Pelatihan Fundraising Operasi Senyap

Pelatihan dan Konsultansi 2017
Fundraising Operasi Senyap 2017
Sebarkan:Tweet about this on TwitterShare on Facebook0Share on Google+0Share on Tumblr0Email this to someone

Satunama.org – Kenapa kami menambahkan kata “Operasi Senyap” dibelakang kata Fundraising ? karena pelatihan ini akan berisikan tentang strategi – strategi rahasia dalam melakukan fundraising. Strategi – strategi rahasia ini merupakan hasil praktek langsung kegiatan fundraising yang telah dilakukan oleh Yayasan SATUNAMA, selama tujuh belas tahun, dan menghasilkan berkembangnya lembaga dan pelayanannya sehingga membutuhkan 53 pekarya penuh waktu dengan beberapa puluh sukarelawan dari dalam maupun luar negeri. Tidak banyak diketahui umum, namun sangat efisien dan efektif. Pelatihan ini, akan difasilitasi oleh Methodius Kusumahadi, salah satu Pendiri Yayasan SATUNAMA yg memimpin dan meletakkan fondasi perkembangan lembaga pada sepuluh tahun pertama.

Tertarik ?

Sedikit bicara tentang teori, dalam sebuah organisasi terdapat 3 pondasi dasar Pertama, adalah visi, kedua, strategi dan ketiga adalah sumberdaya organisasi. Ketiga pondasi itu haruslah saling terhubung kokoh, jika kita menginginkan organisasi yang juga kokoh dan mampu berkembang. Organisasi dengan visi yang baik, dilengkapi dengan strategi tepat, namun tanpa ketersediaan dana yang memadai (resource), maka yang terjadi adalah organisasi itu tidak akan berjalan kemana – mana. Itulah pentingnya ketersedian dana bagi organisasi. Maka menjadi penting untuk melakukan kegiatan fundrasing, dimulai pertama – tama mengikuti pelatihan Fundraising Operasi Senyap.

Hal penting yang pertama, adalah pentingnya organisasi untuk memiliki visibility yang jelas, artinya visi dan misi serta sasaran program sebuah lembaga harus jelas dan tepat sasaran. Informasi ini selayaknya mudah diakses oleh para calon donor melalui berbagai media, sehingga donor teryakinkan bahwa organisasi ini bisa dipercaya. Sertakan juga hasil track record kita, sebagai bentuk praktek nyata dari visi dan misi kita, biarkan donor mengetahui bahwa kita telah berusaha bekerja mewujudkan visi dan misi kita. Kedua, perlihatkan kepada donor kualitas dari sumber daya yang kita miliki. Hal ini bisa disampaikan kepada donor dengan baiknya kualitas laporan kerja kita yang dilaporkan secara periodik, proses administrasi yang transparan dan akuntabel, juga pendokumentasian pekerjaan yang rapi teratur. Ketiga, adalah tentang bagaimana kita melakukan “Operasi Senyap”, strategi ini berkaitan dengan bagaimana mengintegrasikan keinginan donor, dengan berbagai lini dari organisasi yang kita miliki. Untuk lebih jelasnya, silahkan bergabung dalam Pelatihan Fundraising Operasi Senyap.

Tujuan

  • Peserta mengenal dan dapat menerapkan strategi penggalangan dana yang tepat bagi organisasinya sendiri dengan bimbingan fasilitator.
  • Mengaplikasikan sistem “operasi senyap” untuk kelangsungan program kerja dan pendanaan lembaga agar dapat berkelanjutan
  • Lebih inovatif merancang dan menjaga komunikasi yang sehat dengan para calon dan pendukung lembaga.

Metode Workshop dan Pelatihan

Pendekatan yang diterapkan adalah Pendidikan Orang Dewasa, di mana peserta menjadi pusat kegiatan dan pemegang peran utama. Sharing, studi kasus, curah pendapat, diskusi pengalaman, dan learning games menjadi bagian penting di dalam pelatihan ini. Dengan begitu diharapkan, baik hasil workshop maupun pelatihan merupakan hasil bersama, yang berpusat pada peserta.

Diskripsi Materi Pelatihan

  1. Apa itu FR: analisis Organisasi: Visi, Misi, Tujuan, Strategi Pilihan
  2. Mengapa melakukan FR: Analisis Sumberdaya Internal & Eksternal
  3. Bagaimana FR: Memetakan Potensi, Memilih Strategi & Calon Konstituen
  4. Siapa Melakukan Peran Apa (Analisa dan Integrasi Metode)
  5. Langkah – langkah khusus Fundraising Operasi Senyap
  6. Evaluasi Strategi, Pendekatan, Alat dan Sistem kerja

Fasilitator Utama

Methodius Kusumahadi, Post Gradute Progam – Cooperative Management, Loughborough – Leicestershire – Inggris.

Pengalaman :

  • Dosen Fak Peternakan Unsoed – Purwokerto (3 th),
  • Wartawan Majalah Trubus – Jakarta (10 th),
  • Pemasaran ternak Jateng – DIY – Jatim ke Jakarta (2 th),
  • Kapus Pra-Koperasi/UB-Bina Swadaya – Jakarta (10 th),
  • Pengurus Bina Desa – Jakarta (10 th),
  • Pendiri/ Pengurus Yappika Jakarta (10 th),
  • Perwakilan USC-Canada di Indonesia (12 th),
  • Pendiri/Direktur SATUNAMA-Yogyakarta (10 th),
  • Direktur KARINAKAS (3 th).

Hasil Fundraising di SATUNAMA mampu mandiri  14 th tanpa tergantung donor. Kekhasan strategi FR: penggalangan dana masuk ke semua elemen kerja lembaga. Mendampingi 245 LSM Indonesia dan 45 NGO Internasional di Indonesia.Studi banding di 40 Negara.

Peserta

Semua pihak yang peduli terhadap keberlangsungan organisasi, mulai dari staf hingga para pengambil keputusan.

Tempat dan Waktu

Kompleks Pelatihan SATUNAMA,

Jl. Sambisari No. 99, Dusun Duwet RT 07/34 Sendangadi,  Mlati,  Sleman, Yogyakarta 55285. Telp. 0274-867745, 867746, 867747 (200)

Waktu Pelatihan:

Pelatihan dilaksanakan selama 3 hari: 18 – 20 April 2017

Print Friendly, PDF & Email
(Visited 178 times, 1 visits today)
Sebarkan:Tweet about this on TwitterShare on Facebook0Share on Google+0Share on Tumblr0Email this to someone

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*