Mendorong Pemenuhan Kebutuhan Lansia

Mendorong Pemenuhan Kebutuhan Lansia

Orsos Mlati  mengadakan pelatihan dan pendampingan untuk menangani lansia (lanjut usia) terlantar yang ada di Desa Sendangadi. Pelatihan pendampingan yang dilakukan selama dua hari pada Selasa dan Rabu, 3-4 November 2015 ini dilaksanakan di Kelas Besar Yayasan SATUNAMA, Jl. Sambisari No. 99 Duwet, Sendangadi, Mlati, Sleman Yogyakarta. Pelatihan pendampingan ini difasilitasi langsung oleh praktisi kesehatan, dr. Probo Suseno, S. Ppd konsultan Triarti, Puskesmas Mlati dan Orsos Mlati sendiri.

Parjiono wakil ketua ORSOS Mlati mengatakan, Orsos Mlati merupakan sebuah lembaga sosial yang ada di pemerintahan Sendangadi yang fokus menangani Lansia (lanjut usia) terlantar. “Pendampingan pada lanjut usia (lansia) fokus pada Desa Sendangadi, kemudian akan dikembangkan di kecamatan yang ada dalam jangkauan.” Ujar Parjiono.

Sejauh ini pendampingan pada lanjut usia (lansia) sudah dilakukan di Desa Sumberadi yang masih satu kecamatan, kemudian juga di Desa Triarjo Kecamatan Sleman. “Namun kita terbatas karena baru ada tiga pendampingan. Jadi jangkauan belum terlalu banyak”. Tambahnya

Menurut Parjiono, tujuan pendampingan ini untuk meningkatkan kapasitas pendamping dalam menangani lanjut usia (lansia). “Peserta pendampingan dari kader-kader yang direkrut dan dilatih untuk menjadi pendamping di sekitar wilayah lanjut usia. Dari setiap pedukuhan ada pendamping satu atau dua orang, tergantung jumlah lanjut usia di pedukuhan tersebut.” Jelasnya.

Parjiono berharap dengan adanya pendampingan ini lansia-lansia yang terlantar bisa ditangani dengan baik, baik dari segi makanan maupun kesehatannya.

Penulis : Rusdiyanto (Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)
Editor : Ariwan K. Perdana

Print Friendly, PDF & Email
(Visited 255 times, 1 visits today)

Leave a Comment

Translate »