Workshop Pembuatan Modul Belajar Bagi Guru

Dalam mengembangkan pembelajaran, guru memerlukan berbagai sumber belajar untuk memperkaya pengetahuan yang dapat diterima siswa. Berbagai jenis dan macam sumber dan bahan ajar dapat digunakan dalam pembelajaran. Salah satu bentuk sumber belajar dan bahan ajar yaitu modul. Modul sebagai salah satu bahan ajar berbentuk cetak sangat baik digunakan dalam pembelajaran. Modul adalah sebuah buku yang ditulis dengan tujuan agar peserta didik dapat belajar secara mandiri tanpa arahan atau bimbingan guru. Ini menunjukkan bahwa modul dapat digunakan untuk pembelajaran meskipun tidak ada pengajar.

Dalam hal ini, modul dapat menggantikan fungsi guru. Guru bisa saja berada dalam pembelajaran yang menggunakan modul sebagai bahan ajar atau sumber belajar, namun guru hendaknya berperan secara minimal dalam pembelajaran tersebut. Dari penggunaannya yang dapat dimanfaatkan tanpa adanya guru, maka modul harus berisi hal-hal detail mengenai pembelajaran yang dilakukan mulai dari tujuan, perencanaan, materi pembelajaran, hingga evaluasi yang digunakan dalam pembelajaran. Peserta didik atau siswa sendiri yang akan menerapkan seluruh kegiatan maupun panduan langkah-langkah yang harus dilakukan pada pembelajaran yang menggunakan modul.

Keberadaan modul dan penggunaannya mampu membuat peserta didik atau siswa mampu belajar sendiri. Siswa dapat belajar secara mandiri dengan menggunakan modul tanpa bantuan atau keberadaan pendidik yang biasanya ada dalam setiap pembelajaran. Ini membuat siswa memiliki keterampilan untuk menggali informasi maupun materi dan mengembangkannya secara mandiri, tidak selalu harus bergantung kepada guru.

Namun demikian, meskipun modul sangat diperlukan dalam pembelajaran, hanya sedikit guru yang mampu membuat modul belajar Untuk itu diperlukan workshop atau pelatihan yang memungkinkan guru mampu menulis modul ajar.

Materi

  1. Teknik membaca kurikulum dan mengembangkan silabus
  2. Teknik mengembangkan deskripsi materi pembelajaran.
  3. Teknik menulis modul
  4. Praktek menulis modul

Fasilitator
Prasena Nawak Santi
Ferry T Indratno

Pelaksanaan
11-13 Februari 2020
Balai Pelatihan SATUNAMA
Jl. Sambisari No. 99 Duwet Sendangadi Mlati Slemana
Daerah Istimewa Yogyakarta

Informasi & Pendaftaran
training@satunama.org
082226887110

 

Tinggalkan komentar

English EN Bahasa Indonesia ID
%d blogger menyukai ini: