Warna-warni Hari Anak Nasional

Sebarkan:Tweet about this on TwitterShare on Facebook0Share on Google+0Share on Tumblr0Email this to someone

Satunama.org – Anak adalah generasi penerus bangsa yang perlu mendapat kesempatan untuk tumbuh dan berkembang secara optimal. Setiap anak merupakan individu unik yang mempunyai bakat dan minat yang berbeda-beda. Bakat merupakan potensi anak yang harus dirangsang, sehingga akan terlihat sebagai kecakapan, pengetahuan, dan keterampilan khusus yang akan menjadi bekal masa depannya kelak. Untuk mewujudkannya hal tersebut perlu peran serta orang tua dan lingkungan yang mendukung.

Untuk mendukung dan menumbuhkan bakat anak –anak , dalam rangka Memperingati Hari Anak Nasional, SATUNAMA mengadakan berbagai macam kegiatan Lomba Menggambar dan Menulis Cerita “Sekolah Impianku” , serta Pentas Seni. Peringatan Hari Anak Nasional ini diselenggarakan sebagai media anak untuk mengungkapkan perasaan, berani mengeluarkan pendapat, berani berpikir kritis terhadap lingkungan sekitar, menumbuhkan kreativitas dan menjalin persaudaraan yang akrab diantara peserta.

Kegiatan ini diikuti sekitar 100 anak dari SDK Duwet, SDN Denggung, SDN Jaban, SDN Jatisari, SDN Trimulyo, Dusun Duwet, Dusun Sengi, Dusun Kapuan dan TBM RSB Diponegoro. Kegiatan ini diselenggarakan pada hari Minggu, 24 Juli 2011 dimulai pukul 08.00-15.30 WIB bertempat di SATUNAMA, dibuka dengan perkenalan dan games, bernyanyi bersama, lomba menggambar dan menulis cerita, pembagian door prize, pemeriksaan gigi serta pentas seni yang dipandu oleh Kak Tatik dan Kak Nana. Sebelum lomba menggambar dan menulis cerita dimulai, dengan didampingi Kak Surono dan Kak Bertus ,adik-adik diajak belajar bersama untuk memahami tema yang diangkat “Sekolah Impianku” yang kemudian akan dituangkan dalam bentuk gambar dan cerita. Harapannya dari tema ini kita bisa menggali ungkapan pendapat, pemikirin kritis dan masukkan tentang sekolah yang ramah anak, langsung dari anaknya sendiri tanpa ada intervensi pihak lain. Dan seperti yang disampaikan Bapak Bimo Adimulyo salah satu Pengurus Yayasan SATUNAMA dalam sambutannya menuturkan bahwa anak-anak Indonesia harus menjadi anak-anak yang merdeka, kreatif, sehat dan ceria.

Dari hasil karya anak-anak baik menggambar maupun menulis cerita dapat disimpulkan bahwa sekolah impian menurut mereka adalah lingkungannya bersih, sejuk, nyaman, akses transportasi mudah, guru dan teman-teman yang ramah, ada fasilitas perpustakaan dan ada kegiatan yang mendukung kreativitas.

Peringatan Hari Anak Nasional ini dimeriahkan pentas seni oleh adik-adik Anggota Perpustakaan Keliling SATUNAMA yang menampilkan Tari Merak, Tari Poco-Poco, Tari Badui dan Tari Aku Anak Indonesia. Kegiatan ini diakhiri dengan pembagian hadiah Juara Menggambar dan Menulis Cerita.

Print Friendly, PDF & Email
(Visited 300 times, 1 visits today)
Sebarkan:Tweet about this on TwitterShare on Facebook0Share on Google+0Share on Tumblr0Email this to someone

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*