Pelatihan e-RDKK dan SLPTT Wujud Sinergi Pemerintah, Perusahaan dan Masyarakat

Satunama.org – Kegiatan Pelatihan e-RDKK (e-Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok Tani) dan Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu (SLPTT) mendapat dukungan dari SKK Migas, Dinas Pertanian Kabupaten Fakfak, Yayasan SATUNAMA Yogyakarta dan Tangguh LNG. Hal ini merupakan Perwujudan sinergitas antara Pemerintah, Perusahaan dan Masyarakat.

Dihadapan kurang lebih 60 orang petani dari Kampung Arguni-Taver, Kampung Furir dan Kampung Kokas, Bupati memotivasi peserta kegiatan agar mengembangkan pertanian dengan baik dan memberikan catatan tentang penggunaan dana prospek 2020.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Pertanian Kab. Fakfak turut menyampaikan pendataan untuk pembuatan Kartu Tani diharapkan meningkatkan ketepatan sasaran penyaluran pupuk subsidi, alat pertanian, benih maupun program lain dari Dinas pertanian.

Sementara Kegiatan SLPTT dengan komoditas Kacang dan Cabe diarahkan untuk memenuhi kebutuhan pasar lokal dan pasar lainnya di daerah-daerah sekitar proyek Tangguh LNG, diharapkan kegiatan pertanian semusim produktif ini dapat memberdayakan ekonomi masyarakat.

Melalui kegiatan pembuatan demplot di kampung Kokas, Arguni-Taver dan Furir, diharapkan dapat menggugah masyarakat di Kampung untuk memanfaatkan lahan-lahan tidur dan lahan pekarangan disekitar tempat tinggalnya.

Untuk petani yang terlibat, kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan semangat belajar dan memproduksi ilmu pengetahuannya sendiri. Dimasa depan dari proses ini diharapkan ada ahli yang tumbuh dari kelompok dan mampu memecahkan persoalan baik praktis maupun teknis di kelompok tersebut.

Penulis: Edy Purwaka

Tinggalkan komentar

English EN Bahasa Indonesia ID
%d blogger menyukai ini: