Pelatihan Kepemimpinan dan Manajemen Partai Politik di Timor-Leste

Satunama.orgDesk Timor-Leste Yayasan SATUNAMA Yogyakarta menyelenggarakan “Pelatihan Kepemimpinan dan Manajemen Partai Politik” untuk para pemimpin partai politik Timor-Leste dari PD, PUDD, dan UDT pada 26-27 September 2023 di Leadership Room City8, Dili, Timor-Leste. Program ini didukung oleh Konrad-Adenauer-Stiftung Jerman sebagai salah satu tindak lanjut dari kegiatan “Field Need Assessment of Political Parties in Timor-Leste” yang dilakukan oleh Desk Timor-Leste Yayasan SATUNAMA Yogyakarta pada bulan September 2022.

Salah satu temuan penting dari field need assessment tersebut menunjukan bahwasanya beberapa komponen penting kepemimpinan dan manajemen partai politik di beberapa partai politik Timor-Leste belum terlembagakan secara modern dengan baik. Pertama, ketergantungan pada satu figur pemimpin. Kedua, kepengurusan partai politik belum berjalan secara teratur. Ketiga, ketergantungan finansial partai terhadap APBN masih besar. Keempat, platform program partai politik belum memberikan dampak terhadap perolehan peningkatan suara pada pemilu. Kelima, komunikasi politik antar elite partai dalam koalisi pemerintahan belum mampu memediasi kepentingan eksekutif dan legislatif sehingga banyak agenda kebijakan yang menemui jalan buntu. Keenam, rekrutmen keanggotaan partai belum dikelola secara regeneratif. Oleh sebab itu, Desk Timor-Leste menindaklanjuti temuan tersebut sembari menjawab kebutuhan lapangan partai-partai politik mitra dengan menawarkan pelatihan kepemimpinan dan manajemen partai politik untuk para pimpinan partai politik mitra di Timor-Leste.

Muhammad Zuhdan, Kepala Desk Timor-Leste Yayasan Satunama, menyampaikan maksud dan
tujuan pelatihan Kepemimpinan dan Manajemen Partai Politik di depan peserta dari para
pimpinan partai-partai politik mitra Timor-Leste (Selasa, 26 September 2023)
Muhammad Zuhdan, Kepala Desk Timor-Leste SATUNAMA, menyampaikan maksud dan tujuan pelatihan Kepemimpinan dan Manajemen Partai Politik di depan peserta dari para pimpinan partai-partai politik mitra Timor-Leste (Selasa, 26 September 2023)

Menurut Muhammad Zuhdan, Kepala Desk Timor-Leste Yayasan SATUNAMA Yogyakarta selaku pimpinan program ini mengatakan bahwasanya, “Tujuan pelatihan ini yaitu : (1). Meningkatkan kapasitas pimpinan partai mitra dalam memahami kepemimpinan dan manajemen partai politik ; (2). Melekatkan nilai-nilai integritas, profesionalisme dan demokrasi kepada pimpinan partai mitra dalam kepemimpinan dan kepengurusan partai politik; (3). Meningkatkan kapasitas keterampilan pimpinan partai mitra dalam kepemimpinan dan kepengurusan partai politik, sembari menjawab kebutuhan kelembagaan partai politik Timor-Leste, papar Zuhdan.”

Metode pelatihan ini menggunakan metode partisipatif. Pelatihan ini berlangsung selama 2 hari, diikuti kurang lebih 25 peserta dari PD, PUDD, dan UDT. Materi utama pelatihan yang diberikan yaitu Kepemimpinan dan Manajemen Partai Politik. Materi turunan lainnya yaitu : (1). Visi Kepemimpinan Politik Timor-Leste ke Depan ; (2). Merancang Model Kepemimpinan Modern Partai Politik ; (3) Merancang Model Manajemen Modern Partai Politik ; (4).Tata Kelola Keuangan Partai Politik Secara Mandiri dan Berkelanjutan; (5) Action Plan.

Monica Clotilde Fereira, Fasilitator Lokal Timor-Leste menyampaikan road map dan alur proses pelatihan kepemimpinan dan manajemen partai politik di depan para peserta (Selasa, 26 September 2023)

Pemateri pelatihan ini berasal dari dua negara, yaitu I Gede Edy Purwaka, Wakil Direktur Eksekutif Yayasan SATUNAMA Yogyakarta Indonesia dan Nivio Magalhaens selaku Secretary of State, Republic Democratic Timor-Leste (RDTL) serta juga pimpinan muda Kantor Pusat Partai Demokrat Timor-Leste. Untuk fasilitatornya juga dari dua negara, Bima Sakti, Yayasan SATUNAMA Yogyakarta dan Maria Monica Clotilde Fereira, tokoh politisi perempuan Partai Demokrat Timor-Leste.

Hasil pelatihan menunjukan bahwasanya 69,59% dari total peserta mengalami perubahan peningkatan pengetahuan yang signifikan setelah mengikuti pelatihan, sedangkan 34,78 % dari total peserta masih memerlukan pendampingan lebih lanjut untuk meningkatkan pengetahuan mereka. Artinya sebagian besar peserta pelatihan setelah mengikuti pelatihan mengalami perubahan peningkatan pengetahuan kepemimpinan dan manajemen partai politik pasca mengikuti pelatihan.

Pasca pelatihan ini juga dilakukan graduation ceremony pemberian sertifikat kelulusan buat para peserta yang lulus mengikuti pelatihan ini. Pemberian sertifikat pelatihan diberikan langsung oleh Dr. Denis Suarsana (Representative Director, Konrad Adenauer Stiftung (KAS) Indonesia-Timor-Leste).

Dr. Dennis Suarsana, Direktur Representatif, Konrad Adenauer Stiftung (KAS) Indonesia-Timor Leste memberikan sertifikat kelulusan kepada salah satu peserta pelatihan sebagai bentuk apreasiasi pembelajaran (Rabu,27 September 2023)
Dr. Dennis Suarsana, Direktur Representatif, Konrad Adenauer Stiftung (KAS) Indonesia-Timor Leste memberikan sertifikat kelulusan kepada salah satu peserta pelatihan sebagai bentuk apreasiasi pembelajaran (Rabu,27 September 2023)

Disamping kegiatan pelatihan, diadakan juga executive dinner meeting program antara Pimpinan SATUNAMA, Pimpinan Representatif Konrad Adeanuer Stiftung (KAS) Indonesia-Timor Leste, dan Pimpinan Partai Politik Timor-Leste (CNRT, PD, PUDD, UDT). Pertemuan ini berlangsung di Hotel Timor, Dili, Timor-Leste pada 25-27 September 2023. Tujuan pertemuan ini untuk mempererat kemitraan dan komunikasi politik antara SATUNAMA, Konrad Adenauer Stiftung (KAS), dan Partai Politik Mitra (CNRT, PD, PUDD, dan KAS).

Executive Dinner Meeting antara Perwakilan Presiden Partai Demokrat Timor-Leste, Konrad Adenauer Stiftung (KAS) Indonesia-Timor-Leste, dan Yayasan Satunama (Selasa, 25 September 2023)
Executive Dinner Meeting antara Perwakilan Presiden Partai Demokrat Timor-Leste, Konrad Adenauer Stiftung (KAS) Indonesia-Timor-Leste, dan SATUNAMA (Selasa, 25 September 2023)

Executive Dinner Meeting ini juga bertujuan untuk memperkuat kerjasama multipihak program konsolidasi demokrasi dan good governance Timor-Leste. Muhammad Zuhdan, Selaku Kepala Desk Timor-Leste Yayasan SATUNAMA Yogyakarta menyampaikan bahwasanya, “Pertemuan para pimpinan partai menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari program kami di Timor-Leste, dan berharap executive dinner meeting semacam ini menjadi sebuah ruang diskusi bersama antar pimpinan stakeholder program dengan pimpinan partai politik Timor-Leste dalam bersama-sama mendukung program konsolidasi demokrasi dan good governance di Timor-Leste, papar Zuhdan”.

Tinggalkan komentar