Penyerahan Bantuan Untuk Korban Gempa Sulawesi Barat

Satunama.org – Pada hari Jumat dini hari, 15 Januari 2021, pukul 01.08 WITA terjadi gempa di Kabupaten Majene dan Mamuju, Sulawesi Barat dengan skala M 6,2. Gempa ini merupakan gempa susulan dari gempa yang terjadi Kamis siang (14/01/2021) pk 14.35 WITA di wilayah yang sama, dengan kekuatan M 5,9.

BMKG mengeluarkan parameter gempa berpusat 6 kilometer timur laut Majene. Pusat gempa memiliki kedalaman 10 kilometer. Ada korban jiwa, luka-luka dan sekitar 3.000 orang mengungsi. Kerugian materiil terjadi akibat gempa ini, banyak bangunan yang rusak, termasuk Kantor Gubernur Sulawesi Barat.

Yayasan SATUNAMA Yogyakarta tergerak untuk melakukan tanggap darurat (emergency response) untuk meringankan beban para korban untuk kehidupan Teman-teman Kita yang menjadi korban gempa (baik fisik maupun psikologis) selama mereka berada di pengungsian. Penggalangan dana tersebut dilakukan bekerjasama dengan BenihBaik.com, hingga akhirnya terkumpul dana sebanyak Rp 142.802.110.

SATUNAMA mengajak serta Yayasan Swadaya Mitra Bangsa (Yasmib) selaku lembaga lokal di Sulawesi untuk menyalurkan bantuan kepada para korban gempa. Sudah terlaksana dua kali penyerahan bantuan kepada korban gempa di Sulawesi Barat.

Tahap pertama, bantuan diserahkan pada tanggal 31 Januari 2021. Didistribusikan kepada: Posko Induk Desa Taan (631 KK), Desa Sumare (15 KK), Desa Bala Balakang Timur (46 KK).

Sedangkan tahap kedua, bantuan diserahkan pada tanggal 1 februrari 2021. Didistribusikan kepada tujuh wilayah, yaitu: Patidi, Boteng Induk, Boteng Utara, Solepto, Karampuang, Tapandulu dan Pamulukang.

Terima Kasih kepada para #TemanBaik yang telah membantu dengan berdonasi untuk para keluarga korban gempa Mamuju, Sulawesi Barat.⁣

Tinggalkan komentar

English EN Bahasa Indonesia ID
%d blogger menyukai ini: