Berbagi Pengetahuan dan Pengalaman dengan Radio Komunitas Timor Leste

Sebarkan:Tweet about this on TwitterShare on Facebook0Share on Google+0Share on Tumblr0Email this to someone

Satunama.org – Sejak tanggal 3 November 2014 yang lalu, sebanyak 10 (sepuluh) orang perwakilan radio komunitas di 9 (sembilan) distrik di Timor Leste, mengikuti Pelatihan Sumber Daya Radio Komunitas Timor Leste di Wisma Nova, SATUNAMA di Dusun Duwet, Desa Sendangadi, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kesepuluh orang partisipan terdiri dari anggota dewan radio komunitas dan para manajer radio komunitas. Pelatihan yang akan berlangsung sampai dengan 28 November 2014 ini diselenggarakan oleh SATUNAMA bekerja sama dengan Community Radio Center (CRC) dari State Secretary for Social Communication Democratic Republic of Timor Leste.

SAT-RaKomTL-201411-610x300

Dalam pembukaan pelatihan pada Senin, 3 November 2014, FX. Bima Adimoelya, Direktur SATUNAMA, menyambut kedatangan partisipan pelatihan dengan menekankan bahwa rakyat miskin harus dibela, termasuk oleh radio komunitas. Sementara itu, ada kenyataan tidak mudah menemukan kawan yang bisa dan mau terlibat di radio komunitas. Pelatihan diharapkan menjadi ruang berbagi pengalaman dan kekuatan sehingga radio komunitas Timor Leste bisa memperkuat posisi rakyat di Timor Leste. Dalam sambutannya, Luis Evaristo Soares dos Santos, Director of Radio Community Center of State Secretary for Social Communication of Timor Leste menghargai kesediaan SATUNAMA untuk memfasilitasi pembelajaran bersama pegiat radio komunitas Timor Leste. Beliau mengharapkan kegiatan pelatihan menjadi awal kerja sama yang baik antara SATUNAMA dan Pemerintah Timor Leste untuk mendukung pengembangan kapasitas pegiat radio komunitas Timor Leste. Kantri Sekar Wandansari, Fasilitator Pelatihan, mengapresiasi semangat belajar partisipan serta sikap mempromosikan atmosfer belajar yang setara.

Suasana Kelas Pelatihan Sumber Daya Radio Komunitas Timor Leste, Senin, 3 November 2014. Partisipan dalam dinamika Pesan Berantai untuk menggambarkan pentingnya komunikasi dalam sesi yang difasilitasi Nurul Purnamasari (berbaju batik).

Pelatihan Sumber Daya Radio Komunitas Timor Leste diselenggarakan untuk mengembangkan kapasitas (pengetahuan dan ketrampilan) terkait aspek isu dalam program radio komunitas, aspek manajerial, serta aspek teknis para pegiat radio komunitas di Timor Leste. Pelatihan dirancang dalam sesi teori dan praktik yang difasilitasi para fasilitator dan narasumber berpengalaman baik dari akademisi maupun praktisi.

Selama pelatihan, partisipan pelatihan juga berkesempatan mengunjungi Radio SATUNAMA dan menimba pengalaman melalui studi banding ke 3 (tiga) radio komunitas yang ada di Yogyakarta dan sekitarnya. Dengan mengikuti pelatihan ini, para pegiat radio komunitas di sembilan distrik Timor Leste mampu memetakan peluang-peluang pengembangan radio komunitas.

(Visited 66 times, 1 visits today)
Sebarkan:Tweet about this on TwitterShare on Facebook0Share on Google+0Share on Tumblr0Email this to someone

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*