Pengelolaan Sumber Daya Alam & Kesejahteraan Masyarakat

Dari Dapur Media SATUNAMA
Sebarkan:Tweet about this on TwitterShare on Facebook0Share on Google+0Share on Tumblr0Email this to someone

Edisi Tematik laman online SATUNAMA kembali diterbitkan bulan pertama pada tahun 2017. Tim Media SATUNAMA mengawali tahun baru ini dengan memilih tema Penanganan Sumber Daya Alam (PSDA), tidak secara kebetulan topik tema kali ini terpilih. Seperti diketahui bersama, Kota Bima, Nusa Tenggara Barat pada akhir tahun 2016 lalu dilanda banjir bandang. Baru-baru ini hujan lebat juga mengguyur hampir seluruh Kota Jogja, beberapa kawasan di bantaran kali terendam karena lupan air. Tidak hanya itu, ruas-ruas jalan diberitakan tergenang efek dari hujan deras tersebut.

Kita tentu bisa membaca bahwa rentetan peristiwa itu merupakan konsekuensi atas keterlepasan kesadaran manusia tentang pengelolaan lingkungan dan alam yang seimbang. Oleh karenanya, pada bulan Januari 2017 ini SATUNAMA memutuskan mengangkat tema Pengelolaan Sumber Daya Alam dan kaitannya dengan Kesejahteraan Masyarakat.

Pada edisi tematik kali ini, beberapa artikel yang akan diangkat antara lain adalah soal sumber daya alam dan kaitannya dengan kemakmuran desa dan juga soal tata kelola hutan. Ada juga cuplikan obrolan bersama seorang pegiat isu lingkungan di wilayah Magelang dan juga sebuah profil komunitas pegiat isu lingkungan dan alam. Sebagai bahan refleksi dan kontemplasi, mulai tahun ini muncul rubrik kolom yang juga disesuaikan dengan tema yang diangkat. Sementara resensi buku kali ini membahas soal pengelolaan sumber daya alam di Nusa Tenggara Timur.

Selamat membaca, semoga kita semakin sadar bahwa sumber daya alam yang kita nikmati sekarang ini adalah titipan dari anak-cucu kita. Mencintai, merawat dan mengelola lingkungan dan sumber daya alam menjadi awal untuk kita merawat generasi selanjutnya sekaligus untuk mewujudkan keadilan sebagai sebuah negara yang wilayahnya berlimpah potensi alam.

Penjaga Dapur Media SATUNAMA

Print Friendly, PDF & Email
(Visited 202 times, 1 visits today)
Sebarkan:Tweet about this on TwitterShare on Facebook0Share on Google+0Share on Tumblr0Email this to someone

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*