Serukan Hak Anak Lewat Mural

Guyub Bocah SATUNAMA
Sebarkan:Tweet about this on TwitterShare on Facebook0Share on Google+0Share on Tumblr0Email this to someone

Membangun Gerakan Masyarakat untuk Mendorong Pemenuhan Hak-Hak Anak di Indonesia oleh Guyub Bocah terus-menerus diupayakan, salah satunya dengan strategi kampanye dengan memanfaatkan berbagai media yang edukatif seperti mural.

Dalam acara bertajuk Berseni Berkreasi Suarakan Hak Anak yang dihelat di Kompleks SATUNAMA Jl. Sambisari No 99 Duwet Sendangadi, Sleman, Jumat (3/3) setiap anak yang terlibat menjadi seniman bagi dirinya sendiri dan lingkungannya, untuk merefleksikan pengalaman-pengalamannya yang nyata tentang hak-haknya sebagai anak. Mereka menuangkannya dalam proses berkesenian, berkreasi, berekspresi dan menyuarakannya dengan media mural bersama dengan beberapa seniman di Yogyakarta yang ikut berbagi pengalaman dan berkreasi bersama dengan anak-anak dalam seni mural.

Peserta belajar teknik mengkombinasikan warna dasar untuk menciptakan warna yang ceria. [Foto: Riyadh]
Puluhan anak anggota komunitas Guyub Bocah turut serta dalam kegiatan ini. Tujuan kegiatan ini agar anak-anak yang terlibat dapat bergembira dan belajar bersama dalam berseni, berkreasi, berekspresi untuk menyuarakan Hak-Hak Mereka dengan media mural. Anak-Anak juga akan memiliki ruang untuk menemukan minat dan mengasah bakat mereka. Kegiatan ini juga untuk menciptakan media kampanye Hak-Hak Anak yang edukatif, menarik, bertahan lama, dan mudah diakses oleh khalayak.

Guyub Bocah adalah sebuah jejaring komunitas anak di wilayah Jateng-DIY secara konsisten menyuarakan hak-hak anak. Berbagai kegiatan mulai dari pelatihan hingga anjangsana secara rutin dilakukan. Guyub Bocah melakukan kampanye hak-hak anak, mulai dari membuat poster, buku, memanfaatkan sosial media, hingga berbagai video, mengomunikasikan kepada khalayak dan pembuat kebijakan tentang pentingnya merawat nalar, pengetahuan, kesadaran, dan komitmen untuk terus berupaya dalam pemenuhan Hak-Hak Anak di Indonesia.

Kegiatan mural ini sendiri juga merupakan bagian dari serangkaian kegiatan perayaan Hari Ulang Tahun SATUNAMA ke -19 yang akan jatuh pada 25 Maret 2017.

Penulis : Ariwan K Perdana
Foto-Foto : Riyadh ML

(Visited 73 times, 1 visits today)
Sebarkan:Tweet about this on TwitterShare on Facebook0Share on Google+0Share on Tumblr0Email this to someone

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*