Pelatihan Fasilitator Masyarakat bagi staf Community Relation dari Corporate Social responsibility ( CSR ) Donggi Senoro-LNG

Satunama.org – Fasilitator masyarakat memiliki peran strategis bagi sebuah tim Community Relation agar bisa membangun hubungan yang baik dengan masyarakat, stakheholder lainnya dan pemerintah lokal agar bisa bersinergi dalam pembangunan daerah. Oleh karena itu perlu membangun kapasitas dari setiap staf Community Relation agar mampu menjadi fasilitator yang kreatif dan peduli terhadap persoalan yang dihadapi masyarakat.

Untuk tujuan itu CSR-Donggi Senoro LNG bekerja sama dengan Yayasan SATUNAMA melaksanakan kegiatan Pelatihan Fasilitator Masyarakat yang berlangsung selama 3 hari yaitu hari Selasa-Kamis,pada tanggal 25-27 Januari 2022 dan bertempat di Ruang Belajar Wisma Veranda JaVa, Desa Sidoarum, Kecamatan Godean. Kabupaten Sleman. Kegiatan dilaksanakan setiap hari mulai pukul 08.00 pagi sampai dengan pukul 17.00.
Peserta Pelatihan berjumlah 9 orang yang terdiri dari 2 Perempuan dan 7 Laki-laki yang merupakan staf Community Relation dari program Corporate Social Responsibility ( CSR) Donggi Senoro-LNG, Luwuk Banggai. Sulawesi Tengah.

Proses pelatihan menggunakan prinsip-prinsip pembelajaran orang Dewasa (Andragogi) yang mengedepankan keterlibatan atau partisipasi, membangun suasana yang nyaman, dan menghargai setiap kontribusi dari peserta. Tujuannya agar setiap peserta merasa dihargai kehadirannya dan memudahkan mereka dalam memahami materi yang diberikan. Beberapa metode yang diterapkan dalam Pelatihan ini di antaranya: Penugasan pribadi, Diskusi Kelompok, Diskusi bersama dan praktik menganalisa masalah, Menonton film dan refleksi bersama setelah mendengarkan sebuah cerita singkat.

Materi-materi yang dipelajari dalam Pelatihan ini adalah: Memfasilitasi diri sendiri. Memfasilitasi diri sendiri dan orang lain, Membangun jembatan komunikasi dengan hati, Mengenal Pendidikan Orang Dewasa ( Andragogi ), Mengenal Metodologi Pembelajaran ( Siklus Pembelajaran ), Pemetaan Masalah, Analisa Masalah, Penyusunan Program ( Perencanaan Kegiatan dan Pemantauan/monitoring).

Fasilitator Pelatihan ini adalah bapak Genie Fitriady Fendy (Mantan staf Yayasan SATUNAMA), yang sudah memiliki banyak pengalaman dalam program pemberdayaan dan pendampingan masyarakat serta pengembangan Pelatihan-pelatihan bagi orang Dewasa dengan berbagai tema atau judul Pelatihan. Sudah Bekerja selama 22 Tahun dalam bidang Pemberdayaan Masyarakat.

Dari proses pembelajaran yang sudah dijalani bersama selama 3 hari, beberapa hasil yang bisa dicapai adalah sebagai berikut: 1) Peserta memahami tentang metode pendampingan di masyarakat, baik pendampingan dalam hal kelembagaan, manajemen pelaksanaan kegiatan dan pemantauan kegiatan. 2) Peserta memahami pentingnya peran menjadi fasilitator yang dapat melakukan analisa masalah. 3) Peserta memahami bahwa menjadi fasilitator harus memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik dan kreatif kepada masyarakat dampingan. 4) Peserta menyadari pentingnya membangun hubungan dan komunikasi yang baik dengan stakeholder di wilayah masing-masing.

Selama kegiatan pelatihan berlangsung banyak kesan baik dan pembelajaran yang diperoleh peserta, baik dari sisi fasilitator, peserta itu sendiri maupun materi yag mereka dapatkan. Para peserta merasa sangat nyaman dengan proses pembelajaran yang dilalui bahkan minat belajarnyapun makin meningkat karena didukung oleh fasilitator yang bagus dalam menyampaikan materi dan bisa dipahami dengan cukup baik oleh peserta. Ditambah lagi proses pelatihannya menyenangkan sehingga peserta tidak merasa bosan selama di dalam kelas. Para peserta sendiri memiliki keinginan belajar yang tinggi dan sungguh-sungguh dalam mengikuti proses pelatihan ini, dibuktikan dengan semangat yang tinggi dan selalu aktif dalam setiap sesi pelajaran walaupun masih ada sedikit catatan juga soal waktu yang dirasa kurang.

Pelatihan Fasilitator Masyarakat untuk Community Relation CSR Donggi Senoro-LNG

Kesan-kesan dari Peserta Pelatihan:

“Pelatihannya sangat baik, bermanfaat buat saya dan teman-teman saya. Banyak hal yang didapat dari materi yang dipelajari. Contoh sederhananya setelah dari pelatihan teman-teman suka saling mengapresiasi, termasuk di group WA kerja juga. Semoga apa yang dipelajari bersama mas Genie bisa bermanfaat untuk kita semua,,,” (Muhammad Syafii Alhamid)

“Awesome !!! Kata itu yang menggambarkan perasaan saya ketika mengikuti Pelatihan, banyak hal baru yang saya dapatkan yang tentunya sangat bermanfaat bagi saya,…” (Anhar Hasan Aburia)

“Sangat nyaman dalam proses pembelajaran. Bahkan minat belajar makin meningkat. Setiap materi yang diberikan sangat padat & jelas serta menyenangkan. Terima kasih atas segala ilmu yang baik”.

“suatu program akan mudah direncanakan jika kita memiliki data yang akurat tidak hanya berdasarkan kesimpulan”.

Penulis: Genie Fitriady Fendy; Editor: Bima Sakti

Tinggalkan komentar

English EN Bahasa Indonesia ID
%d blogger menyukai ini: