Pelatihan Bahasa Isyarat untuk Petugas Pelayanan Publik di Kabupaten Kulon Progo

Satunama.org – Yayasan SATUNAMA Yogyakarta bekerja sama dengan Pusat Bahasa Isyarat Indonesia (Pusbisindo) dan didukung oleh Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Kulon Progo mengadakan Pelatihan Bahasa Isyarat selama 2 hari pada tanggal 5-6 Desember 2022. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan di Aula Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kulon Progo, Jl. Sugiman No 02 Watulunyu, Wates.

Pelatihan bahasa isyarat ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik, khususnya meningkatkan
kompetensi Petugas Pelayanan Publik dalam melayani Penyandang Disabilitas rungu, wicara, dan rungu wicara di Lingkup Kabupaten Kulon Progo.

Sejumlah 35 orang peserta terlibat dalam pelatihan ini. Para peserta tersebut terdiri dari berbagai pelayana msayrakat mulai dari pegawai beberapa Dinas, Kepolisian, TNI, dan juga pegawai kecamatan di Kabupaten Kulonprogo.

Karel Tuhehay dan Patrik Dyan dari Departemen Kesehatan Jiwa dan DIsabilitas SATUNAMA terlibat sebagai fasilitator dalam pelatiah ini, sedangkan Pusbisindo dilibatkan sebagai Pelatih (Trainer). Adapun metode pelatihan yang digunakan dalam kegiatan ini adalah paparan/presentasi materi dan juga praktik langsung.

Penulis: Bima Sakti / Foto: Tim Panitia Pelatihan.

Tinggalkan komentar

English EN Bahasa Indonesia ID