Kesehatan Jiwa

Satunama.org – Program Kesehatan Jiwa SATUNAMA bertujuan ingin mengangkat harkat dan martabat sekelompok masyarakat yang berada dalam kondisi gangguan kejiwaan, dan seringkali mengalami stigma negative dari masyarakat. Program ini pada awalnya dirancang dengan menggunakan 2 pendekatan yaitu pendekatan berbasis masyarakat dan pendekatan berbasis pusat rehabilitasi. Kedua pendekatan ini diharapkan dapat mengurangi tingkat gangguan kejiwaan dengan menggunakan tenaga professional melalui Pusat Rehabilitasi dan pendekatan pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan-kegiatan yang bermuara kepada pembentukan Desa Siaga Sehat Jiwa (DSSJ).

Dalam upaya pelaksanaan program ini, adanya keterlibatan berbagai unsur baik dari Pemerintah, masyarakat, ODGJ dan juga keluarganya. Hal ini, karena paradigma penanganan kesehatan jiwa telah bergeser dari pola penanganan individu atau tertutup menjadi pola penanganan terbuka atau komunitas. Walaupun memang, penanganan medis yang terutama yang harus perlu dilakukan. Pada tahun 2018, SATUNAMA mulai menjajaki Desa Sendangadi sebagai salah satu Desa yang sudah lebih dahulu mempraktekan konsep Desa Siaga Sehat Jiwa. Pada bagian ini. Kehadiran SATUNAMA yaitu ingin memperkuat DSSJ dengan memperkuat peran dari kader kesehatan, Puskesmas, TPKJM Kecamatan Mlati. Sementara itu pendekatan dengan berbasis pusat rehabilitasi mulai dipersiapkan dengan adanya bangunan yang direncanakan untuk menampung ODGJ untuk dilakukan rehabilitasi social.

Personil Departemen Kesehatan Jiwa
Frans Toegimin – frans@satunama.org
Karel Tuhehay – ktuhehay@satunama.org
B. Hartono – hartono@satunama.org
Doddy Kurniawan Kaliri – doddy.kaliri@satunama.org
Eka Setyahadi Baene – eka.baene@satunama.org
Sapto Putri Trisnowati Handayani – sapto.putri@satunama.org
Berlian Prafitri Utaminingtyas – berlian.prafitri@satunama.org


Artikel terkait Departemen Kesehatan Jiwa

RPKJ, Kepedulian SATUNAMA dalam Ranah Kesehatan Jiwa

Kesehatan jiwa menjadi isu hangat yang gencar diperbincangkan di berbagai ruang. Nyata maupun maya. Bagaimana tidak, hampir setiap bulan bahkan pekan media-media merilis berita tentang kasus bunuh diri yang salah satu penyebabnya adalah masalah kesehatan jiwa. Fenomena ini kemudian melahirkan perhatian dari berbagai pihak. Tidak hanya mereka yang begelut di...Read More »

Mahasiswa, Skripsi dan Beban Psikologis

Bunuh diri adalah problem sosial yang membutuhkan perhatian serius. Kasus bunuh diri bisa terjadi pada siapa saja. Tidak memandang usia golongan, umur ataupun pekerjaan. Tak terkecuali kelompok mahasiswa. Awal september 2019 lalu seorang mahasiswa pasca sarjana sebuah sekolah tinggi di Bandung diberitakan meninggal bunuh diri (CNN Indonesia, 2019). Ini hanya satu...Read More »

Peran Media dalam Ranah Kesehatan Jiwa

Media memiliki peran dalam membangun perspektif publik melalui konten pemberitaan atau informasi. Media hari ini, khususnya media online (daring) bahkan memiliki keunggulan kecepatan penyampaian informasi dan jangkauan lebih luas. Masuk akal jika dikatakan bahwa sebagian besar perspektif publik terhadap berbagai hal terbentuk berbasiskan pengetahuan dari media. Pun jika dikaitkan dengan konteks...Read More »

Remaja Butuh Ketahanan Diri Hadapi Depresi

Kesehatan jiwa hari ini menjadi masalah global khususnya jika dikaitkan dengan populasi anak dan remaja. UNICEF (2011) menyebutkan bahwa ada peningkatan gangguan jiwa di usia remaja dalam 20-30 tahun terakhir. Setidaknya ada 10-20 % anak dan remaja yang mengalami gangguan jjiwa di seluruh dunia. Kebanyakan gejala gangguan jiwa muncul di...Read More »

SATUNAMA Luncurkan Rumah Pembelajaran Kesehatan Jiwa

Menangani isu kesehatan jiwa bukanlah persoalan sederhana. Butuh perhatian serius dari semua pihak. Dari pihak pemerintah sampai non-pemerintah. Salah satunya Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM). Semua perlu bersinergi, dan berkolaborasi dalam menangani masalah kesehatan jiwa. Pembagian peran semua pemangku kepentingan mutlak diperlukan demi terwujudnya masyarakat yang sehat jiwa. Yayasan SATUNAMA Yogyakarta yang selama...Read More »

Older Entries »
Translate »