Riset Pengembangan Pengetahuan & Media

Satunama.org – Unit ini lahir sebagai upaya untuk memperkuat organisasi dari sisi internal dan lebih ofensif di luar. Kerja-kerja unit ini bisa di lihat dalam dua ranah. Dua ranah tersebut adalah kerja ke dalam dan kerja ke luar. Kerja ke dalam, dimaksudkan untuk membangun, mendokumentasikan dan mensistematisasikan kerja-kerja kelembagaan, sebagaimana yang dilakukan di Pengelolaan dan Pengembangan Pengetahuan, juga mempubliksikan wacana dan kerja SATUNAMA melalui laman lembaga. Sementara kerja ke luar dilakukan oleh media.

Berdasar namanya unit ini memiliki dua lokus kerja yaitu Pertama, Pengelolaan dan pengembangan pengetahuan. Bagian ini bertugas mengelola pengetahuan lembaga, data lembaga berguna dalam proses pengambilan kebijakan terkait arah strategis ke depan. Mengelola hasil-hasil kerja departemen juga didorong untuk menumbuhkan metode-metode pendekatan baru dalam upaya penguatan masyarakat dan mendorong lahirnya kebijakan nasional dari pengalaman kelembagaan SATUNAMA. Pengelolaan dan pengembangan tersebut juga mesti didorong untuk melahirkan wacara dan rumusan teori baru dari basis khasanah pengetahuan dan kearifan lokal masyarakat indonesia. Produksi buku dan pengelolaan Sistem Informasi Satunama (SIS) berada di wilayah bagian ini.

Kedua, Media. Media bergerak keluar untuk menjalin relasi-relasi yang berguna untuk menginformasikan pengalaman dan kerja-kerja lembaga. Selain itu kerja ke luar juga dimaksudkan mewadahi berbagai program yang diampu oleh donor.

Dalam konteks ini, unit yang sebelumnya merupakan Departemen Pengelolaan Pengetahuan Jaringan dan Media ini pernah bekerja dalam pengembangan kapasitas mitra Misereor, menjadi lembaga TA untuk kerja-kerja penguatan organisasi mitra dalam kerangka kerja SUM II –Usaid, juga Kerja-kerja terkait AVI (Australian Volunteer Internasional). Rentang kerja ini yang membutuhkan “nafas panjang” untuk keberlanjutan kerja-kerja di unit KSDM. Juga dibutuhkan kesadaran kelembagaan untuk terus-menerus mengakumulasi pengetahuan, jaringan, dan kerja-kerja pewacanaan dan informasi di media.

Personil Riset Pengembangan Pengetahuan dan Media
Bima Sakti – sakti@satunama.org
Ariwan K Perdana – ariwanperdana@satunama.org
Tatik Sulistyaningsih – tatik@satunama.org
Bernadeta Dhaniswara Widyaningsih – dhaniswara@satunama.org


Artikel terkait Unit Pengembangan Sektor Pengetahuan dan Media

[posts-for-page cat_slug=’pengelolaan-pengetahuan’ hide_images=’false’ num=’5′ read_more=’Baca Selengkapnya »’ show_full_posts=’false’ use_wp_excerpt=’false’ strip_html=’true’ hide_post_content=’false’ show_meta=’true’]

English EN Bahasa Indonesia ID