Menabung Tidak Hanya Kegiatan Ekonomi Tapi Juga Tindakan Politik

Sebarkan:Tweet about this on TwitterShare on Facebook0Share on Google+0Share on Tumblr0Email this to someone

GEMAPALU-Lumajang dengan Credit Union mendorong Gerakan Sosial Perubahan

Satunama.org – Yogyakarta-SATUNAMA pada hari Senin, 09 Februari 2015, kedatangan tamu Misbah Isnaini dari GEMAPALU-Lumajang, sebuah organisasi sosial masyarakat yang aktif dan giat dalam pemberdayan masyarakat khususnya perempuan, didampingi Yohanes Budi Wibowo, pengurus CU Sandya Swadana Yogyakarta. Salah satu upaya yang dilakukan GEMAPALU-Lumajang adalah pemberdayaan disektor ekonomi melalui program CU-Credit Union.

Ditemui oleh Insan Kamil dan Damar Dwi Nugroho dari Departemen Politik, Demokrasi, dan Desa, SATUNAMA, Gemapalu-Lumajang menyampaikan maksud kedatangannya untuk menjajaki peluang kerjasama dengan Satunama. Gemapalu-Lumajang telah mendampingi masyarakat selama 31 bulan dengan skema lembaga keuangan CU. Hingga kini telah memiliki 1.500 lebih anggota aktif dengan sekian asset tersebar di 183 RT, 25 Desa, dan 12 Kecamatan. Gemapalu-Lumajang berharap strategi pemberdayaan ekonomi perlu didukung dengan peningkatan kapasitas pemberdayaan sosial politik. GEMAPALU-Lumajang memerlukan “perlindungan” dari sisi kebijakan terkait dengan hak dasar kesehatan. “Akan menjadi sia sia usaha selama ini dengan mengumpulkan dan menabung uang lalu kemudian dana itu diambil untuk membiayai perawatannya. Oleh karena itu kedepan diharapkan anggota CU ini memiliki kapasitas untuk mempengaruhi sampai keranah hak atas kesehatan,”kata Misbah, Pengurus GEMAPALU-Lumajang.

Yohanes Budi Wibowo, pengurus CU Sandya Swadana Yogyakarta, menjelasakan, Credit Union adalah salah satu bentuk lembaga keuangan yang dikembangkan pada pertengahan abad XIX ( tahun 1849 ) di Jerman, oleh F.W. RAIFFEISEN untuk membantu orang miskin. Pertemuan ini juga mendiskusikan perihal perundangan-undangan terkait Koperasi dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dengan detail GEMAPALU-Lumajang menjelaskan Pengalaman Robert Owen, ekonom kawakan Inggris yang pertama kali memperkenalkan Koperasi di kalangan Buruh dan menjelaskan pengalaman CU di Jerman dari hulu ke hilir, konseptual dan teknisnya.

“Menabung tidak hanya kegiatan Ekonomi, tapi juga tindakan politik”, lanjut Bowo. Berkaitan dengan Itulah GEMAPALU-Lumajang datang ke SATUNAMA untuk merencanakan peluang Pendidikan Politik atau Kader Bagi anggota-anggota CU.

Menanggapai keinginan GEMAPALU-Lumajang, Insan Kamil, Kepala Departemen PDD-SATUNAMA, menyambut baik dan membuka diri untuk kerjasama ini. “Saat ini kami telah mengembangkan Unit Kerja terkait Desa dan Unit Kerja Perempuan dan Politik. Mengingat tadi sepertinya anggota CU GEMAPALU-Lumajang adalah kebanyakan perempuan, maka ketemu irisan antara issue pedesaan dan perempuan”, Kata Kamil.

Diakhir pertemuan Bowo menyampaikan, butuh banyak teman untuk bekerjasama dan menwujudkan sebuah perubahan dengan segala keterbatasan. Gerakan yang dibangun dengan sendirian, jelas tidak mampu diwujudkan dengan baik. Oleh karena itu, kerjasama semacam ini perlu terus dilakukan.

Ditulis oleh: Damar Dwi Nugroho
Editor: Ryan Sugiarto

(Visited 121 times, 1 visits today)
Sebarkan:Tweet about this on TwitterShare on Facebook0Share on Google+0Share on Tumblr0Email this to someone

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*