Berkreativitas dan Belajar Menabung Sejak Kecil

Melukis Celengan 2014/10
Sebarkan:Tweet about this on TwitterShare on Facebook0Share on Google+0Share on Tumblr0Email this to someone

Satunama.org – Mendidik anak-anak untuk gemar menabung sejak kecil merupakan hal yang penting dilakukan oleh orang tua. Anak-anak perlu belajar untuk berhemat dan menyisihkan uang jajan untuk ditabung. Anak juga perlu belajar untuk membelanjakan uangnya dengan benar dan hanya membeli barang yang memang dibutuhkan, bukan karena keinginan semata.

Sebagai alternative kegiatan selain peminjaman buku , Perpustakaan Anak SATUNAMA Yogyakarta mengadakan kegiatan “Melukis di Celengan“ pada hari Jumat, 10 Oktober 2014 yang lalu. Acara yang sudah berlangsung untuk kedua kalinya ini bertempat di pendopo lingkungan kantor SATUNAMA. Acara ini bertujuan menggali kreativitas anak dalam bidang seni dan mengajak anak-anak untuk gemar menabung. Acara diikuti sekitar 20 anak dari usia pra sekolah hingga kelas 1 SMP.Dengan mengganti uang celengan sebesar @ Rp.3000 anak-anak mendapatkan cat gambar secara gratis.

Dengan berprinsip bahwa setiap anak mempunyai kreativitas sendiri-sendiri, maka tema lukisan kali ini adalah tema bebas.Sedang untuk tahun lalu mengangkat tema batik. Anak-anak terlihat sangat antusias mengikuti acara ini, meskipun tangan dan wajah mereka ada yang berlepotan terkena cat. Tema lukisan anak-anak pun bermacam-macam. Ada yang bertema batik, lingkungan, dunia hewan maupun tema abstrak. Beberapa staf SATUNAMA pun bahkan berpartisipasi di acara ini. Pulung ( 8 tahun ) salah satu anak yang mengikuti acara ini merasa senang dapat melukis di celengan. “ Senang, karena biasanya kan menggambar di kertas, asyik bisa juga menggambar di celengan, “ kata Pulung.

Celengan yang sudah dilukisi oleh anak-anak akan disimpan bersama-sama di ruang perpustakaan SATUNAMA. Anak dapat setiap hari datang ke perpustakaan dan menabung. Direncanakan tabungan anak-anak ini akan dibuka bersama-sama setelah 1 tahun menabung. (Tatik)

(Visited 222 times, 1 visits today)
Sebarkan:Tweet about this on TwitterShare on Facebook0Share on Google+0Share on Tumblr0Email this to someone

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*