Pelatihan Daring Perencanaan Strategis Bagi Pemula (Seri-2)

Satunama.orgPelatihan Strategic Planning masih berlangsung dan sudah menginjak seri kedua dari total empat seri. Dalam seri kedua pelatihan akan membahas soal Human Resource Planning, Communication Strategy dan Organizational Structure. Pelatihan seri kedua ini diikuti oleh perwakilan dari Yayasan Swadaya Dian Khatulistiwa (YSDK) Kalimantan Barat, Justice Peace and Integrity of Creation (JPIC) Kalimantan Tengah, Aster Malang, dan juga BLK Don Bosco Sumba.

Pelatihan seri kedua dibuka oleh Pak Meth selaku fasilitator dengan membahas Human Resource Management & Development. Beliau membeberkan beberapa strategi praktis dalam menjaga motivasi pekarya, proses seleksi kandidat, cara wawancara dan juga memenuhi kemampuan manajemen yang efektif. Saat menjelaskan beliau pun membuka kesempatan untuk beberapa peserta yang ingin mengkonsultasikan permasalahan yang ditemui dalam organisasinya dengan tema-tema yang dijelaskan.

Sebelum melanjutkan ke materi berikutnya Pak Meth kerap kali juga membuka ruang yang bisa dimanfaatkan oleh peserta untuk bertanya ataupun berkonsultasi.

Melanjutkan materi, Pak Meth menjelaskan beberapa strategi lain yang dirasa akan berguna bagi pemimpin organisasi. Materi yang dipaparkan yaitu cara merancang program yang sesuai, cara menanggapi kritik, cara mendorong pertumbuhan, cara membuat keputusan dan lain-lain.

Dalam penjelasannya beliau juga menyempatkan untuk bertanya kepada peserta terkait cara yang sudah mereka lakukan selama ini. Dan untuk menutup hari pertama seri kedua ini, Pak Meth menghadirkan tabel perencanaan SDM yang bisa digunakan oleh para peserta untuk menjamin ketersediaan SDM yang sesuai dalam organisasinya.

Pada hari terakhir seri kedua, Pak Meth memberikan penawaran untuk memberikan penjelasan terkait Project Cycle Management (PCM) terlebih dahulu sebelum mulai materi sesuai jadwal. Lalu setelah mendapat persetujuan dari peserta Pak Meth menampilkan berbagai macam metode perencanaan partisipatif lengkap dengan penjelasan singkat dan asalnya sebagai perbandingan.

PCM sendiri dijelaskan sebelum materi sesuai jadwal karena dirasa metode ini penting untuk diketahui terlebih dahulu sebelum dapat melanjutkan matei selanjutnya. PCM dijelaskan mulai dari sejarah, cara penggunaan, urutan tahap pengelolaan dan juga hasil yang dihasilkan dari metode ini.

“Strategi komunikasi menjadi penting karena komunikasi membuahkan hasil hubungan baik dengan banyak stakeholders” ujar Pak Meth sebelum memulai pembahasan terkait strategi komunikasi. Pak Meth pun menjelaskan banyak faktor penting untuk menyusun strategi komunikasi.

Sebagai bahan latihan, beliau pun menyiapkan tabel perencanaan komunikasi yang sudah diberi contoh dan meminta peserta mengisi tabel sesuai dengan situasi organisasi masing-masing. Seusai mengerjakan perencanaan komunikasi para peserta diminta untuk mempresentasikan dan akan diulas sebagai bahan diskusi antara fasilitator dan peserta.

Selesainya presentasi tabel dari para peserta juga menandakan berakhirnya pelatihan Strategic Planning seri kedua. Peserta pelatihan masih antusias sampai akhir sesi, hal ini terlihat dari diskusi yang masih aktif sampai pukul 16.00 WIB. Pada akhir sesi pelatihan, panitia mengajak peserta untuk foto bersama sebagai kenang-kenangan. Akhir kata, semoga di waktu lain bisa bertemu secara langsung dan bertukar ide dengan lebih asik. Sampai Jumpa!

Penulis : Christian Adi Nugroho (Mahasiswa Magang Univ. Atma Jaya Yogyakarta)

Satu pemikiran pada “Pelatihan Daring Perencanaan Strategis Bagi Pemula (Seri-2)”

Tinggalkan komentar

English EN Bahasa Indonesia ID
%d blogger menyukai ini: