Pelatihan Penulisan Laporan Berbasis Pengelolaan Pengetahuan

Pelatihan SATUNAMA
Sebarkan:Tweet about this on TwitterShare on Facebook0Share on Google+0Share on Tumblr0Email this to someone

Pelatihan

Penulisan Laporan Berbasis Pengelolaan Pengetahuan

Dalam tahapan kerja manajemen program, penulisan laporan merupakan salah satu rangkaian yang amat menentukan keberhasilan sebuah  program. Kondisi  ini memberikan syarat  kepada penanggungjawab dan pelaksana  program memiliki kemampuan menulis laporan kegiatan. Pada titik ini, menjadi problem krusial, yakni tidak semua manajer atau staf program memiliki kemampuan menulis tulisan narasi laporan secara baik. Di sisi yang lain, teknik penulisan laporan bukanlah sebuah teknik sederhana yang asal, melainkan  membutuhkan seperangkat kemampuan menulis yang baik, jelas, lengkap, sistematis dan menggabungkan unsur fakta, data dan opini, menjadi kumpulan informasi yang benar, terang, dan meaningfull.

Terkadang penulisan laporan program hanya ditulis sebagai syarat kelengkapan ke lembaga donor atau ke penanggungjawab program. Akibatnya isi laporan tidak memiliki basis pengetahuan, nir-makna, sehingga sulit untuk dapat memproduksi pengetahuan baru, penciptaan program baru, replikasi program, dan pengetahuan yang dapat dibagi ke publik. Padahal, ikhtisar penulisan laporan yang baik adalah memuat semua elemen yang tertulis di atas. Dari sana, isi penulisan laporan yang baik dapat digubah menjadi fakta awal penulisan buku best practice juga lesson learned, sekaligus memberikan amunisi bagi penataan manajemen pengetahuan organisasi. Manajemen pengetahuan organisasi yang lebih tertata akan memberikan dampak pada melimpahnya sumber pengetahuan dan penciptaaan inovasi program baru. Dengan makin banyaknya inovasi program, upaya-upaya membangun dunia yang lebih baik, adil dan sejahtera, bukanlah mimpi utopis belaka, melainkan sebuah harapan yang semakin dekat untuk dicapai.

Berangkat dari situasi tersebut, Yayasan SATUNAMA akan menyelenggarakan pelatihan penulisan laporan dengan pendekatan Knowledge management  untuk penanggung jawab dan pelaksana program.

Tujuan Pelatihan

Pelatihan penulisan laporan ini, secara umum bertujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam manajeman program yakni kompetensi menulis laporan program berbasis knowledge management.

Melalui peningkatan kemampuan ini, tujuan khusus yang ingin dicapai adalah :

  1. Peserta pelatihan memiliki pengetahuan tentang knowledge management dan memahami pentingnya knowledge management dalam organisasi.
  2. Peserta pelatihan memiliki pengetahuan tentang penulisan laporan berbasis knowledge management (fungsi – tujuan – jenis – komponen utama – prinsip – kriteria dan format penulisan).
  3. Peserta pelatihan memiliki pengetahuan menghubungkan hasil penulisan laporan menjadi lesson learned untuk mengembangkan pengetahuan bagi organisasi dan publik.
  4. Peserta memiliki keterampilan mengolah data kegiatan menjadi tulisan laporan yang menarik, akurat, detil dan sistematis.
  5. Peserta memiliki keterampilan editing bahasa dan foto, dan pengaplikasian software knowledge management.
  6. Peserta dapat menggunakan knowledge management untuk menciptakan produk – produk program baru dalam organisasi

Metode Pelatihan

Seluruh  rangkaian  pelatihan  akan  diselenggarakan  dengan menggunakan  prinsip  pendidikan  orang  dewasa – POD  (Adult  Learning  Principles – ALP), dengan mengikuti siklus pembelajaran berbasis pengalaman yang  telah  dikembangkan  Unit Pelatihan dan Konsultansi SATUNAMA.  Variasi metode  presentasi  yang  tak  mendominasi,  pengamatan,  diskusi, permainan dan  praktek  akan  mewarnai pengembangan kapasitas ini.

Materi Pelatihan

Materi dalam pelatihan ini yaitu:

  1. Pengantar Knowledge management mengapa knowledge management penting dalam organisasi
  2. Definisi, tujuan, posisi, strategi, teknik, jenis, prinsip, kriteria, format dan komponen utama penulisan laporan berbasis knowledge management.
  3. Memproduksi program – program inovatif menggunakan pendekatan berbasis knowledge management.
  4. Pengenalan dan penggunaan software (editing & database) dalam penulisan laporan berbasis knowledge management.

Fasilitator

Fasilitator dalam pelatihan ini adalah Tim Fasilitator Yayasan SATUNAMA yang berkompeten dalam bidang implementasi dan pengembangan program dan pengelolaan pengetahuan.

Peserta Pelatihan dan Syarat Keikutsertaan

Peserta pelatihan diutamakan bagi penanggung jawab dan pelaksana program, namun tidak menutup kemungkinan bagi siapapun yang tertarik dengan tema pelatihan ini.

Waktu dan Tempat

Pelatihan ini berdurasi 3 (tiga) hari, diadakan pada tanggal 26 – 28 September 2017. Kelas berlangsung  pukul 08.30 – 17.00 WIB dan dilanjutkan pada malam hari jika ada tugas yang diberikan fasilitator.

Pelatihan bertempat di Balai Latihan SATUNAMA yang terletak di Kompleks SATUNAMA, Jalan Sambisari No. 99 Duwet, Sendangadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta 55285.

Fasilitas Pelatihan   

  • Lokasi pelatihan yang nyaman, aman, dan mendukung suasana belajar;
  • Ruang kelas dengan peralatan lengkap;
  • Penginapan dengan kamar mandi dalam;
  • Tiga kali makan dan dua kali makanan ringan selama pelatihan;
  • Perpustakaan yang bisa diakses pada jam kerja;
  • Free Wifi
  • Training kit;

Biaya pelatihan

Biaya pelatihan : Rp. 3.900.000,00 (tiga juta tujuh ratus lima puluh ribu rupiah)

Pembayaran :

  1. Biaya pelatihan dibayarkan paling lambat 1 (satu) minggu sebelum hari H pelatihan.
  2. Biaya pelatihan dikirimkan melalui rekening :

Bank CIMB Niaga cabang Yogyakarta
No rekening CIMB NIAGA 7001 695 748 00 a.n Yayasan SATU NAMA (Kesatuan…)

Mohon bukti transaksi transfer dikirimkan via email kepada kami.

Kontak

Sekretariat Kompleks SATUNAMA, Jalan Sambisari No. 99 Duwet

Sendangadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta 55285

Surat Elektronik training@satunama.org
Kontak Personil Banu Badrika (banu.badrika@satunama.org) +62 813 2799 4491

Yulita Rossy Hastaria (rossy@satunama.org) +62 857 2682 4676

Print Friendly, PDF & Email
(Visited 42 times, 1 visits today)
Sebarkan:Tweet about this on TwitterShare on Facebook0Share on Google+0Share on Tumblr0Email this to someone

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*