Kesehatan Jiwa

Satunama.org – Program Kesehatan Jiwa SATUNAMA bertujuan ingin mengangkat harkat dan martabat sekelompok masyarakat yang berada dalam kondisi gangguan kejiwaan, dan seringkali mengalami stigma negative dari masyarakat. Program ini pada awalnya dirancang dengan menggunakan 2 pendekatan yaitu pendekatan berbasis masyarakat dan pendekatan berbasis pusat rehabilitasi. Kedua pendekatan ini diharapkan dapat mengurangi tingkat gangguan kejiwaan dengan menggunakan tenaga professional melalui Pusat Rehabilitasi dan pendekatan pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan-kegiatan yang bermuara kepada pembentukan Desa Siaga Sehat Jiwa (DSSJ).

Dalam upaya pelaksanaan program ini, adanya keterlibatan berbagai unsur baik dari Pemerintah, masyarakat, ODGJ dan juga keluarganya. Hal ini, karena paradigma penanganan kesehatan jiwa telah bergeser dari pola penanganan individu atau tertutup menjadi pola penanganan terbuka atau komunitas. Walaupun memang, penanganan medis yang terutama yang harus perlu dilakukan. Pada tahun 2018, SATUNAMA mulai menjajaki Desa Sendangadi sebagai salah satu Desa yang sudah lebih dahulu mempraktekan konsep Desa Siaga Sehat Jiwa. Pada bagian ini. Kehadiran SATUNAMA yaitu ingin memperkuat DSSJ dengan memperkuat peran dari kader kesehatan, Puskesmas, TPKJM Kecamatan Mlati. Sementara itu pendekatan dengan berbasis pusat rehabilitasi mulai dipersiapkan dengan adanya bangunan yang direncanakan untuk menampung ODGJ untuk dilakukan rehabilitasi social.

Personil Departemen Kesehatan Jiwa
Frans Toegimin – frans@satunama.org
Karel Tuhehay – ktuhehay@satunama.org
B. Hartono – hartono@satunama.org
Doddy Kurniawan Kaliri – doddy.kaliri@satunama.org
Eka Setyahadi Baene – eka.baene@satunama.org
Sapto Putri Trisnowati Handayani – sapto.putri@satunama.org


Artikel terkait Departemen Kesehatan Jiwa

Idealisasi Peran Kader Kesehatan Jiwa

Isu kesehatan jiwa dan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) bukanlah hal baru. Dalam hidup bermasyarakat ODGJ sering tidak diperhatikan secara serius. Mereka dianggap memiliki dunia sendiri yang berbeda dengan orang-orang sehat dan susah diatasi. Namun ini bukan berarti mereka pantas dilupakan dan diterlantarkan. Penanganan isu kesehatan jiwa membutuhkan keterlibatan banyak pihak....Read More »

Peran Kader Kesehatan dalam Penanganan ODGJ

Menurut (Funk dan Drew, 2011), di seluruh dunia orang dengan gangguan jiwa mendapat pelayanan yang berkualitas rendah, dan stigma yang terjadi dalam masyarakat bawa orang dengan gangguan jiwa berbahaya, sehingga menimbulkan banyak deskriminasi, pengucilan, penolakan serta marginalisasi dalam masyarakat, selain itu masalah ekonomi dan pendidikan juga mepengaruhi perawatan pada orang...Read More »

Belajar Inklusivitas Difabel dalam Pembangunan

Bekerja dalam isu difabilitas merupakan sebuah tantangan menarik. Butuh basis pengetahuan dan keterampilan yang mumpuni bagi pihak-pihak yang berkecimpung di dalam isu ini. Termasuk juga para pekerja di lembaga-lembaga sosial di mana saja. Berangkat dari kebutuhan tersebut PLAN International yang memiliki wilayah kerja di Timor Leste mengirimkan beberapa stafnya untuk mengikuti...Read More »

Peluang Berkarya di Yayasan SATUNAMA Yogyakarta

Program Kesehatan Jiwa SATUNAMA bertujuan ingin mengangkat harkat dan martabat sekelompok masyarakat yang berada dalam kondisi gangguan kejiwaan, dan seringkali mengalami stigma negatif dari masyarakat. Program ini memungkinkan keterlibatan secara inklusif berbagai unsur baik dari Pemerintah, masyarakat, ODGJ dan juga keluarganya. Untuk memperkuat kerja-kerja Program Kesehatan Jiwa, SATUNAMA membuka peluang...Read More »

Jalankan Program Keswa, SATUNAMA Tingkatkan Kapasitas Staf

Satunama.org – Kesehatan Jiwa (Keswa) merupakan salah satu isu strategis SATUNAMA yang berorientasi pada pendampingan masyarakat terutama ODGJ. Kesehatan Jiwa berjalan dengan melakukan dua pendekatan, yaitu Rehabilitasi Rumah Pembelajaran Kesehatan Jiwa (RPKJ) dan Rehabilitasi Berbasis Masyarakat (SBM) dengan berbasis Desa Siaga Sehat Jiwa (DSSJ). Kedua pendekatan tersebut dimaksudkan sebagai metode dan...Read More »

Older Entries »
Translate »