SATUNAMA Lakukan Pendampingan Anak dan Assessment Ketangguhan Bencana di Lumajang

Satunama.org.- Yayasan SATUNAMA Yogyakarta memberikan bantuan untuk Desa Sumberwuluh, Lumajang, Jawa Timur pada Senin (12/1/2021) sebagai respon terhadap bencana erupsi Gunung Semeru. Bantuan tersebut disalurkan melalui program PFBangkit 2020 bersama dengan Pertamina Foundation.

Kegiatan pemberian bantuan ini berlangsung selama 3 (tiga) hari, yang tidak hanya sekedar pemberian dukungan fisik, namun juga berupa bimbingan trauma healing atau pemulihan trauma untuk anak-anak yang terdampak. Banjir lahar dingin Semeru yang terjadi di Desa Sumberwuluh dalam kurun waktu satu bulan terakhir memilik dampak secara psikologis kepada masyarakat terutama anak-anak.

Kejadian banjir lahar dingin Semeru tersebut cukup membuat resah masyarakat, terutama yang bermukim di sepanjang areal sekitar tanggul mulai dari Dusun Kamarkajang, Dusun Kebondeli Utara, sampai Dusun Kebondeli Selatan.

Dimas Ariyanto dari SATUNAMA Yogyakarta mengatakan bahwa tujuan utama dari program ini adalah untuk memberikan dukungan kepada warga yang rentan secara psikologis terutama anak-anak. “Kami datang untuk memberikan dukungan kepada anak-anak yang mengalami trauma dampak adanya bencana erupsi maupun banjir lahar dingin Semeru, kami memberikan trauma healing kepada anak-anak, agar mental dan psikologis mereka pulih kembali”ujar Dimas.

Dimas menambahkan bahwa SATUNAMA pada tahap awal ini memberikan trauma healing di 2 (dua) tempat yakni di Dusun Kebondeli Selatan dan Dusun Kebondeli Utara. Selain itu, SATUNAMA juga berkoordinasi dengan pihak desa untuk melakukan olah data dan inventaris untuk kebutuhan pemberian bantuan.

Dimas berharap bahwa apa yang dilakukan oleh Yayasan SATUNAMA dan Pertamina Foundation mampu memberikan manfaat dan mampu membantu anak-anak di sekitar Gunung Semeru. “Semoga apa yang kami lakukan ini bias membantu membuat anak-anak ceria kembali dan dapat beraktifitas seperti biasanya.“ tuturnya.

Selain itu, SATUNAMA juga melakukan assesmen ketangguhan bencana pasca erupsi Gunung Semeru bersama relawan, satgas, dan perangkat Desa Sumberwuluh. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan koordinasi bersama Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan Kabupaten Lumajang terkait program yang akan dilaksanakan di Desa Sumberwuluh.

Samsul Arifin selaku Sekertaris Desa Sumberwuluh mengapresiasi program yang dilakukan oleh SATUNAMA bersama Pertamina Foundation yang telah melakukan kegiatan trauma healing di desanya, “Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada SATUNAMA yang jauh – jauh datang dari Jogjakarta untuk memberikan motivasi kepada anak – anak kami yang mengalami trauma karena erupsi dan banjir lahar dingin Semeru,” tutur Samsul. [Penulis : Azrina Sabilla (Media Intern/UGM Yogyakarta. Editor : A.K. Perdana. Foto : Annisa Dani (Media Intern/ ISI Surakarta)]

Satu pemikiran pada “SATUNAMA Lakukan Pendampingan Anak dan Assessment Ketangguhan Bencana di Lumajang”

Tinggalkan komentar

English EN Bahasa Indonesia ID
%d blogger menyukai ini: