terdaftar dalam program ini dipilih secara kompetitif melalui rekruitmen oleh AVI di Melbourne, yang bekerjasama dengan Fakultas Seni Melbourne University.

Mahasiswa ini berasal dari disiplin ilmu yang berbeda-beda, mulai dari studi antropologi, ilmu politik international, kebijakan publik dan manajemen serta studi tentang Asia dan politik international. Bahkan ada beberapa dari mereka yang sebelumnya telah memiliki pengalaman sebagai volunter di negara lain. Selama hampir 6 (enam) minggu di Indonesia, ke-8 mahasiswa ini belajar bersama masyarakat setempat melalui kegiatan fieldtrip di 2 (dua) lokasi yang berbeda, yang mana lokasi tersebut merupakan daerah dampingan dari SATUNAMA.

Dari program ini diharapkan mahasiswa ini memiliki pemahaman lebih dalam terhadap isu-isu development, khususnya di Indonesia dan dapat memberikan kontribusi ketika mereka melakukan interaksi langsung dengan masyarakat setempat. Dan SATUNAMA sebagai lembaga yang berkomitmen pada knowledge sharing berharap bahwa melalui kerjasama ini, SATUNAMA tidak saja bisa berbagi pengetahuan dan pengalaman mengenai kerja-kerja NGO/development di Indonesia tetapi juga mendapatkan insight dari mereka berdasarkan disiplin ilmu masing-masing.

———

  1. Australian Volunteers International dan SATUNAMA
  2. Mengisi Amunisi Sebelum Terjun Ke Lapangan
  3. Melbourne University Goes to Muncar
  4. Belajar Tanaman Obat di Gunung Kelir
  5. Salam Perpisahan
(Visited 244 times, 1 visits today)
Sebarkan:Tweet about this on TwitterShare on Facebook0Share on Google+0Share on Tumblr0Email this to someone

1 Trackback / Pingback

  1. Salam Perpisahan | SATUNAMA

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*