Riset Pengembangan Pengetahuan & Media

Satunama.org – Unit ini lahir sebagai upaya untuk memperkuat organisasi dari sisi internal dan lebih ofensif di luar. Kerja-kerja unit ini bisa di lihat dalam dua ranah. Dua ranah tersebut adalah kerja ke dalam dan kerja ke luar. Kerja ke dalam, dimaksudkan untuk membangun, mendokumentasikan dan mensistematisasikan kerja-kerja kelembagaan, sebagaimana yang dilakukan di Pengelolaan dan Pengembangan Pengetahuan, juga mempubliksikan wacana dan kerja SATUNAMA melalui laman lembaga. Sementara kerja ke luar dilakukan oleh media.

Berdasar namanya unit ini memiliki dua lokus kerja yaitu Pertama, Pengelolaan dan pengembangan pengetahuan. Bagian ini bertugas mengelola pengetahuan lembaga, data lembaga berguna dalam proses pengambilan kebijakan terkait arah strategis ke depan. Mengelola hasil-hasil kerja departemen juga didorong untuk menumbuhkan metode-metode pendekatan baru dalam upaya penguatan masyarakat dan mendorong lahirnya kebijakan nasional dari pengalaman kelembagaan SATUNAMA. Pengelolaan dan pengembangan tersebut juga mesti didorong untuk melahirkan wacara dan rumusan teori baru dari basis khasanah pengetahuan dan kearifan lokal masyarakat indonesia. Produksi buku dan pengelolaan Sistem Informasi Satunama (SIS) berada di wilayah bagian ini.

Kedua, Media. Media bergerak keluar untuk menjalin relasi-relasi yang berguna untuk menginformasikan pengalaman dan kerja-kerja lembaga. Selain itu kerja ke luar juga dimaksudkan mewadahi berbagai program yang diampu oleh donor.

Dalam konteks ini, unit yang sebelumnya merupakan Departemen Pengelolaan Pengetahuan Jaringan dan Media ini pernah bekerja dalam pengembangan kapasitas mitra Misereor, menjadi lembaga TA untuk kerja-kerja penguatan organisasi mitra dalam kerangka kerja SUM II –Usaid, juga Kerja-kerja terkait AVI (Australian Volunteer Internasional). Rentang kerja ini yang membutuhkan “nafas panjang” untuk keberlanjutan kerja-kerja di unit KSDM. Juga dibutuhkan kesadaran kelembagaan untuk terus-menerus mengakumulasi pengetahuan, jaringan, dan kerja-kerja pewacanaan dan informasi di media.

Personil Riset Pengembangan Pengetahuan dan Media
Bima Sakti – sakti@satunama.org
Ariwan K Perdana – ariwanperdana@satunama.org
Tatik Sulistyaningsih – tatik@satunama.org
Bernadeta Dhaniswara Widyaningsih – dhaniswara@satunama.org


Artikel terkait Unit Pengembangan Sektor Pengetahuan dan Media

Generasi Y dan Z dalam Tren Mahadata

Kemunculan teknologi komunikasi dan informasi internet yang memfanakan sekat-sekat ruang fisik dalam berkomunikasi telah mengubah banyak hal dalam kehidupan tak terkecuali pola dan gaya bekerja manusia. Pola dan gaya bekerja yang tadinya kental dengan pertemuan langsung mulai berubah menjadi pertemuan tidak langsung melalui medium perangkat digital dalam aktivitas pekerjaan. Kita memasuki...Baca Selengkapnya »

Pengetahuan Transformatif Berbasiskan Pembelajaran Program

Satunama.org – Membuat sebuah laporan dari program yang telah dilaksanakan menjadi hal wajib. Para pekerja LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat) tentunya memilki banyak pengalaman dalam membuat laporan program. Selain menjadi kewajiban, laporan pun bermanfaat untuk pengembangan organisasi ke depan. Pencapaian, hambatan, dan kegagalan menjadi referensi penting dalam pelaksanaan program baru. Namun ada...Baca Selengkapnya »

Dukungan Masyarakat Terhadap Program Kesehatan Jiwa Berbasis Masyarakat

Laporan Penelitian Dukungan Masyarakat Terhadap Program Kesehatan Jiwa Berbasis Masyarakat Satunama.org -Program Kesehatan Jiwa SATUNAMA bertujuan ingin mengangkat harkat dan martabat sekelompok masyarakat yang berada dalam kondisi gangguan kejiwaan dengan menggunakan dua pendekatan, yakni berbasis masyarakat dan berbasis pusat rehabilitasi. Pendekatan berbasis masyarakat menitikberatkan pada sinergi dari masyarakat sendiri supaya lebih peka...Baca Selengkapnya »

Kesiapan LSM dalam Sinergi Kerjasama Multipihak

Satunama.org – Sejak sekitar satu dekade terakhir, Indonesia dipandang tidak lagi sebagai negara miskin. Setidaknya, Bank Dunia menyebutkan bahwa Indonesia memperlihatkan pertumbuhan ekonomi yang baik sejak krisis finansial Asia di akhir 1990an. PDB nasional Indonesia meningkat dari $857 807 pada tahun 2000 menjadi $3.8747 pada 2018. Indonesia juga dinilai berhasil...Baca Selengkapnya »

Lidah Buaya, Alternatif Pendapatan Keluarga Penghayat PEBM

Memiliki keterampilan khusus adalah sebuah keuntungan bagi masyarakat dewasa ini. Terlebih apabila keterampilan tersebut bisa dikembangkan untuk meningkatkan pendapatan ekonomi keluarga. Menyadari tentang hal ini, Pak Suyut salah satu anggota Paguyuban Eklasing Budi Murka (PEBM) Cabang Salamrejo Kulonprogo melihat bahwa di dalam komunitasnya, pelatihan keterampilan ekonomi merupakan sebuah kebutuhan. Beliau melihat bahwa...Baca Selengkapnya »

Older Entries »
Translate »