Workshop Photovoice untuk Kreatifitas Anak

Workshop Photovoice untuk Kreatifitas Anak

Anak-anak adalah pemilik masa depan, yang akan dirugikan jika mereka tidak mendapatkan kesempatan mengenal lingkungan sosial dimana mereka tinggal dengan maksimal. Anak-anak perlu disadarkan untuk mengenal budaya dan nilai-nilai kehidupan yang baik untuk mengembangkan masa depan mereka.  Cara mengenal budaya yang baik adalah kemampuan mengenal alam, flora dan fauna, fenomena sosial, serta kebudayaan pada umumnya sehingga anak-anak dapat menjaga kelestarian kekayaan budaya mereka.

Dunia fotografi perlu dikenalkan kepada anak-anak sejak dini, karena fotografi mampu merekam seluruh kekayaan alam yang terbentang luas. Oleh karena itu, program “photovoice” untuk kegiatan anak-anak menjadi pilihan yang tepat untuk mengajak anak-anak mengenal, memahami, dan merasakan dengan lebih baik dari segala seluk beluk, lika-liku tentang kebudayaan, kekayaan alam, dan keragaman flora fauna Sumba.

Pendekatan photovoice merupakan sarana yang komunikatif karena didalamnya dapat menyampaikan sebuah pesan yang tidak hanya dilakukan melalui bahasa lisan atau tulisan tetapi juga dalam bahasa visual lewat foto.Sehingga dalam photovoice ini dapat juga menjadi sarana efektif dalam menyampaikan pesan atau gagasan.

Selain itu, teknik ini juga digunakan untuk mengantisipasi masyarakat yang biasanya lemah dalam menyampaikan secara lisan (verbal).Melalui foto, kita berlatih untuk dapat mencermati dan menjelaskan suatu objek yang kita foto.Sehingga pendekatan ini jadi solusi alternatif dalam bentuk komunikasi yang partisipatif.

Tujuan

  • Peserta mampu mengoperasikan kamera
  • Peserta mampu  mengenal  diri  dan  lingkungan  melalui  teknik fotografi
  • Anak-anak mengenal lingkungan sosial budaya dan flora fauna dimana mereka tumbuh kembang didalamnya
  • Anak terasah kepekaannya terhadap apa yang terjadi di dalam lingkungan dimana mereka tinggal
  • Anak mampu mengungkapkan apa yang dirasakan, diminati dari yang dilihat dan dijumpai selama mereka tinggal di lingkungan tempat tinggalnya.

Sasaran peserta
Siswa SD  (Kelas IV-VI), Siswa SMP, dan Siswa SMA.

Materi

    • Dasar-dasar fotografi
    • Analisis sosial sederhana
    • Teknik Reportase
    • Berburu Foto
    • Eksposisi Foto Karya Anak

Fasilitator dan Narasumber
Wahyu Sigit Rhd (Narasumber)
Prasena Nawak Santi (Fasilitator)

Tempat dan Waktu Pelaksanaan
13-15 Desember 2019
Balai Pelatihan SATUNAMA
Jl. Sambisari No. 99 Duwet Sendangadi Mlati Sleman
Daerah Istimewa Yogyakarta

Informasi Detil dan Pendaftaran
082226887110
training@satunama.org

Leave a Comment

Translate »