satunamasatunamasatunama

Pelatihan Intensif Masyarakat Penggerak Sorong Selatan

Belajar dan Berdinamika Bersama Masyarakat Clapar

rabadi-community-organizing
Sebarkan:Tweet about this on TwitterShare on Facebook0Share on Google+0Share on Tumblr0Email this to someone

Selama 3 hari 2 malam para peserta Pelatihan Intensif Masyarakat Penggerak Sorong Selatan, diajak berdinamika dengan masyakarat Clapar, Kulonprogo, Yogyakarta. Kegiatan yang dilangsungkan sejak Senin (1/2) sampai Rabu (3/2) ini diikuti oleh 8 peserta.

“Praktek terjun langsung ke lapangan tentu menjadi pengalaman berharga bagi para peserta. Mereka disiapkan untuk hidup bersama masyarakat Sorong Selatan. Dengan kegiatan ini, kami dari panitia berharap, mereka bisa berdinamika dengan masyarakat dan tahu bagaimana metode tepat untuk mendekati masyarakat.” Ujar Teguh, salah satu panitia pelatihan.

Pelatihan Sorong Selatan - Clapar

Para peserta pelatihan membaur bersama warga Clapar, Kulonprogo, Yogyakarta. Metode tinggal bersama bersama komunitas dimaksudkan sebagai cara untuk membuat peserta pelatihan mengenal masyarakat dengan segenap potensinya. [Foto: Eugenia Krisnadya/SATUNAMA]

Peserta  pelatihan ini disiapkan untuk membangun masyarakat Sorong Selatan. Dalam membangun masyarakat tentu tidak bisa sembarangan. Harus tahu bagaimana mendekati masyarakat dan juga harus tahu ke arah mana akan membangun masyarakat. Teori saja tidak akan cukup, butuh praktek untuk memahami hal ini. Kegiatan ini untuk melatih mengamati masyarakat dengan jeli, bagaimana pola interaksi masyarakat, bagaimana metode tepat untuk berdinamika dengan masyarakat, bagaimana cara membuat masyarakat bisa maju.

“Peserta disebar di beberapa rumah warga, supaya mereka secara mandiri bersosialisasi dengan masyarakat. Dengan tinggal di rumah-rumah warga, mereka ikut menjadi masyarakat, sehingga lebih mudah berdinamika dengan masyarakat” Jelas Kantri Sekar, pemimipin pelatihan.

Salah satu peserta pelatihan, Virly, mengatakan bahwa kegiatan selama beberapa hari ini sangat menantang. “Tiap hari ada tantangan baru. Kondisi alam di sini tentu berbeda dengan kondisi alam tempat asal saya, jadi ada tantangan untuk beradaptasi di sini.” Ujarnya.

“Ada banyak yang dapat diambil dari kegiatan ini. Kami diajak melihat secara langsung sikap kekeluargaan dan gotong royong masyarakat Clapar. Hidup sederhana dan berbaur dengan masyarakat ternyata menyenangkan. Kegiatan ini makin menyiapkan mental kami untuk terjun langsung ke masyarakat Sorong Selatan.” Tambah Engel, peserta lainnya.

Beberapa warga yang ‘dititipi’ peserta Pelatihan Intensif Masyarakat Penggerak Sorong Selatan sama sekali tidak keberatan dengan kedatangan para peserta pelatihan. Dengan tangan terbuka, para warga siap mengajak para peserta pelatihan menjadi warga Clapar.

“Mereka malah membantu saya, salah satunya masak di dapur. Mereka juga banyak cerita pengalaman-pengalaman mereka, juga bercerita tentang daerah asal mereka. Dengan cerita-cerita mereka, saya jadi tahu banyak hal. Bukan mereka saja yang belajar dari kami, kami juga belajar dari mereka.” Ujar Ibu Sri, salah satu warga.[]

Penulis : Eugenia Krisnadya (Volunteer di SATUNAMA)
Editor : Ariwan K Perdana

(Visited 119 times, 1 visits today)
Sebarkan:Tweet about this on TwitterShare on Facebook0Share on Google+0Share on Tumblr0Email this to someone

Leave a comment

Your email address will not be published.


*