Pelatihan Kesehatan Jiwa Berbasis Masyarakat

Masalah kesehatan jiwa digambarkan sebagai fenomena gunung es. Permasalahan kesehatan jiwa menyebabkan penderitaan yang berkepanjangan, tidak hanya bagi penderita gangguan jiwa atau Orang Dengan Masalah Kejiwaan (ODMK) saja namun juga berdampak bagi keluarga dan masyarakat.

Selama ini, penanganan ODMK biasanya dilakukan di Rumah Sakit Jiwa dalam rangka untuk memaksimalkan tindakan medis maupun tindakan sosial lainnya. Setelah pasien melewati fase ini dan kembali ke rumahnya, keluarganya belum siap dan lingkungan cenderung sulit menerima dan melakukan tindakan diskriminatif.

Maka Community Based Rehabilitatation (CBR) atau Rehabilitasi Berbasis Masyarakat (RBM) sebagai sebuah strategi pemberdayaan kaum difabel dalam hal ini ODGJ (Orang Dengan Ganggun Jiwa) perlu dipadukan dengan pendekatan Institution Based Rehabilitation (Rehabilitasi Berbasis Institusi) yang selama ini sudah dilakukan di Rumah Sakit, Panti, dan Pusat Rehabilitasi. CBR adalah suatu strategi untuk rehabilitasi, kesamaan kesempatan, pengurangan kemiskinan dan inklusi sosial dari difabel (Join Position Paper 2004).

II. MATERI

Topik-topik yang akan menjadi bahasan dalam pelatihan ini adalah:

  1. Konsep difabilitas pada umumnya dan ODGJ/ ODMK pada khususnya
  2. Kesehatan Jiwa
  3. Upaya penanganan ODGJ/ ODMK
  4. Pengelolaan Kesehatan Jiwa Berbasis Masyarakat
  5. Integrasi ODGJ/ ODMK dalam Perencanaan Program

III. Fasilitator

            Karel Tuhehay, S.Sos.dan tim Fasilitator SATUNAMA

IV. Waktu dan Tempat

            Rabu – Jumat, 18-20 Maret 2020

            Balai Pelatihan SATUNAMA

            Jl. Sambisari No. 99, Duwet, Sendangadi, Mlati, Sleman DIY

Informasi detil

0822-2688-7110/training@satunama.org

Tinggalkan komentar

English EN Bahasa Indonesia ID