Lowongan Konsultan : Studi Akhir Program Tata Kelola Pemerintahan Desa

Lowongan Konsultan
Studi Akhir Program
Tata Kelola Pemerintahan Desa Di Sumba Barat Daya
Yayasan SATUNAMA Yogyakarta

SATUNAMA adalah organisasi nirlaba independen yang didirikan pada tahun 1998. Program yang dikembangkan meliputi bidang pemberdayaan masyarakat dan pengembangan demokrasi, termasuk pluralisme dan penguatan kelompok masyarakat rentan, melalui pendampingan, pelatihan, bantuan teknis dan advokasi kebijakan publik. Saat ini, kami sedang mencari kandidat yang memenuhi syarat untuk posisi:

            Lowongan         : Konsultan Studi Akhir Program Tata Kelola Pemerintahan Desa

            Lokasi               : Sumba Barat Daya

            Durasi Kontrak  : 30 hari (15 September – 31 Oktober 2023)

Latar Belakang

SATUNAMA dengan didanai oleh William & Lily Foundation (WLF) melakukan implementasi program TATA KELOLA PEMERINTAHAN DESA di Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) dengan rentang periode pelaksanaan 2 (dua) tahun, dimulai dari September 2021-Agustus 2023. Program ini didasarkan pada pada program SDGs Desa yang diluncurkan oleh Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal, serta kebutuhan akan peningkatan tata kelola pemerintahan desa di Kabupaten SBD untuk mendorong transformasi tata kelola pemerintahan desa yang lebih baik.

Program Tata Kelola Pemerintahan Desa ini dilaksanakan di 5 (lima) desa dampingan yang tersebar di wilayah Kabupaten SBD. Desa-desa tersebut adalah Desa Tanggaba, Desa Pada Eweta, Desa Mangganipi, Desa Hameli Ate, dan Desa Pogotena. Kelima desa ini tersebar di 4 (empat) wilayah kecamatan, yaitu Kecamatan Wewea Tengah, Wewewa Timur, Kodi Utara, dan Loura.

Saat ini, proyek telah memasuki masa akhir dengan capaian-capaian yang berfokus pada 2 outcome proyek, yaitu pemerintah desa dampingan telah menjalankan tata kelola yang baik dan berperspektif SDGs Desa dan para pihak memberikan dukungan bagi penguatan tata kelola pemerintahan desa yang baik. Capaian-capaian tersebut antara lain, 5 desa dampingan program telah memiliki data desa yang lebih baik dan berkualiatas dibandingkan desa-desa lain di Kabupaten SBD; 5 desa dampingan telah memiliki RPJMDes yang berperspektif SDGs Desa sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh Pemerintah Kabupaten dan Kementerian; 4 desa dampingan telah menerbitkan Peraturan Desa terkait Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak, 5 desa telah memiliki Sistem Informasi Desa (SID), 2 desa mengalokasikan anggaran desa untuk Forum Anak, dan lain-lain.

Tanggung Jawab Pekerjaan:

  1. Merancang Studi, termasuk metodologi, instrumen, dan jadwal pelaksanaan.
  2. Melakukan Analisis Data yang relevan.
  3. Menyusun Laporan Studi Akhir Proyek, termasuk revisi laporan sesuai kebutuhan.

Persyaratan:

  1. Memiliki pengalaman dalam merancang studi dan analisis data terkait.
  2. Paham dan berpengalaman dalam menghasilkan laporan proyek.
  3. Mampu bekerja mandiri maupun dalam tim serta efisien dalam batas waktu yang ditentukan.
  4. Memiliki pemahaman tentang topik Tata Kelola Pemerintahan Desa dan wawasan mengenai Sumba Barat Daya akan menjadi nilai tambah.

Waktu Pendaftaran ditutup pada: 31 Agustus 2023, pukul 17.00 WIB

Persyaratan lamaran:

  1. Surat lamaran
  2. CV Terbaru
  3. Alamat surat lamaran: hrd@satunama.org cc: himawan.pambudi@satunama.org

Tinggalkan komentar