satunamasatunamasatunama

Sekolah Politisi Muda SATUNAMA

Membangun Konstituen dengan Pendekatan Langsung

Hari kedua
Sebarkan:Tweet about this on TwitterShare on Facebook0Share on Google+0Share on Tumblr0Email this to someone

Politisi harus bisa melakukan pendekatan yang efektif kepada masyarakat untuk membangun konstituen. Hal itu menjadi inti utama kegiatan di hari kedua Sekolah Politisi Muda (SPM) SATUNAMA, Rabu, (30/9).

Pada pertemuan kedua ini, Dr. Emmanuel Subangun dari Universitas Atmajaya Jakarta menjadi pengajar bagi para peserta dengan mengusung materi tentang “Membangun Konstituen: Strategi dan Pendekatan”. Para peserta nampak bersemangat menerima materi yang disampaikan Dr. Emmanuel Subangun. Acara dibagi menjadi tiga sesi, sesi pertama penyampaian materi, sesi kedua terjun ke lapangan, dan sesi ketiga adalah diskusi terkait dengan hasil dari lapangan. Tujuan peserta terjun ke lapangan adalah untuk mengetahui bagaimana cara politisi muda membangun kekuatan dengan cara melakukan pendekatan kepada masyarakat.

beringharjo

Peserta Sekolah Politisi Muda berbicara kepada penjual pakaian batik di pasar Bringharjo Yogyakarta. [Foto: Rusdiyanto]

Sebelum terjun ke lapangan para politisi muda ini dibagi per kelompok. Setiap kelompok diberi tugas untuk berkunjung ke tempat yang telah ditentukan oleh pemateri, yaitu pasar Bringharjo, Mall Malioboro, toko retail Progo dan Mirota. Dalam kunjungan ke tempat-tempat tersebut, peserta ditugaskan untuk bertanya kepada penjual dan pembeli. Para peserta menyembunyikan identitas mereka sebagai politisi dan bergaya seperti masyarakat biasa umumnya.

Nampak bahwa setiap peserta mempunyai cara yang berbeda-beda untuk melakukan pendekatan kepada masyarakat. Ada yang melakukan pendekatan kepada penjual baju batik, penjual makanan, dan penjual aksesoris. Dalam melakukan pendekatan tersebut ada yang berbelanja sambil bertanya, dan ada juga yang mengobrol santai. Hasil dari lapangan kemudian ditulis dan didiskusikan pada sesi ketiga malam harinya.

Penulis: Rusdiyanto
Editor: Ariwan K. Perdana

(Visited 114 times, 1 visits today)
Sebarkan:Tweet about this on TwitterShare on Facebook0Share on Google+0Share on Tumblr0Email this to someone

Leave a comment

Your email address will not be published.


*