Pelatihan Trilogi Organisasi

Pelatihan dan Konsultansi SATUNAMA
Trilogi Organisasi 2017
Sebarkan:Tweet about this on TwitterShare on Facebook0Share on Google+0Share on Tumblr0Email this to someone

Satunama.org – Trilogi Organisasi adalah kesatuan yang tidak terpisahkan dari tiga unsur fundamental yang menjadi tumpuan bagi keberlangsungan sebuah organisasi. Di dalam pelatihan ini peserta diajak untuk menyadari pentingnya tiga hal tersebut, yaitu Budaya OrganisasiManajemen Kualitas, dan Kebahagiaan Staf. Di dalam organisasi, biasanya ketiga hal tersebut dianggap penting, tetapi belum tentu menjadi pengolahan yang intensif. Lebih sering diandaikan daripada dijadikan tema untuk diolah bersama.

Maka pada kesempatan ini para peserta diajak untuk mendalami unsur-unsur pokok dalam masing-masing unsur tersebut. Dengan mengolah bersama Budaya Organisasi, akan menjadi jelas karakter spesifik organisasi sebagaimana dikehendaki oleh para pihak yang terlibat di dalamnya. Dengan begitu, organisasi mempunyai mekanisme yang khas untuk mengembangkan dirinya, menangani permasalahan-permasalahan yang muncul dan merancang program/ proyek yang akan dijalankannya. Salah satu unsur yang penting di dalam budaya organisasi adalah manajemen kualitas produk maupun layanannya. Hal ini sering diandaikan begitu saja. Tidak ada organisasi yang tidak ingin memberikan produk dan layanan yang berkualitas. Namun bagaimana pengelolaannya, sering kali tidak menjadi fokus perhatian. Dari satu pihak, pengelolaan atau manajemen kualitas akan menjadi jaminan kualitas organisasi dan kinerjanya, dari lain pihak, pihak-pihak yang dilayani akan semakin puas dan ketagihan. Namun Budaya Organisasi akan menghasilkan kekhasan yang membanggakan dan kualitas yang diharapkan bila para anggota-anggotanya merasa bahagia berada dan menjadi bagian dari organisasi tersebut. Kebahagiaan Staf sering kali dibiarkan sebagai urusan pribadi masing-masing staf saja, padahal sebagai rumah kedua, seharusnya organisasi menjadi tempat teduh yang membuat orang dapat memperkembangkan diri dan merealisasikan diri seoptimal mungkin.

Bila staf merasa bahagia dan bangga menjadi anggota sebuah organisasi, niscaya dia akan memberikan yang terbaik dan maksimal. Dengan kata lain staf akan dengan senang hati meningkatkan kualitasnya secara berkelanjutan. Kesediaan untuk meningkatkan pengetahuan, ketrampilan dan sikapnya, menjadi dasar terwujudnya kualitas pribadi maupun lembaga dan budaya organisasi akan menjadi rajutan karakter bersama.

Tujuan

  • Para peserta menyadari pentingnya membangun Trilogi Organisasi demi keberlangsungan lembaga, terwujudnya karakter spesifik yang menjadi unggulan lembaga, kebahagiaan staf untuk memperkembangkan diri dan menyumbangkan dirinya yang optimal, dan peningkatan kualitas staf, lebaga dan layanannya.
  • Para peserta akan tergugah semangatnya untuk menjadi bagian integral yang memainkan peran penting di dalam organisasinya.
  • Para peserta menjadi yakin bahwa dengan meningkatkan diri untuk semakin tahu, mau, dan mampu dalam bidang tanggung jawabnya, keberlangsungan lembaga juga terjamin.

Metode Workshop dan Pelatihan

Pendekatan yang diterapkan adalah Pendidikan Orang Dewasa, di mana peserta menjadi pusat kegiatan dan pemegang peran utama. Sharing, curah pendapat, diskusi pengalaman menjadi bagian penting di dalam pelatihan ini. Dengan begitu diharapkan, baik hasil workshop maupun pelatihan merupakan hasil bersama, yang berpusat pada peserta.

Waktu Pelaksanaan

Pelatihan dilaksanakan selama 3 hari: 14-16 Maret 2017

Info lebih lanjut : training@satunama.org
Kantri ( 0813-2879-9867 )
Rossy ( 0857-2682-4676 )

(Visited 75 times, 1 visits today)
Sebarkan:Tweet about this on TwitterShare on Facebook0Share on Google+0Share on Tumblr0Email this to someone

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*