Sosialisasi Kesehatan Jiwa Jelang Cuti Kepulangan Warga Dampingan

Sosialisasi Kesehatan Jiwa Jelang Cuti Kepulangan Warga Dampingan

SATUNAMA melalui Departemen Kesehatan Jiwa dan Disabilitas mengadakan sosialisasi tentang Kegiatan Cuti bagi Warga Dampingan (WD) yang saat ini di rehabilitasi di Rumah Pembelajaran Kesehatan Jiwa (RPKJ).

Kegiatan Cuti merupakan salah satu tahapan pemulangan WD ke keluarga dan lingkungan. Tujuan sosialisasi ini adalah untuk memberikan pemahaman dan menyiapkan keluarga untuk menerima ODGJ yang akan cuti selama 7 (tujuh) hari. Hasil yang diharapkan dari kegiatan cuti ini adalah untuk memastikan bahwa fungsi sosial yang sudah berjalan dengan baik selama direhabilitasi di RPKJ, terus dilakukan hal yang sama di rumahnya.  

Kegiatan ini dilakukan di wilayah RW 04 Surokarsan, Kelurahan Wirogunan, Kecamatan Mergangsan, Kota Yogyakarta pada 26 Pebruari 2020, yang dihadiri oleh keluarga ODGJ, warga tetangga sekitar tempat tinggal WD, Ketua RT, Ketua RW, Kader Kampung, Programer Kesehatan Jiwa dari Puskesmas Mergangsan dan perwakilan dari Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta.  

Kesehatan jiwa merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kesehatan seseorang dari aspek fisik, mental, spiritual, dan sosial. Individu yang sehat dapat menyadari kemampuan sendiri, dapat mengatasi tekanan, dapat bekerja secara produktif, dan mampu memberikan kontribusi untuk komunitasnya (UU RI No. 18 tahun 2014).

Oleh karenanya, dalam kegiatan ini, SATUNAMA berharap ada dukungan yang baik dari peserta yang hadir, terutama penerimaan sosial yang baik untuk kegiatan cuti yang akan dilaksanakan pada bulan Maret 2020. [Berita & Foto : Karel Tuhehay & Doddy Kaliri]

Tinggalkan komentar

English EN Bahasa Indonesia ID
%d blogger menyukai ini: