SATUNAMA Segera Selenggarakan Sekolah Politisi Muda Angkatan VI Tahun 2022

Satunama.org.- Politisi memiliki posisi strategis dan peran signifikan dalam mengembangkan budaya politik demokratis. Posisi dan peran ideal ini akan menjadi nyata jika partai politik menguasai pengetahuan-pengetahuan dasar tentang politik dan terampil mengartikulasi dan mengorganisasi kepentingan-kepentingan rakyat.

Hal tersebut menjadi relevan karena partai politik adalah wadah di mana politisi dididik dan dipersiapkan untuk menjadi pemimpin-pemimpin politik yang memiliki visi dan nilai demokrasi, Sekaligus juga memiliki kesungguhan untuk melaksanakan amanat undang-undang dalam melakukan rekrutmen dan pengkaderan politik.

Tugas dan fungsi seperti yang diamanatkan oleh undang-undang tersebut tidak maksimal dilaksanakan oleh Partai Politik. Akibatnya terlalu banyak politisi yang miskin nilai, minim pengetahuan, dan  kurang keterampilan.

Mereka tidak memiliki kecakapan melakukan analisis sosial-politik, kehendak dan kemampuan untuk mendekatkan diri dengan rakyat, membangun komunikasi dengan basis konstituen dan representasi untuk mengetahui dan menggali apa yang dikehendaki oleh rakyat.

Akibat berikutnya adalah ketika para politisi menjadi pejabat-pejabat publik, baik di eksekutif maupun legislatif, tidak jarang justru menerbitkan kebijakan-kebijakan yang bertabrakan dengan norma hukum konstitusi dan kepentingan rakyat.

Kita tak bisa membiarkan kondisi ini berlangsung terus-menerus tanpa ada yang mengupayakan sesuatu, meski kecil. Awal permulaan dari perjalanan panjang ini dapat dilakukan dengan menentukan posisi politisi sebagai aktor politik strategis yang diharapkan dapat mengembangkan budaya dan kelembagaan politik yang demokratis.

Kita harus berikhtiar untuk mengembalikan marwah politik ke cita-cita awalnya.  Sekaligus sebagai bentuk “perekayasaan demokrasi” (crafting democracy) agar memberikan kontribusi kepada terwujudnya keadilan sosial untuk kebaikan dan kebajikan bersama.

Sekolah Politisi Muda Angkatan VI Segera dihelat.

Sebagai bentuk ikhtiar permulaan berdasarkan pemikiran di atas SATUNAMA akan kembali menyelenggarakan Sekolah Politisi Muda VI pada bulan Agustus hingga Oktober 2022. Penyelenggaraan tersebut dibagi menjadi 3 level yaitu level 1 pada tanggal 4 – 9 Agustus 2022, level 2 pada tanggal 7-  13 September 2022 dan level 3 pada tanggal 5 – 11 Oktober 2022. 

Tujuan umum program ini adalah “Mencetak politisi muda yang memiliki visi dan komitmen yang kuat pada pengembangan kultur politik yang demokratis (democratic and civilized political life)”.

Sekolah Politisi Muda Angkatan VI akan ditempuh selama delapan bulan berturut-turut. Kegiatan selama delapan bulan meliputi level I selama 6 hari di Yogyakarta, penyusunan rencana program oleh peserta sekolah (1 bulan) di wilayah masing-masing, level II selama 6 hari di Yogyakarta, pelaksanaan program di wilayah masing-masing selama 1 bulan kemudian level III selama 5 hari di Yogyakarta.

Selama masa pendidikan, penyusunan dan pelaksanaan program, SATUNAMA akan melakukan pendampingan baik datang secara langsung ke wilayah program atau komunikasi intens dengan menggunakan berbagai media yang tersedia. Setelah Sekolah berakhir, komunikasi dan pendampingan kepada alumni akan terus dilakukan.

Adapun batas waktu untuk tahapan dari sekolah politisi muda angkatan level sebagai berikut:

1. Pembukaan rekrutment SPM Angkatan VI 20 Juni 2022

2. Pemberitahuan proses rekrutment SPM VI kepada mitra partai 20 – 24 Juni 2022

3. Pengiriman berkas rekrutment oleh peserta SPM VI 25 Juni – 15 Juli 2022

4. Batas akhir penerimaan berkas dari peserta 15 Juli 2022

5. Review dan revisi kelengkapan berkas peserta SPM VI 15 – 21 Juli 2022

6. Pengumuman peserta 26 Juli 2022

7. Batas akhir konfimasi dari partai dan peserta 28 Juli 2022

8. Pemberitahuan pelaksanaan Sekolah Politisi Muda Angkatan VI 28 – 29 Juli 2022

9 Penyelenggaraan Sekolah Politisi Muda Angkatan VI Agustus 2022

Informasi lebih lanjut mengenai penyelenggaraan Sekolah Politisi Muda VI SATUNAMA dapat menghubungi: Himawan Pambudi di Nomor 081215014456 email; himawanpambudi321@gmail.com atau himawan.pambudi@satunama.org

[M. Taufiq Firdaus/Foto : M. Taufiq Firdaus]

Tinggalkan komentar

English EN Bahasa Indonesia ID