Edisi Tematik Maret 2017 : Gerakan Perempuan di Indonesia

Dari Dapur Media SATUNAMA
Sebarkan:Tweet about this on TwitterShare on Facebook0Share on Google+0Share on Tumblr0Email this to someone

Gerakan perempuan di Indonesia menjadi salah satu elemen tak terpisahkan dari sejarah bangsa ini. Meski terasa baru bangkit sejak 1998 namun gerakan perempuan di Indonesia sebenarnya sudah menyemburat sejak masa perjuangan untuk kemerdekaan ketika beberapa tokoh perempuan lewat caranya masing-masing ikut berkontribusi terhadap terwujudnya pembebasan dan kemandirian diri dari pengekangan hak dan ruang gerak, perampasan sumber daya dan lain-lain.

Hari ini kita melihat bahwa kiprah gerakan perempuan telah meluas ke berbagai sektor kehidupan bangsa dan negara. Perempuan yang berperan di ranah publik menjadi pemandangan yang semakin jamak dalam perjalanan Indonesia kontemporer lengkap dengan berbagai tantangan yang dihadapinya dalam mewujudkan keadilan dan kesetaraan. Berbagai isu dan sektor menjadi ajang strategi gerakan perempuan untuk mencapai keadilan dan kesetaraan. Tidak sedikit misalnya yang berkiprah di jalur penyelamatan lingkungan, pemberdayaan masyarakat, kesenian, sosial, budaya, pendidikan, hingga politik dan kebijakan.

Edisi Tematik Satunama.org bulan Maret 2017 mengangkat tema Gerakan Perempuan di Indonesia atas pertimbangan di atas. Dalam edisi kali ini Satunama.org menyodorkan artikel utama tentang arah gerakan perempuan. Ada juga goresan opini yang secara singkat membahas secara kronologis sejarah perjuangan kaum perempuan di Indonesia. Dua buah hasil liputan disertakan juga, yaitu tentang inisiasi SATUNAMA dalam membangun Sekolah Politisi Perempuan dan reportase International Women Day (Women March) di Jakarta dan Yogyakarta. Sementara untuk rubrik wawancara, ada salah satu aktivis perempuan Indonesia yang menjadi narasumber kali ini.

Semoga artikel-artikel dalam  edisi kali ini semakin memperluas cakrawala pengetahuan dan kesadaran kita semua tentang berbagai hal yang berkaitan dengan kiprah dan gerakan perempuan. Selamat membaca Edisi Tematik Maret 2017 : Gerakan perempuan di Indonesia. Sampai jumpa dalam Edisi Tematik berikutnya.

Penjaga Dapur Media SATUNAMA

Print Friendly, PDF & Email
(Visited 90 times, 1 visits today)
Sebarkan:Tweet about this on TwitterShare on Facebook0Share on Google+0Share on Tumblr0Email this to someone

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*