Seminggu bersama SATUNAMA

Seminggu di SATUNAMA (AVI-20150121)
Seminggu di SATUNAMA (AVI-20150121)
Sebarkan:Tweet about this on TwitterShare on Facebook2Share on Google+0Share on Tumblr0Email this to someone

Satunama.org – Delapan belas mahasiswa dari University of Melbourne, Australia, tiba di Yogyakarta pekan lalu untuk bekerja dengan SATUNAMA untuk memberdayakan masyarakat di sekitarnya.

Sebagai bagian dari inisiatif ini, untuk membantu terlibat dengan komunitas-komunitas terlebih dahulu para mahasiswa dibekali dengan sebuah pelatihan guna memahami misi Satunama, belajar beberapa bahasa dan memahami cara ‘hidup’ keseharian orang Indonesia. Sebelum dengan mata terbelalak, gugup serta tidak yakin pada tugas yang kami punyai di depan. Dalam sesi ini kami mendapat banyak wawasan baru karena mereka (para pembimbing) telah memberi kepada kami kerangka untuk membimbing kontribusi kami selama sebulan kedepan.

Di samping sesi ini kami juga menemukan obligasi baru antara diri kita sendiri dan staf SATUNAMA, memungkinkan kita untuk merasa nyaman dalam tugas-tugas kami di negara yang indah ini.

Saat ini, delapan belas dari kita berada dalam empat kelompok di lokasi yang berbeda dan berfokus pada isu-isu yang terpisah dengan satu tujuan dalam pikiran: pemberdayaan masyarakat. Tiga kelompok terbagi dalam masyarakat lokal di DIY : Sitimulyo, Keningar dan Kadiladjo dan satu kelompok bekerja di kantor SATUNAMA dengan masyarakat setempat Duwet.

Dengan berbagai kekuatan di latar belakang pendidikan dan kepentingan kami, diskusi kami di seluruh pelatihan telah memungkinkan kita untuk berkolaborasi dalam rangka untuk mengembangkan ide-ide yang mendukung tujuan menyeluruh dari SATUNAMA. Kami sangat senang dan bersemangat untuk melanjutkan kemitraan dengan SATUNAMA untuk memaksimalkan waktu kami selama disini.

Ditulis oleh: Asheda Weekes dan Genevieve Williams
Editor: Bima Sakti

(Visited 150 times, 1 visits today)
Sebarkan:Tweet about this on TwitterShare on Facebook2Share on Google+0Share on Tumblr0Email this to someone

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*