Komunike Bersama, Sumbangsih Jogja untuk KSI

Jambore Sungai Indonesia ke -2 di Yogyakarta
Sebarkan:Tweet about this on TwitterShare on Facebook0Share on Google+0Share on Tumblr0Email this to someone

Yogyakarta, 6 September 2017. Tertundanya penandatanganan komunike bersama saat sesi Seminar Nasional “Membangun Komitmen antar Stakeholder dalam Pengelolaan Sungai” pada Jambore Sungai (26/08) yang lalu menjadi salah satu rekomendasi jaringan komunitas sungai Yogyakarta pada pertemuan refleksi-evaluasi penyelenggaraan Jambore Sungai di Ledok Gebang Angler Fish Restaurant, Krajan, Wedomartani, Ngemplak, Sleman. (Rabu, 06/09).

Rumusan komunike itu menjadi bingkisan Jogja untuk Kongres Sungai Indonesia (KSI) ketiga. Demikian kesimpulan pertemuan evaluasi, seperti yang disampaikan oleh Endang Rohjiani, Ketua Asosiasi Komunitas Sungai Yogyakarta, AKSY, bahwa Jambore Sungai kedua ini harus memberikan usulan-usulan strategis dan praksis untuk KSI.

“Jambore Sungai Yogyakarta harus memberikan usulan-usulan strategis dan praksis untuk KSI ketiga, salah satunya rumusan Komunike Bersama tentang komitmen sinergitas antar para pemangku kepentingan dalam pengelolaan sungai”, terang Endang.

Naskah Komunike Bersama, setelah tertunda penandatanganannya oleh para pemangku kepentingan (pemerintahan, perguruan tinggi, organisasi masyarakat sipil, dan jejaring komunitas sungai) pada Jambore Sungai Yogyakarta (26/08/2017) yang lalu, jejaring komunitas sungai dan organisasi masyarakat sipil Yogyakarta akan menggelar dialog lanjutan untuk penandatanganan. (Foto : Frysa)

Demikian Ema Vidiastuti Utami dari SATUNAMA Yogyakarta, menurutnya Jambore Sungai Yogyakarta merangkum banyak informasi dan gagasan yang terangkum dalam setiap sesinya, dan harus bisa menjadi salah satu sumbangsih Yogyakarta untuk KSI ketiga.

“Banyak informasi dan gagasan yang terangkum dalam sesi-sesi Jambore Sungai Yogyakarta, seminar, workshop, sekolah sungai, dan sarasehan, ini harus jadi salah satu sumbangsih Jogja untuk KSI ketiga, salah satunya kan kita punya rumusan Komunike Bersama”, ungkap Ema.

Seperti yang sudah diinformasikan, bahwa komunike bersama yang merupakan rumusan strategis sebagai rangkuman komitmen sinergitas antar pemangku kepentingan akan dikomunikasikan keberlanjutan pendandatanganannya oleh Jaringan Komunitas Sungai dan Organisasi Masyarakat Sipil Yogyakarta kepada para pemangku kepentingan sebelum penyelenggaraan Kongres Sungai Indonesia, KSI ketiga.

Penyelenggaraan KSI ketiga, menurut informasi dari Presidium KSI akan diselenggarakan pada bulan Desember 2017 di Banjanrmasin, Kalimantan Selatan. (Prabu Ayunda Sora_SATUNAMA / foto : Frysa_FISIPOL UGM).

Unduh Komunike Bersama

Print Friendly, PDF & Email
(Visited 21 times, 1 visits today)
Sebarkan:Tweet about this on TwitterShare on Facebook0Share on Google+0Share on Tumblr0Email this to someone

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*