Kalender Pelatihan dan Konsultansi 2017

Pelatihan dan Konsultansi
Sebarkan:Tweet about this on TwitterShare on Facebook0Share on Google+0Share on Tumblr0Email this to someone

UNIT PELATIHAN & KONSULTANSI SATUNAMA

SATUNAMA percaya bahwa pengalaman merupakan salah satu guru terbaik, yang dapat memberikan manfaat kepada orang atau komunitas yang mau menjadi “Komunitas yang belajar” (Learning Community Organization). Berdasarkan semangat itulah SATUNAMA  memberikan pelayanan pelatihan dan konsultasi ke berbagai lembaga, baik  yang berskala internasional, nasional maupun lokal. SATUNAMA mempunyai keyakinan bahwa berbagai pengalaman organisasi dan pendampingan masyarakat yang telah dilakukan SATUNAMA selama puluhan tahun bisa bermanfaat untuk organisasi maupun individu lain. Selain untuk berbagi ilmu dan pengalaman, Unit Pelatihan dan Konsultansi ada dalam rangka strategi mencapai kemandirian keuangan lembaga. SATUNAMA mengembangkan kegiatan yang tetap sejalan dengan visi dan misi lembaga, namun dapat mengupayakan kemandirian financial bagi lembaga.

Sejak didirikan pada tahun 1998, banyak pihak baik individu maupun organisasi atau lembaga-lembaga yang telah mengikuti pelatihan di SATUNAMA. Selain memberikan layanan berupa pelatihan, SATUNAMA juga memberikan layanan konsultansi bagi mitra-mitra SATUNAMA. Layanan ini diberikan oleh staf-staf SATUNAMA yang berpengalaman dan mempunyai kapasitas di bidangnya, hal ini juga memberikan tantangan baru kepada staf-staf SATUNAMA agar dapat mengotimalkan kapasitas yang ada pada dirinya. Dalam memberikan layanan terbaik, Pelatihan dan Konsultansi SATUNAMA  juga dilakukan oleh anggota asosiasi yang terdiri dari alumni, anggota organ dan konsultan lain yang mempunyai visi yang selaras.

Ada 5  (lima) jenis  pelatihan yang diselenggarakan SATUNAMA, yaitu :

  1. Pengembangan dan manajemen organisasi, kelembagaan dan keuangan.
  2. Managemen program
  3. Pemberdayaan masyarakat
  4. Jaringan dan media
  5. Pengembangan wawasan dan nilai/ GNH

Dari jenis-jenis pelatihan yang disebut di atas, Unit Pelatihan dan Konsultansi memiliki 3 macam layanan, yaitu Pelatihan Reguler, Pelatihan Desain Khusus dan Konsultansi.

Tahun 2016 kemarin telah terselenggara 7  kali pelatihan reguler, 14 kali pelatihan desain khusus, 15 kali konsultansi dengan berbagai instansi, dan 1 kali OJT (magang) kesemuanya dengan tema yang beragam.

LAYANAN UNIT PELATIHAN DAN KONSULTANSI SATUNAMA

Unit Pelatihan dan Konsultansi memiliki 3 macam layanan, yaitu

  1. Pelatihan Reguler,
  2. Pelatihan Desain Khusus (Tailor Made Training), dan
  3. Konsultansi

Pelatihan Reguler

Pelatihan Reguler merupakan pelatihan yang diadakan di Balai Latihan SATUNAMA, yang telah terjadwal selama 1 (satu) tahun. Anda dapat melihat informasi lebih detail mengenai jadwal pelatihan reguler ini dalam laman Kalender Pelatihan 2017.

Pelatihan Desain Khusus

Dalam Pelatihan Desain Khusus (Tailor Made Training) dilakukan dengan beberapa metode, yaitu :

  1. Pelatihan, baik di dalam kelas maupun di luar kelas (dengan metode live in). Pelatihan dibuat berdasarkan kebutuhan spesifik dari penerima layanan yang tidak bisa dipenuhi dari jadwal pelatihan reguler. Penerima layanan bisa mengirimkan Kerangka Acuan Kegiatan (KAK) tentang jenis pelatihan yang mereka butuhkan, kemudian Unit Training dan Konsultansi akan mengembangkan KAK menjadi sebuah proposal lengkap dengan alur materi, rencana budget dan jadwal tentatif.
  2. On The Job Training (OJT) / magang,  memberikan kesempatan kepada peserta OJT untuk belajar sekaligus mempraktekkan pengetahuan yang Ia dapat dari proses ini, sifatnya lebih intensif.
  3. Training of Trainer (ToT), peningkatan kapasitas yang diberikan untuk para calon trainer, dan
  4. Training of Fasilitator (ToF), peningkatan kapasitas yang diberikan untuk para calon fasilitator.

Konsultansi

Konsultansi merupakan layanan yang diberikan kepada penerima layanan secara In-house training. Penerima layanan dapat mengirimkan Kerangka Acuan Kegiatan (KAK) kepada Unit Pelatihan dan Konsultansi, kami kembangkan dalam proposal, lengkap dengan Daftar Riwayat calon fasilitator. Saat kesepakatan dicapai, maka Unit Pelatihan dan Konsultansi mengirimkan fasilitator untuk memberikan fasilitasi di lokasi yang telah ditentukan.

Jenis fasilitasi yang bisa diberikan dalam konsultansi ini bisa berupa :

  1. Pelatihan,
  2. Workshop,
  3. Coaching,
  4. Technical assistance (TA).

Ada 5  (lima) tema  pelatihan yang diselenggarakan SATUNAMA, yaitu :

  1. Pengembangan dan manajemen organisasi, kelembagaan dan keuangan.
  2. Manajemen program
  3. Pemberdayaan masyarakat
  4. Jaringan dan media
  5. Pengembangan wawasan dan nilai/ GNH

 

Hubungi Kami :

Email     : training@satunama.org

Kontak : +62 857 2682 4676 (Rossy)

+62 813 2879 9867 (Kantri)

Kantor  : Kompleks SATUNAMA, Jalan Sambisari No.99 Duset, Sendangadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta   55285 (0274) 867745, 867747, 867747 ext. 710

Jadwal Pelatihan 2017 SATUNAMA

Print Friendly, PDF & Email
(Visited 495 times, 1 visits today)
Sebarkan:Tweet about this on TwitterShare on Facebook0Share on Google+0Share on Tumblr0Email this to someone

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*