Difagro, Usaha Distributor Edamame Untuk Berdayakan ODGJ

Satunama.org.- Edamame merupakan kacang kedelai muda yang berada dalam polong. Edamame mengandung banyak nutrisi. Makanan ini mengandung protein, lemak sehat, karbohidrat, serat, karbohidrat, folat, vitamin A, B, C, E, dan K, serta mineral, termasuk zat besi, magnesium, mangan, kalsium, zinc, dan kalium.

Kacang ini dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan. Namun, tak jarang juga edamame dinikmati sebagai camilan dengan cara direbus atau dikukus. Kedelai edamame yang sudah diolah akan lebih mudah dicerna. Sedangkan yang telah difermentasi, mampu meningkatkan jumlah bakteri yang baik dalam pencernaan.

Berkaca dari berbagai manfaat yang ada pada edamame, sejak tanggal 23 Pebruari 2021, Rumah Pembelajaran Kesehatan Jiwa (RPKJ) di bawah Departemen Kesehatan Jiwa dan Difabilitas Yayasan SATUNAMA menjalankan kegiatan pengembangan ketrampilan dengan nama DIFAGRO. DIFAGRO adalah usaha distributor edamame yang dilakukan oleh warga dampingan yang merupakan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).

Wilayah pasar usaha ini adalah Daerah Istimewa Yogyakarta dan sekitarnya. Tujuan kegiatan ini pada dasarnya adalah sebagai media terapi bagi warga dampingan untuk melatih kesabaran, ketekunan, ketelitian dan juga ketrampilan dalam mengelola sebuah usaha.

Edamame yang dipasarkan memiliki 3 grade yaitu Superfood, Premium dan Excellent. Grade Superfood dengan ciri-ciri produk adalah berisi polong 1,2 dan 3 ; mentes-mix ; terdapat kepek ; dalam 500gr terdapat lebih dari 185 ruang polong. Kemudian Grade Premium dengan ciri-ciri produk adalah berisi 1,2 dan 3 ; full mentes-tanpa kepek ; dalam 500gr terdapat 150-185 ruas polong. Sementara Grade Excellent dengan ciri-ciri produk adalah berisi 2 dan 3 ; full mentes-tanpa kepek ; dalam 500gr terdapat kurang dari 150 ruas polong.

Harga jual eceran edamame dengan grade Superfood adalah Rp, 16,000. Untuk edamame Grade Premium adalah Rp. 18.000 sedangkan edamame Grade Excellent adalah Rp. 20,000. Usaha ini juga  membuka peluang untuk siapapun bisa menjadi reseller yang harga belinya berbeda dengan harga eceran. Terhitung setelah usaha ini dimulai, sudah ada 8 orang reseller.

Pemilahan edamame menjadi 3 grade ini, dilakukan oleh 4 orang warga dampingan yang mempunyai keinginan dan ketertarikan dari ketrampilan ini. Disamping itu juga, mereka sudah mempunyai tata kelola kehidupan sehari-harinya yang semakin baik. Dalam pemilahan edamame ini, warga dampingan di dampingi oleh 1 orang Supervisor dan 1 sampai 2 orang Caregiver.

Usaha ini tidak sekedar berorientasi kepada keuntungan ekonomi semata, tetapi lebih daripada itu untuk meningkatkan rasa percaya diri dari ODGJ dalam masa pemulihan kesehatan jiwa pasca hospitality di Rumah Sakit.

Pembelajaran yang juga bisa didapatkan dari usaha ini yaitu kerjasama, tolong menolong, disiplin dan keuletan. Hal ini pulalah yang akan menjadi bekal bagi ODGJ ketika kembali ke rumah, lingkungan dan masyarakat agar menjadi pribadi mandiri dan mampu mengelola kesehatan mentalnya dengan baik. [Penulis : Karel Tuhehay & Kudriya Al Hikmah/ Editor : A.K. Perdana / Foto : Karel Tuhehay & Inna Hernawati]

Tinggalkan komentar

English EN Bahasa Indonesia ID
%d blogger menyukai ini: