Dukungan Psikososial Anak Merapi – Program PFbangkit 2020

Satunama.org – Sudah hampir dua bulan, warga Kalitengah Lor mengungsi di barak pengungsian Glagaharjo terutama para lansia, ibu hamil, ibu menyusui, dan anak-anak. Seluruh warga yang mengungsi di barak pengungsian berjumlah 250 jiwa. Dari jumlah tersebut, sepertiganya adalah anak-anak. Mereka belajar di barak, bermain layang-layang dan bermain sepakbola di lapangan barak pengungsian.

Hari ini (Minggu, 20 Desember 2020), SATUNAMA dengan didukung Pertamina Foundation memberikan dukungan psikososial kepada anak-anak di Barak Pengungsian Glagaharjo dengan berlomba-lomba layaknya kegembiraan di hari kemerdekaan. Ada lomba makan krupuk, lomba bakiak, lomba pecah air, lomba pindah karet, lomba mengambil sampah, lomba memakaikan masker, lomba balon goyang. Kegiatan ini atas usulan dan rencana yang disusun oleh anak-anak sendiri baik dari anak-anak Kalitengah Lor dan Pengurus Forum Anak Glagaharjo.

Sementara, Ibu-ibu dan Bapak-bapaknya serta para lansia ikut menikmati keceriaan anak-anak di bawah tenda BNPB. “Aku senang dengan ada acara lomba-lomba ini” kata Ulfa (10 th). Nabila (11th) juga merasakan senang. Dia berharap acara seperti diadakan lagi supaya tidak bosan selama di barak pengungsian. Nabila juga berharap ada kegiatan outbond untuk mereka. Vita (11 th) sebagai ketua panitia kegiatan ini yg berasal dari Dusun Kalitengah lor juga bangga dan gembira bisa memimpin teman-temannya mengadakan lomba-lomba ini.

“Kami senang dengan adanya kegiatan ini karena bisa mengurangi trauma anak terhadap erupsi merapi tahun 2010. anak-anak sering kaget ketika ada suara dump truk yang mengambil pasir kata Bu Indri (warga Kalitengah lor). “Saya merasa senang karena anak-anak terhibur dengan kegiatan ini. Selanjutnya, Forum Anak Glagaharjo ingin mengagendakan kegiatan selanjutnya untuk menjadi teman sebaya, teman curhat, dan ada dolanan tradisional selama berada di barak pengungsian” kata Nawang, Ketua Forum Anak Glagaharjo yg juga menempati Huntap Banjarsari.

Kegiatan lomba ini diakhiri dengan makan buah apel dan pear bersama yang berguna untuk menjaga imunitas anak-anak di masa pandemi Covid-19 ini. Kegiatan ini juga hendak mewujudkan penghargaan partisipasi anak-anak karena kegiatan ini direncanakan dan dilaksanakan oleh anak-anak sendiri. Mereka semua sangat senang dan gembira meskipun panas terik matahari agak menyengat siang ini. Semoga anak-anak di Glagaharjo selalu sehat, ceria, gembira dan sejahtera serta dapat berkreasi sebebas-bebasnya.

Penulis: Dimas Ariyanto - Unit Anak & Pendidikan Yayasan SATUNAMA Yogyakarta

Tinggalkan komentar

English EN Bahasa Indonesia ID
%d blogger menyukai ini: