satunamasatunamasatunama

Perpustakaan Loekman Soetrisno Yayasan SATUNAMA

Perpustakaan SATUNAMA Ikut Serta Dalam Pameran Media dan Literatur

SATUNAMA Pameran Media dan Literasi 2015
Sebarkan:Tweet about this on TwitterShare on Facebook0Share on Google+0Share on Tumblr0Email this to someone

Satunama.org – Hari Jumat dan Sabtu (11-12/9 ) yang lalu Perpustakaan Loekman Soetrisno dan Radio SATUNAMA berpartisipasi dalam acara “Pameran Media dan Literatur” yang diselenggarakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM ) Bahasa dan Sastra Inggris Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Pameran ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca masyarakat, menghidupkan kembali sastra lama serta meningkatkan kepekaan dan kepedulian kalangan muda tentang literasi informasi dan informasi yang dibuat oleh media sosial.

Untuk pameran kali ini kami membawa buku-buku terbitan SATUNAMA untuk dijual kepada pengunjung. Pada pameran ini kami juga membawa sekitar 100 ( seratus ) buku cerita anak-anak koleksi perpustakaan anak Loekman Soetrisno untuk dibaca di tempat oleh pengunjung. Selain buku, kami juga membawa permainan anak-anak, yaitu congklak. Dan ternyata peminat permainan congklak ini tidak hanya anak-anak, tetapi juga orang dewasa antusias memainkannya. “ Mengenang permainan masa kecil Mbak, “ kata seorang mahasiswi sambil tersenyum.

Pameran yang berlangsung dari pagi hingga sore ini bertempat di Jogja Nasional Museum (JNM), Jalan Profesor Ki Amri Yahya nomor 1 Gampingan, Wirobrajan, Yogyakarta. Di sela-sela pameran juga diselenggarakan diskusi dengan tema: “Kekuatan Media Memengaruhi Masyarakat dan Mengenalkan dan Menghidupkan Kembali Sastra di Kalangan Kawula Muda”.

Radio SATUNAMA, mendampingi Perpustakaan Loekman Soetrisno dalam pameran kali ini. Selama dua hari, Radio menyiarkan program siaran secara streaming dan melalui frekuensi 855 AM. Secara streaming sepanjang hari pertama, dan secara streaming serta secara konvensional di hari kedua. Beberapa pengunjung menanyakan kemungkinan bekerjasama dengan Radio SATUNAMA. Juga menanyakan program edukasi dan program anak-anak.

Untuk melengkapi stand pameran kami juga membawa brosur Radio SATUNAMA yang memuat program acara Radio SATUNAMA dan juga brosur Perpustakaan Prof. Dr. Loekman Soetrisno, MA. Brosur ini kami pakai untuk mempromosikan keberadaan Radio dan Perpustakaan SATUNAMA. Harapan kami, sebagai media pendidikan publik, perpustakaan dan radio SATUNAMA dapat semakin dikenal dan dimanfaatkan oleh masyarakat.

Tidak terasa dua hari berlalu dengan cepat. Di saat-saat akhir menjelang penutupan masih tampak beberapa orang mengunjungi stand kami. Membaca buku dan bermain congklak di tikar yang kami sediakan. Bahkan beberapa pengunjung juga membeli buku yang kami jual. Meskipun singkat dan sederhana pameran ini cukup berkesan bagi kami. Jika tanggal 14 September diperingati sebagai Hari Kunjung Perpustakaan, maka kali ini perpustakaan Loekman Soetrisno Yayasan SATUNAMA memperingatinya dengan jalan-jalan mencari pengunjung.

Demikian juga untuk Radio SATUNAMA, tanggal 12 September adalah Hari Ulang Tahun Radio SATUNAMA. Berkesempatan ikut serta dalam pameran kali ini seperti “kado”. Dapat untuk mengenalkan Radio SATUNAMA secara langsung kepada para calon Sahabat SATUNAMA.

Penulis : Dina Widhikirana dan Tatik Sulistyaningsih
Editor : Bima Sakti

(Visited 84 times, 1 visits today)
Sebarkan:Tweet about this on TwitterShare on Facebook0Share on Google+0Share on Tumblr0Email this to someone

Leave a comment

Your email address will not be published.


*