Pelatihan dan Pengembangan Sistem Informasi Desa di Kabupaten Sumba Barat Daya

Satunama.org – Yayasan SATUNAMA Yogyakarta yang didukung oleh William & Lily Foundation (WLF) mengadakan Pelatihan dan Pengembangan Sistem Informasi Desa pada tanggal 7-9 November2022 di Aula Weekuri Hotel Sinar Tambolaka. Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan 5 desa dampingan Program Tata Kelola Pemerintahan Desa di Kabupaten Sumba Barat Daya yaitu Desa Pogotena, Desa Tanggaba, Desa Mangganipi, Desa Hameli Ate dan Desa Pada Eweta. Para Peserta yang terlibat dalam pelatihan ini berasal dari unsur Kepala Desa, Sekretaris Desa, Operator dan Kader Pemuda masing-masing desa.

Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas teknis operator di masing-masing desa dalam mengelola aplikasi sistem informasi desa. Serta di akhir sesi pelatihan disepakati secara bersama terkait rencana tindak lanjut untuk lebih memperkuat pengelolaan sistem informasi desa di desa masing-masing peserta pelatihan.

Sistem Informasi Desa yang digunakan dalam pelatihan ini menggunakan aplikasi yang sudah dikembangkan oleh Perkumpulan Desa Digital Terbuka (OpenSID). Rudi Purwanto selaku Wakil Sekretaris I Pengurus Pusat OpenSID dilibatkan dalam kegiatan ini sebagai fasilitator, dibantu oleh Bima Sakti dari SATUNAMA sebagai co-fasilitator. Fasilitator menggunakan metode ceramah, diskusi, praktek dan juga penugasan individu dalam pelatihan ini sehingga masing-masing peserta dapat mempraktekan langsung aplikasi sistem informasi desa tersebut.

Dengan adanya sistem informasi desa ini diharapkan dapat membantu dan meningkatkan kinerja perangkat desa di kelima desa dampingan di Sumba Barat Daya ini dalam memberikan pelayanan yang efektif dan efisien bagi masyarakatnya. Juga untuk dapat semakin mempromosikan, menginformasikan dan mengembangkan potensi yang dimiliki oleh masing-masing desa. Karena dengan adanya aplikasi sistem informasi desa berbasis website ini, kelima desa dampingan SATUNAMA dan WLF ini dapat semakin dikenal masyarakat luas.

Adapun masing-masing website sistem informasi desa dari kelima desa peserta Pelatihan dan Pengembangan Sistem Informasi Desa ini dapat diakses pada tautan berikut:

  1. Desa Mangganipi – https://mangganipi.opendesa.id/
  2. Desa Tanggaba – https://tanggaba.opendesa.id/
  3. Desa Hameli Ate – https://hameliate.opendesa.id/
  4. Desa Pogo Tena – https://pogotena.opendesa.id/
  5. Desa Pada Eweta – https://padaeweta.opendesa.id/
Penulis: Bima Sakti (Kepala Unit Komunikasi dan Riset) / Foto: Tim Program TKPD

Tinggalkan komentar

English EN Bahasa Indonesia ID