Mama-mama Distrik Kokas, Rintis Kemandirian Ekonomi

Mama-mama Distrik Kokas, Rintis Kemandirian Ekonomi

Satunama.org – Distrik Kokas, Kabupaten Fakfak. (4/4/2019) Sebanyak 22 Orang pelaku usaha kecil di Distrik Kokas, Kabupaten Fakfak yang bergabung dalam Koperasi Memem Urag Kokah menandai perjuangan memandirikan ekonomi keluarga melalui peresmian warung makan milik anggota kelompok di Distrik Kokas, Kabupaten Fakfak.

Warung Makan Memem Urag Kokah dikelola oleh kelompok mama-mama berasal dari empat kampung di Distrik Kokas yaitu Kampung Sisir, Kelurahan Kokas Kota, Kampung Sekar dan Kampung Sosar. Sebagian besar anggota merupakan adalah ibu rumah tangga yang memiliki usaha jualan kue, jualan ikan, jualan BBM, Usaha kios dan berjualan sayur mayur.

Kepala Dinas Koperasi daKoperasi Memem Urag Kokah2n UKM Kabupaten Fakfak Yohana Dina Hindom secara melakukan pemotongan pita untuk menandai dimulainya usaha warung makan, Kamis 4 April 2019, Dalam sambutannya Kepala Dinas Koperasi menyampaikan apresiasi terhadap usaha yang telah dijalankan oleh mama-mama di Distrik Kokas, segera setelah peresmian, tim dari Dinas Koperasi dan UKM akan ditugaskan untuk melakukan pembinaan kepada pengurus koperasi.

Sementara itu Ahmad Lie, perwakilan Tim Ekonomi BP Tangguh yang turut menghadiri peresmian tersebut menyampaikan dengan keberadaan warung makan yang dikelola oleh kelompok mama-mama, akan memudahkan pegawai perusahaan yang singgah di Kokas menemukan tempat untuk makan, sembari menunggu boat yang akan mengantarkan atau menjemput dari lokasi kerja. Sebelum mendirikan bentuk usaha warung makan sebagian besar anggota telah mengikuti kegiatan peningkatan kapasitas tentang pengelolaan usaha diselenggarakan oleh Yayasan SATUNAMA Yogyakarta, Sementara sarana dan prasarana warung mendapatkan dukungan penuh dari Team ekonomi BP Tangguh.

Koperasi telah memiliki simpanan anggota sebesar Rp. 4.700.000, berasal dari simpanan pokok dibayarkan satu kali saat mendaftar menjadi anggota Rp.100.000, sementara simpanan wajib yang disepakati adalah Rp.50.000 per bulan. Sementara anggota koperasi berjumlah 22 orang terdiri dari tiga orang pengurus dan tiga orang penasehat serta anggota sebanyak 16 orang.

Kontak Person :
Ganda Kristianto (Pendamping) – 0813 9250 5577
Hj.Siti Nuraini Baraweri (Ketua Kelompok) – 0812 4846 0219

Print Friendly, PDF & Email
(Visited 7 times, 1 visits today)

Leave a Comment

Translate »